Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Kirim / Menerima SMS

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Kirim / Menerima SMS

Permasalahan Xiaomi tidak bisa kirim sms sering kali terjadi pada setiap smartphone asal tiongkok tersebut. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Tidak perlu khawatir, karena disini kami akan meberikan solusi atas masalah yang kalian alami seperti diatas.

Xiaomi merupakan salah satu smartphone yang laris di pasaran, terutama di pangsa pasar menengah kebawah. Karena ponsel ini di banderol dengan harga yang murah sehingga hal itulah yang menjadi daya tarik sendiri bagi konsumen gadget.

Bukan hanya itu yang menjadi daya tariknya, juga karena fitur yang dimiliki sangat beragam mulai dari fingerprint, resolusi kamera yang tinggi, baterai yang awet, Mi Message, dan beberapa aplikasi bawaan yang sangat membantu bagi aktivitas pengguna sehari-hari.

Dengan beragam fitur yang disediakan juga tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh kepada kinerjanya seperti timbul beberapa masalah. Hal yang paling sering ditemukan adalah Xiaomi tidak bisa kirim SMS padahal pulsa ada.

Begitu juga sebaliknya, kadang pengguna mengeluhkan bahwa Xiaomi tidak bisa menerima SMS padahal dilihat dari kondisi sinyal ada dan digunakan untuk internet juga masih bisa. Memang aneh, namun kita akan bahas semua permasalahan tersebut.

Masalah ini dapat terjadi pada semua seri ponsel Xiaomi mulai dari Redmi Note 2, Redmi Note 3, Redmi 1, Redmi 1s, Redmi 2, Redmi 2 Prime, Redmi Note 7, Redmi Note 9, Redmi Note 8, Redmi 3, Redmi 3 Pro / S / Prime, Xiaomi Mi 4i dan seri lainnya.

Xiaomi Tidak Bisa Kirim dan Menerima SMS? Simak Cara Mengatasinya

1. Reboot Smartphone

Reboot merupakan solusi dasar pada setiap smartphone apa saja yang sedang mengalami error. Karena reboot disini akan memulai ulang smartphone dari awal dan menghentikan proses yang sudah berjalan lama.

Pengertian reboot sendiri bukan berarti akan menghapus semua data yang ada didalam smartphone, namun lebih ke memulai ulang sistem (matikan dan hidupkan ponsel kembali) sehingga proses yang sedang berjalan dapat dihentikan terlebih dahulu dan memulainya lagi,

Perlu kalian ketahui bahwa tidak baik membiarkan smartphone Xiaomi hidup terus menerus, dia juga sama dengan manusia yang butuh istirahat atau tidur. Jadi kami sarankan sebaiknya reboot ponsel sekali sehari.

2. Atur Nomor Pusat Pesan

Salah satu gagalnya Xiaomi yang tidak bisa kirim dan menerima SMS karena konfigurasi nomor pusat pesan yang kadang salah. Berikut ini cara mengatasinya:

  1. Pertama masuk ke Pengaturan / Setting.
  2. Selanjutnya masuk ke Aplikasi sistem.
  3. Cari aplikasi Pesan, pilih Setelan tambahan.
  4. Kemudian gulir kebawah hingga terlihat menu Pusat Layanan Pesan Singkat (SMSC).
Atur Nomor Pusat Pesan

Isi dengan nomor pusat pesan yang sesuai dengan operator yang kamu gunakan, berikut ini daftar nomor pusat pesan semua operator di Indonesia:

  • Telkomsel (Simpati, AS, dll) = +6281100000
  • INDOSAT Mentari = +62816124
  • INDOSAT IM3 = +62855000000
  • AXIS = +628315000032
  • 3 = +6289644000001
  • XL = +62818445009

Silahkan cek nomor pusat sms yang digunakan apakah sudah sesuai dengan operator kartu SIM Anda? Jika tidak atau salah satu angka saja bisa berakibat fatal.

3. Pulsa Habis

Pastikan pulsa kamu cukup untuk mengirim SMS. Untuk hal ini tentu saja tergantung dengan provider kartu yang digunakan seperti Telkomsel, Axis, Indosat, XL, Smartfren dan Tri tentu memiliki tarif SMS yang berbeda.

Namun rata-rata tarif sms sekarang sepertinya sudah mahal, walaupun operator yang mana saja. Solusinya kalian bisa gunakan paket sms promo yang biasanya dibuilding bersama paket nelpon seperti yang ditawarkan oleh Kartu As yang bernama paket combo dapat durasi nelpon, sms dan kuota internet.

4. Masa Aktif Kartu

Salah satu syarat untuk bisa melakukan komunikasi SMS, Telepon dan Internet adalah kartu yang digunakan berada dalam masa aktif. Jika kartu kamu memasuki masa tenggang, otomatis aktivitas komunikasi tidak bisa dilakukan kecuali hanya menerima sms dan telepon saja.

Maka dari itu sangat penting untuk tetap menjaga masa aktif kartu yang digunakan. Untuk tetap membuat kartu aktif ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti membeli pulsa, misalnya 5 ribu kamu akan mendapatkan masa aktif selama 7 hari.

Ada juga beberapa provider yang memberikan paket pembelian masa aktif dengan harga tertentu seperti misalnya 2 ribu untuk 3 hari dan 30rb untuk 30 hari.

Namun masa aktif ini ditentukan masing-masing oleh kebijakan setiap provider. Menurut saya sendiri kartu yang tidak pelit masa aktif adalah kartu As dari telkomsel.

5. Terganggu Oleh Layanan

Bisa saja kamu tidak bisa mengirim sms dan menerima di Xiaomi karena disebabkan oleh gangguan layanan. Seperti salah satu fitur yang bernama layanan aktivasi sim Xiaomi dimana hal ini selalu muncul saat kita baru pertama kali menggunakan ponsel ataupun berganti kartu sim.

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menghilangkannya terlebih dahulu.

6. Provider Mengalami Gangguan

Jika sudah melakukan semua solusi diatas namun masih saja xiaomi tidak bisa kirim sms ataupun menerima, maka kemungkinan terakhir adalah provider jaringan yang kamu gunakan sedang mengalami gangguan layanan. Untuk hal ini kalian bisa menunggu sampai 24 jam atau lebih tergantung berapa lama waktu perbaikan yang dibutuhkan.

Jika kalian ingin memastikannya sendiri, silahkan hubungi operator dari layanan kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *