5 Cara Mengatasi Error Instagram Checkpoint Required

Instagram Checkpoint Required

Melihat story dan postingan di Instagram bagi sebagian orang mungkin sudah menjadi hal rutin setiap harinya. Karena itulah, bila ada error muncul tentu akan mengganggu aktivitas Anda di Instagram.

Salah satu error yang kerap muncul di Instagram adalah Instagram Checkpoint Required. Apa itu Instagram Checkpoint Required dan bagaimana cara mengatasinya? Check this out.

Apa Itu Instagram Checkpoint Required?

Instagram Checkpoint Required merupakan salah satu error yang bisa terjadi di Instagram. Biasanya, error Instagram Checkpoint Required ini terjadi karena Instagram mendeteksi ada aktivitas yang mencurigakan di akun Anda.

Banyak orang yang merasa terganggu dengan error Instagram Checkpoint Required ini, sebab bila error Instagram Checkpoint Required muncul maka Anda tidak akan bisa menimati Instagram seperti biasanya.

Penyebab Error Instagram Checkpoint Required Terjadi

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan error Instagram Checkpoint Required. Berikut ini adalah beberapa penyebab error yang dimaksud:

  • Melakukan Aktivitas Mencurigakan. Beberapa aktivitas yang dianggap mencurigakan oleh Instagram adalah menggunakan VPN dan login di banyak perangkat. Bila Anda melakukan hal ini, maka error Instagram Checkpoint Required bisa muncul di akun Anda.
  • Terdapat bug di aplikasi. Bila Anda tidak merasa melakukan aktivitas yang mencurigakan, maka bisa jadi penyebab error Instagram Checkpoint Required adalah munculnya bug pada aplikasi.
  • Server sedang down. Penyebab terakhir yang mungkin menyebabkan Instagram Checkpoint Required terjadi adalah server Instagram sedang down.

Baca juga:

5 Cara Mengatasi Error Instagram Checkpoint Required

Anda tidak perlu panik atau bingung bila akun Instagram Anda mengalami error Instagram Checkpoint Required, sebab Anda bisa mengatasinya dengan mudah. Berikut ini adalah 5 cara mengatasi error Instagram Checkpoint Required:

Update Aplikasi Instagram

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mengatasi error Instagram Checkpoint Required adalah mengupdate aplikasi Instagram.

Dengan mengupdate aplikasi menjadi versi terbaru, bug yang diduga menjadi penyebab error Instagram Checkpoint Required akan hilang. Anda bisa melakukan update aplikasi Instagram di Google Play Store maupun App Store.

Lakukan Verifikasi Identitas

Ketika membuat akun baru di Instagram, Anda akan disarankan untuk melakukan verifikasi identitas. Bila Anda belum melakukan verifikasi, maka Anda bisa melakukannya untuk membuat Instagram yakin bahwa tidak ada aktivitas mencurigakan di akun Anda.

Re-install

Cara ketiga yang bisa Anda coba adalah re-install. Anda bisa mencoba menghapus aplikasi Instagram lalu install kembali aplikasinya. Bila tidak ingin melakukan re-install, Anda bisa mencoba hapus data secara keseluruhan terlebih dahulu.

Hapus Cache

Bug yang membuat error Instagram Checkpoint Required di akun Anda tidak selalu berasal dari aplikasi, tetapi juga bisa berasal dari datanya.

Anda bisa menghapus cache aplikasi Instagram untuk menghapus hal-hal yang tidak penting dan menjadi sampah dalam aplikasi. Penghapusan cache bisa dilakukan di pengaturan.

Coba Secara Berkala

Salah satu alasan lain mengapa error Instagram Checkpoint Required adalah karena server Instagram sedang down. Jika ini adalah alasannya, maka Anda tidak perlu melakukan apapun hingga aplikasi sudah kembali stabil.

Cobalah secara berkala untuk membuka aplikasi Instagram dan lihat apakah error Instagram Checkpoint Required sudah hilang. Anda bisa menghubungi customer service Instagram bila error Instagram Checkpoint Required tidak kunjung hilang.

Itu dia penyebab dan cara menghilangkan error Instagram Checkpoint Required. Lakukan cara-cara diatas agar error Instagram Checkpoint Required tidak menghalangi penggunaan akun Anda. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.