Apa Itu 3PL Shopee? Ini Penjelasan Lengkapnya

3PL Shopee

Pernahkah Anda menggunakan aplikasi Shopee? Shopee merupakan sebuah aplikasi marketplace dimana Anda bisa menemukan banyak sekali barang dan jasa yang dibutuhkan.

Harga yang ditawarkan juga cukup bersaing sehingga banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Jika Anda pernah menggunakan Shopee, Anda tentu pernah merasa kebingungan akan sebuah istilah tertentu.

Dalam Shopee, ada sebuah istilah bernama 3PL. Apa arti 3PL dalam Shopee? Simak jawabannya dibawah ini yang sudah tim Bungdus.com rangkum selengkap mungkin untuk Anda.

Apa Itu 3PL Shopee?

Apabila Anda pernah menggunakan fitur Shopee Express, istilah ini mungkin sudah tidak terlalu asing untuk Anda. 3PL merupakan singkatan dari Third (3) Party Logistic atau bisa diartikan sebagai jasa ekspedisi pihak ketiga.

Shopee Express adalah sebuah jasa ekspedisi yang sama dengan jasa ekspedisi lainnya, hanya saja Shopee Express hanya berfokus untuk mengatar pesanan yang dipesan melalui aplikasi Shopee.

Apabila Anda memilih menggunakan Shopee Express, maka Anda sudah menggunakan 3PL ini.

Sama seperti ekspedisi lainnya, konsumen bisa melakukan pengecekan secara berkala dan real time terkait lokasi terkini paket yang Anda pesan.

Status pengiriman akan terus diupdate apabila sudah melewati atau berada di checkpoint. Ekspedisi Shopee Express ini belum bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia, masih terbatas pada beberapa kota besar saja.

Baca juga: Cara Melihat Foto Bukti Pengiriman Kurir di Shopee

Istilah Yang Berhubungan dengan 3PL Shopee

Anda kini sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan 3PL. Anda tentu perlu mengetahui beberapa istilah lain yang berkaitan dengan 3PL agar ketika memesan barang Anda tidak lagi bingung apa arti dari istilah tersebut.

Berikut ini adalah beberapa istilah yang berkaitan dengan 3PL:

Parcel is in delivery by courier

Arti dari istilah ini adalah paket telah dibawa oleh kurir dan akan diantarkan ke alamat tujuan. Ketika pesan ini sudah ada di status pengiriman, maka pastikan nomor ponsel yang Anda gunakan untuk memesan paket sudah aktif. Biasanya, dalam hari itu paket Anda akan sampai meskipun kurang diketahui jam berapa pastinya.

3PL_Delivered

Istilah ini akan muncul ketika paket yang Anda pesan sudah dipick up atau diantar oleh penjual ke pihak ketiga Shopee Express. Pihak ketiga ini adalah jasa ekspedisi yang Anda pilih, bisa berupa SiCepat, J&T dan Pos Indonesia.

Your Parcel has been received by sorting center

Apabila tulisan ini muncul dalam status pengiriman paket Anda, maka itu artinya paket telah masuk ke pusat sortir. Sebelum mengirim barang ke pelanggan, ekspedisi harus melakukan sortir baik dari segi barang, sistem pembayaran hingga jenis paket yang akan dikirim. Tujuan dilakukannya sortir adalah agar barang didalamnya tetap aman hingga Anda buka nantinya.

Parcel has arrived at transit station

Ekspedisi-ekspedisi di Indonesia memiliki stasiun transit, dimana paket akan berhenti sebentar sebelum diantarkan ke pelanggan. Istilah ini menunjukkan bahwa paket Anda sedang ada dapat staisun transit atau checkpoint.

Order Pick Up Request

Apabila Anda adalah seorang penjual, arti dari istilah ini adalah pihak ekspedisi akan mengambil paket ke rumah Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi menuju ke pihak ekspedisi untuk mengantar paket. Biasanya, pilihan ini tersedia untuk paket dalam jumlah besar.

Itu dia beberapa hal yang berkaitan dengan 3PL Shopee dan istilah-istilah lain yang digunakan dalam pengiriman barang. Anda perlu mengetahui hal ini agar lebih bijak dalam menggunakan jasa layanan e-commerce. Selamat berbelanja.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.