6 Cara Mengatasi FB Lite Tidak Bisa Dibuka di HP Android

facebook lite

Punya masalah seperti FB Lite tidak bisa dibuka di hp Android? Tenang saja, cara mengatasi aplikasi Facebook Lite yang tidak dapat dibuka bisa dilakukan dengan beberapa langkah yang mudah.

Bagi sebagian orang, media sosial Facebook menjadi salah satu dari aktivitas sehari-harinya. Sayangnya tidak jarang aplikasi Facebook Lite biasanya tidak bisa dibuka dan tidak bisa lagi bermain Facebook. Anda pasti akan mencari tahu penyelesaian FB Lite tidak bisa dibuka.

Ada beberapa cara mengatasi masalah ini. Tapi Anda harus mencoba satu per satu cara tersebut sampai aplikasi tersebut bisa dibuka kembali.

Cara Mengatasi FB Lite Tidak Bisa Dibuka

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan aplikasi Facebook Lite jadi tidak bisa dibuka. Penyebab yang pertama adalah terjadinya masalah jaringan internet.

Kemudian terjadi masalah pada aplikasi itu sendiri dan terakhir ada masalah pada HP Anda. Untuk cara mengatasinya ikuti cara di bawah ini:

1. Mengubah APN

Kemudian perbaikan selanjutnya bisa dilakukan dengan mengganti APN. Walaupun ini jarang diperhatikan, tapi banyak pengguna Facebook Lite yang berhasil membuka aplikasi setelah mengubah APN. Berikut caranya:

  1. Buka HP Anda dan masuk ke “Pengaturan”.
  2. Kemudian carilah menu pengaturan SIM Card dan tap pada menu itu.
  3. Lalu di dalamnya carilah menu pengaturan dengan tulisan “Nama Titik Akses (APN)”, atau “Nama Jalur Akses”.
  4. Setelah itu lakukan perubahan pada tulisan APN menjadi “Internet” atau APN lain sesuai dengan provider Anda.
  5. Terakhir cek kembali dengan cara membuka aplikasi Facebook Lite.

2. Masuk Mode Pesawat

Memang cara mengatasi yang satu ini terkesan sangat sederhana dan mudah dilakukan yaitu masuk ke Mode Pesawat. Meskipun mudah ternyata cara ini cukup efektif untuk memperbaiki jaringan internet Anda.

Dengan mengganti HP ke Mode Pesawat, maka semua koneksi akan terputus secara langsung dari Bluetooth, WiFi, Hotspot dan juga jaringan internet. Tujuannya adalah untuk memperbarui jaringan agar menjadi lebih lancar.

Kalau sudah ke Mode Pesawat, kembalikan lagi dalam kondisi normal dan buka aplikasi Facebook Lite.

3. Bersihkan Data Aplikasi

Cara selanjutnya ini berkaitan dengan aplikasi yaitu menghapus data aplikasi termasuk data cache. Caranya sangat mudah sekali yaitu masuk ke “Pengaturan”, “Aplikasi Terinstal” dan cari “Facebook Lite”.

Di dalamnya tap pada tulisan “Hapus Data” dan tombol “Hapus Cache”. Untuk lebih baik lagi, tekan tombol “Paksa Berhenti” dan buka kembali aplikasi Facebook Lite.

4. Pasang Ulang Aplikasi

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah menguninstal aplikasi Facebook Lite. Tidak jarang penyebab aplikasi tidak bisa terbuka adalah kegagalan sistem di dalam aplikasi tersebut. Sehingga jalan keluarnya uninstal dan instal kembali.

Pemasangan kembali dengan aplikasi yang baru memungkinkan terjadi pembaruan sistem di dalam aplikasi tersebut.

5. Update Aplikasi

Masalah aplikasi yang tiba-tiba tidak bisa dibuka atau macet sebenarnya bisa Anda temui tidak hanya pada Facebook Lite saja. Biasanya dengan cara melakukan pembaruan atau update aplikasi, masalah ini bisa terselesaikan.

Anda bisa mencoba cara ini jika aplikasi Facebook Lite tidak bisa dibuka. Berikut caranya:

  1. Bukalah pusat aplikasi Android Play Store
  2. Tap pada kolom pencarian dan ketik “Facebook Lite”.
  3. Tap pada hasil pencarian paling atas.
  4. Carilah tulisan “Update” atau “Perbarui” dan tunggu sampai proses selesai.

6. Restart HP

Merestart HP atau reboot ternyata juga bisa menyelesaikan masalah Facebook Lite tidak bisa dibuka. Biasanya RAM HP sudah penuh atau terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan.

Dengan cara itu maka sistem HP akan di refresh dan menjadi lebih segar. Sehingga bisa menjalankan aplikasi tanpa masalah.

Baca juga: Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Jangan sampai masalah aplikasi FB Lite tidak bisa dibuka mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Terutama jika Anda menggunakan akun FB untuk jual beli, maka cara mengatasi di atas harus segera diterapkan agar bisa dibuka dengan normal lagi.

You May Also Like