Cara Mudah Atasi Wifi Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet di HP

Cara Mudah Atasi Wifi Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet di HP – Wifi merupakan pilihan terbaik untuk memperlancar jaringan internet. Tak heran jika banyak orang rela memasang wifi di rumahnya hanya untuk kepuasan browsing atau aktivitas internet lainnya.

Sayangnya, dalam menggunakan jaringan wifi seringkali terjadi masalah wifi tersambung tapi tidak bisa internet di HP.

Cara Mudah Atasi Wifi Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet di HP

Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas browsing. Apalagi jika bersamaan dengan kuota internet Android habis. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, yuk simak panduan lengkapnya berikut ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Wifi Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet di HP

1. Mengecek Kondisi Jaringan

Kondisi jaringan internet merupakan faktor penting dalam hal internetan. Meskipun sudah menggunakan wifi tetapi jika kondisi jaringannya buruk maka internetan di HP juga tidak akan bisa.

Untuk itu, cek terlebih dahulu kondisi jaringan di sekitar Anda apakah memang sedang buruk atau tidak.

2. Restart Perangkat

Pada beberapa kondisi, permasalahan wifi tersambung tetapi tidak bisa internet disebabkan karena sistem sedang ngelag. Kendala ini biasanya dikarenakan aktivitas berlebih pada ponsel.

Jika terjadi kondisi tersebut, cara mengatasinya yaitu dengan mematikan perangkat dan menghidupkannya kembali. Pengguna juga bisa hanya merestart saja.

Cara ini digunakan untuk merefresh semua aktivitas di Android termasuk wifi.

3. Cek Password Wifi

Biasanya, saat HP pernah terhubung ke wifi tertentu maka akan langsung menghubungkan secara otomatis jika mengaktifkan wifi. Namun, jika kebetulan password wifi tersebut diganti maka meskipun terhubung Anda tetap tidak bisa internetan.

Untuk itu, saat wifi tersambung tapi tidak bisa internet di HP cobalah mengecek password wifinya apakah sudah benar atau belum.

Jika memang passwordnya berubah, maka putuskan jaringan terlebih dahulu dan untuk dihubungkan kembali menggunakan password baru.

4. Memutuskan Jaringan

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tidak bisa internetan padahal wifi tersambung yaitu dengan memutuskan jaringan.

  • Caranya sangatlah mudah, pengguna hanya perlu masuk ke menu Pengaturan.
  • Setelah itu, pilih dan klik Wifi. Selanjutnya klik nama jaringan wifi yang terhubung di ponsel, maka akan muncul informasi lengkap terkait jaringan tersebut.
  • Kemudian pilih dan klik lupakan jaringan.
  • Restart perangkat sebelum menghubungkan lagi ke jaringan tersebut.

5. Mengecek Pengaturan Tanggal dan Waktu Perangkat

Penyebab lainnya dari masalah tidak bisa internetan menggunakan wifi yaitu karena pengaturan tanggal dan waktu pada perangkat tidak sesuai.

Biasanya, kendala ini akan ditandai dengan munculnya notifikasi “Your Connection is not Secure”.

Your Connection is not Secure

Untuk mengatasinya sangatlah mudah dimana pengguna hanya perlu mengatur tanggal dan waktu sesuai dengan lokasinya melalui menu Pengaturan Tanggal dan Waktu.

Umumnya, kendala ini sering dialami oleh mereka yang tidak memasang kartu SIM di perangkatnya sehingga tidak bisa update waktu secara otomatis.

6. Restart Router

Jik setelah menggunakan beberapa cara di atas tetap tidak berhasil, Anda perlu mengecek kondisi routernya. Bisa jadi masalah tidak terletak pada jaringan atau ponsel, melainkan pada router atau modemnya.

Oleh karena itu, restartlah modem atau matikan selama 10-15 menit dan mengkatifkannya kembali. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan mereset modem dan mengaturnya lagi dari awal.

Baca juga :

Nah, itulah tadi beberapa cara mudah yang bisa dipilih untuk mengatasi masalah wifi tersambung tapi tidak bisa internet di HP. Jika sudah mencoba semua cara di atas, masih belum berhasil, bisa jadi kerusakan terletak pada routernya.