Kartu SIM Tidak Ada Layanan? Ini Dia 6 Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Pernah nggak tiba-tiba kartu SIM Anda tidak terdeteksi? Atau layanannya hilang? Tentu hal ini akan menghambat aktivitas di Android, apapun itu. Tanpa adanya layanan, browsing atau sekedar mengirim pesan pun tidak bisa dilakukan. Tak heran jika beberapa orang yang gila internet khususnya merasa sangat dirugikan.

Saya sendiri pernah mengalami hal ini, awalnya saya kira adalah jaringan yang sedang error. Namun setelah ditunggu beberapa lama tetap saja tidak tampil jaringannya.

Dari itulah langsung saja saya lakukan beberapa langkah agar sim kembali ada layanan. Berdasarkan pengalaman saya sendiri beberapa cara ini cukup efektif untuk dilakukan. Namun sebelum itu tentu kita harus tau apa saja penyebab sim tidak ada layanan.

Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Berikut ini penyebab kartu tim tidak ada layanan:

  • Masalah pada smartphone (system crash)
  • Kartu sim bermasalah
  • Jaringan provider sedang gangguan
  • Komponen hp rusak (kasus jarang)

Nah, jika kedepannya kartu SIM tidak ada layanan, Ini dia cara mengatasinya.

Baca juga: Cara Mengatasi Layanan Aktivasi Sim Xiaomi

Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Ada Layanan atau Tidak Ada Sinyal

1. Restart Perangkat

Biasanya, SIM tidak ada layanan ini terjadi secara tiba-tiba. Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi sinyal buruk atau terlalu banyak aktivitas pada Android.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut Anda hanya perlu merefresh perangkat dengan merestartnya. Selain itu, bisa juga mematikan perangkat sekitar 10 hingga 15 menit dan kemudian mengaktifkannya kembali.

Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu kepada sistem di Android beristirahat sehingga ketika dinyalakan dapat bekerja secara optimal. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi kode mmi tidak valid.

2. Gunakan Mode Jaringan Otomatis

Pada beberapa orang yang Androidnya dikhususkan untuk internetan cenderung mengatur layanan SIM card agar terus berada pada jaringan 4G karena dianggap cepat untuk browsing.

Pada kondisi sinyal 4G buruk maka jaringan akan hilang, begitu juga dengan layanan kartunya. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya gunakan mode jaringan otomatis pada perangkat.

Hal ini bertujuan agar nantinya ketika jaringan 4G tidak ada, HP tetap bisa digunakan karena langsung beralih ke jaringan 3G atau 2G.

3. Pasang Ulang Kartu SIM

Kartu SIM tidak ada layanan bisa disebabkan karena kartu tersebut memang tidak terdeteksi oleh perangkat. Hal ini bisa dikarenakan posisi kartu tidak tepat atau faktor lainnya.

Ketika hal tersebut terjadi, Anda dapat mengatasinya dengan memasang ulang kartu SIM. Sebelum memasang ulang, bersihkan terlebih dahulu tempat kartu dari kotoran yang berpotensi mengganggu pendeteksian layanan.

Selain itu, bisa juga mengakali dengan mengubah posisi kartu jika memang perangkat tersebut dual sim card.

4. Nyalakan Mode Pesawat

Saat layanan SIM tiba-tiba menghilang, cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat. Menu ini dapat di akses dengan mudah melalui menu di Android dengan cara menarik menu notifikasi dari atas kebawah. Lalu ada ikon pesawat, silahkan tekan ikon tersebut untuk mengaktifkan.

Jangan terkejut, karena jaringan akan hilang untuk sementara. Tunggulah hingga beberapa detik lalu tekan lagi, jika memang kondisi sinyal sebenarnya stabil maka layanan akan kembali terdeteksi saat menonaktifkan mode pesawat.

5. Clear Cache

Seperti yang telah dibahas pada poin pertama bahwasanya kartu SIM tidak ada layanan bisa disebabkan karena prosesor Android mengalami penurunan kinerja. Karena pada sebuah sistem terdapat file sampah yang biasa disebut dengan cache, yang jika dibiarkan terus akan menumpuk memenuhi memori.

Untuk itu, jika dengan merestart tidak berhasil maka bisa diatasi dengan cara menghapus semua data sampah di perangkat (clear cache). Hal ini berfungsi untuk meringankan kinerja sistem dan memberikan ruang penyimpanan lebih.

6. Reset Factory

Cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan lainnya yaitu dengan reset factory. Langkah ini merupakan solusi terakhir jika semua cara di atas masih belum berhasil.

Namun, perlu dipastikan bahwa sebelum mereset perangkat Anda harus mengecek kondisi SIM tidak bermasalah. Hal ini bisa dilakukan dengan mencoba memasang kartu pada perangkat lain.

Jika di perangkat tersebut terdeteksi, maka kondisi SIM memang baik-baik saja. Anda tidak perlu khawatir untuk mengganti sim dengan yang baru, sebab proses aktivasi sekarang cukup rumit sampai harus menggunakan NIK dan nomor KK.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Data Seluler yang Tidak Muncul

Reset factory perangkat ini sangatlah mudah dilakukan. Pengguna hanya perlu masuk ke menu Pengaturan (Setting). Setelah itu, pilih backup dan reset, kemudian lakukan reset pada perangkat.

Proses reset ini akan menghapus semua data di dalamnya. Oleh karena itu, lakukan backup data terlebih dahulu.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa dipilih untuk mengatasi masalah SIM card tidak ada layanan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *