7 Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Instagram Tidak Bisa Dibuka

Cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka itu ada beberapa opsi. Jadi jika tiba-tiba instagram Anda tidak bisa dibuka, padahal sedang asyik-asyiknya stalking IG mantan atau selebgram, tidak perlu panik, ya!

Jangan kira karena Instagram adalah sosial media yang populer lalu tidak ada kelemahan di aplikasi tersebut. Pengguna sering mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa membuka aplikasi Instagramnya yang terinstal di smartphone miliknya.

Hal ini membuat sejumlah pengguna sangat kesal lantaran saat dibutuhkan mereka tidak dapat menggunakannya. Bahkan beberapa pengguna khawatir takut terjadi kenapa-napa dengan akun IG yang dimiliki.

Penyebab Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Lalu apa kira-kira penyebab Instagram tidak bisa dibuka?

Ada berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan Instagram tidak bisa dibuka, salah satunya adalah karena aplikasi yang tidak di update dan juga menumpuknya cache.

Kendala instagram yang tidak bisa dibuka juga ada banyak, di antaranya: tiba-tiba hang padahal sedang scroll feeds, tidak bisa membuka aplikasi instagram dan selalu kembali ke menu home pada HP, terdapat kesalahan jaringan 503, adanya masalah pada permintaan, Anda tidak terhubung ke internet padahal Wi-FI atau koneksi internet lancar, dan lain-lain.

Jika mengalami hal itu, berikut ini solusinya:

Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

1. Tutup Semua Aplikasi yang Sedang Berjalan

Close Recent Apps

Baik di Android ataupun iPhone, pastinya ada suatu opsi dimana Anda bisa membuka informasi mengenai apa saja aplikasi yang sedang bekerja pada HP. Untuk Android, Anda bisa menekan tombol Recent Apps, sedangkan untuk iPhone bisa menekan tombol Home 2x atau masuk ke tampilan Apps Switcher.

Hapus atau tutup semua aplikasi yang sedang berjalan, tunggu beberapa detik, kemudian buka kembali aplikasi Instagram di HP Anda. Jika alasan tidak bisa dibukanya instagram karena HP kehabisan memori akibat banyak aplikasi yang sedang dibuka, cara yang satu ini akan mengatasi hal tersebut.

2. Membersihkan HP dari File Sampah (Cache)

Hapus cache instagram

Tidak hanya komputer atau browser saja yang mempunyai file sampah atau cache, ternyata HP juga ada, lho! Untuk menghapus cache ini, Anda bisa langsung masuk ke App Manager (tiap HP mempunyai pengaturan berbeda-beda)

Anda juga bisa mendownload aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner, AVG, dan aplikasi pembersih cache lainnya. Namun jangan sampai salah pilih, karena ada aplikasi yang hanya menampilkan iklan saja didalamnya.

3. Clear Data

Hapus data instagram

Cara yang satu ini mengharuskan Anda untuk menghapus semua data yang ada di Instagram. Adapun caranya adalah masuk ke Pengaturan, kemudian masuk ke Penyimpanan/Storage kemudian pilih aplikasi Instagram, dan tekan tombol Clear Data.

Nah, setelah menghapus semua data yang ada, Anda akan kehilangan informasi login, data pencarian, history, dan pengaturan-pengaturan lainnya. Jadi jangan sampai lupa password dan id Instagram untuk login kembali, ya!

4. Update Instagram

Update Instagram

Sudah berapa lama Instagram tidak di update? Jangan salah, hal ini bisa membuat aplikasi IG di HP tidak bisa dibuka. Maka dari itu, segera lakukan pengecekkan pada Google Play Store atau App Store (untuk pengguna iOS) dan update aplikasi Instagram sekarang juga.

5. Restart Smartphone

Jika Instagram tidak bisa dibuka, mungkin kendala nya bukan dari aplikasi, tapi dari HP Anda sendiri. Maka dari itu, coba restart, matikan dan nyalakan ulang HP Anda. Setelah HP sudah menyala, jangan buka aplikasi apapun selain Instagram.

6. Install Ulang Aplikasi IG

IG masih belum bisa dibuka juga? Cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka selanjutnya adalah menginstall ulang. Setelah dilakukan update aplikasi, restart, menghapus cache, dan clear data, namun tidak membuahkan hasil apapun, Anda bisa mencoba menginstall ulang aplikasinya.

7. Update OS

Baik Android maupun iPhone, akan selalu ada pembaruan OS berkala. Coba periksa pada pembaruan OS di HP Anda, apakah Anda menggunakan OS yang lama, atau Anda menginstall OS yang masih Beta (percobaan).

Jangan salah, OS Beta terkadang mempunyai banyak bug yang bisa mempengaruhi kinerja beberapa aplikasi. Lakukan update OS untuk mengatasi hal tersebut.

Kalau saya sendiri dalam hal update, saya selalu menunggu sampai di rilis versi stabil barulah saya update.

Instagram Tidak Bisa Dibuka Karena Kesalahan Jaringan

Jika muncul peringatan seperti “Instagram Tidak Bisa Dibuka Karena Kesalahan Jaringan” maka hal tersebut disebabkan oleh koneksi Anda. Silahkan periksa paket internet apakah masih aktif atau kuotanya sudah habis?

Cek juga jaringan yang digunakan, jika masih 3G silahkan berusaha untuk mendapatkan jaringan 4G agar lebih maksimal dengan cara berpindah ke tempat lain.

Instagram Tidak Bisa Dibuka Setelah Update di iPhone

Pengguna iPhone juga sering mengalami tidak bisa membuka aplikasi Instagram setelah di update. Padahal tujuan dari adana update adalah untuk meningkatkan kemamuan sebuah aplikasi.

Hal itu bisa disebabkan karena versi iOS yang kita gunakan belum kompatibel dengan versi aplikasi Instagram terbaru. Jadi lebih disarankan untuk melakukan downgrade ke versi sebelumnya saja.

Kenapa Akun Instagram Tidak Bisa Dibuka?

Jika penyebabnya itu dari akun, maka ada beberapa penyebab seperti akun diretas atau sedang di banned. Mungkin Anda melakukan pelanggaran dan semacamnya yang bertentangan dengan ketentuan penggunaan Instagram.

Jika mengalami peretasan akun atau banned, Anda bisa menghubungi pusat bantuan Instagram untuk membukanya kembali dengan mengirimkan penjelasan yang rinci dan disertai dengan screenshot untuk memperkuat laporan.

Baca juga: Ukuran Story Instagram

Beberapa cara mengatasi IG yang tidak bisa dibuka di atas bisa jadi referensi. Ingat, jangan panik dan membawa HP Anda ke tukang servis, karena kendala ini seharusnya bisa diselesaikan sendiri dalam waktu yang cepat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!