Mi Message: Cara Kirim SMS Gratis Antar Pengguna Xiaomi

Mi Message

Xiaomi adalah salah satu brand smartphone asal luar negeri yang sukses berkiprah di tanah air dengan produk-porduk andalannya. Vendor asal Tiongkok ini sudah memiliki fans sendiri di tanah air yang disebut MiFans dimana mereka selalu menunggu kedatangan rilis terbaru dari smartphone Xiaomi.

Ponsel pintar keluaran Xiaomi sendiri selain memiliki spesifikasi yang tinggi dengan harga murah juga menyediakan beragam fitur yang dapat memanjakan para penggunanya, salah satunya adalah Mi Message.

Apa itu Mi Message?

Mi Message adalah layanan pesan singkat (SMS) yang diberikan kepada penggunanya agar dapat berkirim pesan gratis ke sesama pengguna Xiaomi.

Fitur ini terintegrasi langsung dengan aplikasi SMS default di telepon dan kontak ponsel, dengan Mi Message ini kamu bisa berikirim SMS secara gratis seperti WhatsApp, WeChat, BBM dan sejenisnya.

Bisa dikatakan bahwa Mi Message memanfaatkan jalur koneksi internet, dan bukan dengan jalur SMS operator. Jadi kamu tidak perlu khawatir layanan ini akan mengambil pulsa, cukup pastikan saja bahwa paket data kamu aktif.

Akan tetapi untuk dapat memanfaatkan fitur ini kamu harus mengaktifkan fitur Mi Message terlebih dahulu dan jangan lupa untuk membuat Mi Account dari hp Xiaomi yang digunakan. Bisa dikatakan bahwa mekanisme yang digunakan samapa seperti IMessage di iPhone, bahkan cara menggunakannya pun sangat mirip.

Perlu diketahui bahwa layanan SMS gratis ini dapat dilakukan antar pengguna Xiaomi yang sudah sama-sama mengaktifkan fitur Mi Message di ponsel mereka.

Cara Mengaktifkan Mi Message di Xiaomi

Pertama kalian harus membuat Mi Account / Akun Xiaomi terlebih dahulu sebelum lanjut ke aktivasi Mi Message. Dengan cara ini kita akan bisa menggunakan semua layanan Xiaomi seperti sinkronisasi data ke Mi Cloud, Tracking posisi ponsel, Kunci telepon, Mi F Codes, Mi Games, Mi Themes dan layanan lainnya.

  • Buka alamat www.mi.com dari browser ponsel kalian
  • Pilih Registrasi / Daftar
  • Isi semua form yang ada lalu ikuti petunjuknya
  • Pilih metode mendaftar menggunakan nomor hp atau menggunakan email
  • Buka email / lihat kode verifikasi di nomor hp yang didaftarkan
  • Lakukan verifikasi dan selesai

Saya anggap akun Mi kalian sudah di terverifikasi dan sekarang tinggal masuk ke Akun Xiaomi di ponsel kalian. Masuk ke Settings > Mi Account selanjutnya pilih Sign in menggunakan akun Mi yang sudah dibuat tadi.

Jika berhasil login, maka akun kamu akan tersinkronisasi dengan Mi Cloud secara otomatis. Dan disini jugalah Mi Message akan tersinkronisasi dengan sendirinya.

Setelah semua langkah-langkah diatas berhasil dilakukan secara urut, sekarang adalah mengaktifkan Mi Message. Namun sebelum itu kamu harus memastikan bahwa kartu SIM sudah terpasang dengan benar dan lakukan layanan aktivasi sim Xiaomi.

Pergi ke Settings > System Apps > Messaging > Aktifkan Mi Message.

Mi Message

Jika tombol tersebut sudah di geser ke arah kanan dan muncul tanda biru, berarti sudah aktif dan silahkan sekarang aktifkan paket internet kamu.

Cara Mengecek Mi Message Apakah Sudah Berfungsi

Saat kita sudah mengaktifkan Mi Message mungkin kalian tidak akan melihat perubahan apa-apa sebelum mencobanya sendiri. Dan masih ragu untuk melakukannya, karena takut pulsa terpotong dengan tarif normal.

Untuk mengetahui hal ini sebenarnya sangatlah mudah, kamu tinggal melihat kotak dialog pesan baru (penulisan teks pesan) apakah muncul tulisan “Mi Message” atau “Text Message”? Jika yang muncul adalah Mi Message itu artinya kamu sudah bisa mengirim pesan gratis.

Catatan: Pastikan pihak pengirim dan penerima sudah sama-sama mengaktifkan fitur Mi Message di ponsel Xiaomi mereka dan juga dalam paket data yang aktif.

Mi Message bisa menjadi alternatif pengguna Xiaomi untuk mengirim pesan tanpa biaya. Layanan ini lebih pantas disebut dan digunakan sebagai chat komunitas antar MiFans saja, karena penggunaannya yang terbatas dan juga hanya dapat digunakan oleh pengguna Xiaomi saja.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!