Apa Saja Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Boleh Dihapus?

Miftah

Aplikasi Xiaomi

Apa saja aplikasi bawaan xiaomi yang boleh dihapus? Kali ini bungdus.com akan membahas apa saja aplikasi bloatware di xiaomi yang boleh dihapus agar tidak berakibat error dan fatal kepada sistem serta aplikasi lain.

Ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan saat menghapus aplikasi bawaan di hp xiaomi. Seperti misalnya membuat hp jadi lebih ringan, melegakan memori telpon, dan meringankan beban cpu untuk memproses aplikasi lebih sedikit.

Bagi pengguna MIUI 7, 8, 9 dan MIUI 10 pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya aplikasi bawaan xiaomi yang begitu banyak. Dan kali ini kami akan memberikan daftar aplikasi apa saja yang boleh kalian hapus namun hp tetap dalam keadaan aman.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi

Aplikasi Bawaan Xiaomi yang Boleh Dihapus

Salah satu alasan utama mengapa beberapa pengguna Xiaomi ingin menghapus aplikasi bawaan Xiaomi adalah karena aplikasi tersebut dianggap tidak berguna atau jarang digunakan. Beberapa aplikasi bawaan Xiaomi mungkin tidak relevan dengan kebutuhan pengguna, atau mungkin telah digantikan oleh aplikasi pihak ketiga yang lebih disukai. Penghapusan aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak diperlukan dapat membantu mengurangi kebingungan dan menyederhanakan antarmuka pengguna pada perangkat Xiaomi.

Selain itu, beberapa pengguna mungkin ingin menghapus aplikasi bawaan Xiaomi untuk menghemat ruang penyimpanan internal pada perangkat mereka. Beberapa aplikasi bawaan Xiaomi dapat menghabiskan ruang penyimpanan yang berharga pada perangkat, terutama bagi pengguna yang memiliki model perangkat Xiaomi dengan kapasitas penyimpanan yang lebih rendah. Dengan menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak diinginkan, pengguna dapat membebaskan ruang penyimpanan tambahan untuk digunakan dalam menyimpan data penting.

Email (Email.apk)

Terdapat aplikasi email bawaan di xiaomi, tapi karena sudah ada aplikasi Gmail dari Google, maka sangat sayang sekali aplikasi email di xiaomi tidak digunakan dan menjadi mubazir maka anda bisa menghapusnya.

Masukan (BugReport.apk)

Sebenarnya aplikasi ini cukup penting bagi pengembang aplikasi ataupun bagi kamu yang suka me-report bug pada xiaomi. Namun seiring update yang diberikan oleh Xiaomi seperti peningkatan dari MIUI 9 ke MIUI 10 sepertinya sudah tidak ada bug yang kita temukan.

Terbaru! Tema Xiaomi Tembus WA (Semua Aplikasi)

Mi Credit (PaymentService.apk)

Aplikasi ini tidak apa-apa bila kalian mau menghapusnya, sebab untuk pengguna di indonesia sendiri tidaklah terlalu penting. Ini adalah sistem pembayaran yang dikeluarkan oleh xiaomi untuk tempat tertentu di cina.

Mi Picks (MiPicks.apk)

Aplikasi tidak terlalu penting, aman untuk dihapus

Analytics (AnalyticsCore.apk)

Aplikasi analytics di xiaomi adalah sebuah aplikasi yang berfungsi mengirimkan data ke server xiaomi untuk keperluan pengembangan MIUI. Aplikasi ini bisa anda hapus dan aman untuk hp.

Manfaat Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak diinginkan. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

Ruang penyimpanan yang lebih luas: Dengan menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang jarang digunakan atau tidak diperlukan, pengguna dapat membebaskan ruang penyimpanan internal pada perangkat mereka. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak data penting atau menginstal aplikasi baru tanpa harus khawatir tentang batasan penyimpanan.

Antarmuka pengguna yang lebih bersih: Dengan menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak relevan, pengguna dapat menyederhanakan antarmuka pengguna pada perangkat mereka. Hal ini membuat navigasi dan penggunaan perangkat Xiaomi menjadi lebih mudah dan lancar, tanpa harus mencari-cari aplikasi yang sebenarnya tidak diperlukan.

Performa yang lebih baik: Beberapa aplikasi bawaan Xiaomi mungkin berjalan dalam latar belakang dan mengonsumsi sumber daya sistem, seperti CPU dan RAM. Dengan menghapus aplikasi bawaan yang tidak diperlukan, pengguna dapat meningkatkan performa perangkat Xiaomi mereka, terutama pada model dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Privasi yang lebih baik: Beberapa aplikasi bawaan Xiaomi mungkin memiliki akses ke data pengguna, seperti lokasi, kontak, atau riwayat pencarian. Dengan menghapus aplikasi bawaan yang tidak diinginkan, pengguna dapat meningkatkan privasi mereka dan mengurangi risiko penggunaan data pribadi.

Baca juga: Xiaomi Tidak Bisa Kirim SMS

Risiko dan pertimbangan sebelum menghapus aplikasi bawaan Xiaomi

Meskipun menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dapat memberikan manfaat, terdapat beberapa risiko dan pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum mengambil langkah ini. Beberapa di antaranya adalah:

  • Garansi perangkat: Menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dapat membatalkan garansi perangkat Xiaomi. Beberapa produsen smartphone mengharuskan pengguna untuk tidak menghapus atau mengubah aplikasi bawaan mereka untuk tetap memperoleh layanan garansi. Oleh karena itu, pengguna perlu mempertimbangkan risiko ini sebelum menghapus aplikasi bawaan Xiaomi.
  • Pembaharuan sistem: Beberapa aplikasi bawaan Xiaomi mungkin terintegrasi dengan sistem operasi MIUI, yang merupakan antarmuka pengguna khas Xiaomi. Menghapus aplikasi bawaan tersebut dapat mempengaruhi integritas sistem operasi dan mempengaruhi kemampuan perangkat untuk menerima pembaharuan sistem. Pengguna perlu memahami konsekuensi ini sebelum menghapus aplikasi bawaan Xiaomi.
  • Kehilangan fitur: Beberapa aplikasi bawaan Xiaomi mungkin memiliki fitur yang berguna bagi pengguna, seperti aplikasi kamera, galeri foto, atau pengaturan sistem. Menghapus aplikasi bawaan tersebut dapat mengakibatkan kehilangan fitur-fitur ini, kecuali jika pengguna dapat menemukan alternatif aplikasi pengganti yang setara.
  • Kemungkinan merusak perangkat: Menghapus aplikasi bawaan Xiaomi memerlukan akses root pada perangkat, yang dapat mempengaruhi stabilitas dan keamanan sistem operasi. Jika pengguna tidak berpengalaman dalam menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, bisa saja perangkat menjadi rusak atau mengalami masalah teknis lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna berhati-hati dan memahami risiko ini sebelum menghapus aplikasi bawaan Xiaomi.
  • Tidak bisa mengembalikan ke kondisi semula: Setelah menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, pengguna mungkin tidak bisa mengembalikan perangkat ke kondisi semula tanpa melakukan pemulihan atau menginstal ulang sistem operasi. Oleh karena itu, pengguna perlu berpikir matang sebelum menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dan mempertimbangkan kemungkinan konsekuensi jangka panjang.

Dengan beberapa penjelasan diatas kalian sudah tau bukan apa saja aplikasi bawaan xiaomi yang aman untuk dihapus? Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita bersama, terimakasih.

Baca juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer