Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Masalah sambungan atau kode mmi tidak valid sering dialami oleh pengguna smartphone seperti saat mengecek pulsa, mengetik kode voucher melalui dial pad dan lainnya, padahal kalau digunakan untuk koneksi internet hp lancar tanpa kendala.

Hal ini tidak dialami oleh beberapa orang saja, namun pasti ada banyak pengguna yang juga mengalaminya. Masalah ini sudah seperti menjadi masalah yang umum dan sering terjadi. Masalah serupa juga sering terjadi seperti kartu sim tidak terbaca.

Apa itu Kode MMI?

Kode MMI (Man Machine Interface) adalah kode perintah yang bisa digunakan untuk mengakses fitur khusus pada provider. Biasanya kode ini terdiri dari kombinasi angka dan simbol (contoh: *123#). Penggunaan kode ini cukup di ketik melalui dial pad dan tekan tombol panggil.

Apalagi bagi orang awam yang tidak paham dengan cara kerja smartphone, pasti mereka mulai panik dan mengira bahwa hp nya sudah rusak sehingga mulai mencari tukang service dan menanyakan apa yang sedang terjadi.

Berbeda dengan orang yang sudah mengerti, mereka akan cenderung langsung mencari solusinya di Google, karen ada banyak situs yang membahas permasalahan ini beserta cara mengatasinya seperti pada blog bungdus kali ini.

Umumnya juga terjadi pada merek ponsel seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, Samsung dan yang lainnya. Hal serupa juga terjadi pada ponsel lenovo, realme dan ponsel keluaran baru saat ini.

Penyebab Kode MMI Tidak Valid

Namun tenang saja, karena disini kita akan berbagi cara mengatasi kode mmi tidak valid di semua hp. Tapi sebelum itu, yuk ketahui apa penyebab dari kode mmi tidak valid berikut ini:

  • Kode MMI Salah
  • Mode jaringan 4G (LTE Only)
  • Kondisi sinyal buruk
  • Provider mengalami gangguan
  • Ponsel tidak pernah di restart

Beberapa penyebab diatas masuk akal mengingat jika pada mode jaringan 4G kita tidak bisa melakukan panggilan, sms dan termasuk dial phone. Namun di satu sisi mode 4G terbukti lebih cepat untuk koneksi internetnya.

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Mulai Ulang Ponsel

Cara mengatasi kode mmi tidak valid paling ampuh adalah dengan cara restart ponsel, tekan tombol power beberapa detik sampai muncul opsi Mulai Ulang / Reboot, setelah itu pilih dan tunggu hingga hp Anda hidup kembali, sekarang coba lagi untuk memanggil kode yang tadinya tidak bisa.

Cara ini selalu berhasil dilakukan untuk mengatasi masalah diatas, karena umumnya pengguna smartphone banyak yang sering membiarkan ponselnya hidup terus menerus tanpa pernah menyadari bahwa hal tersebut dapat membuat sistem menjadi tidak stabil.

Coba Anda bayangkan, smartphone merupakan alat yang terdiri dari berbagai komponen. Seperti halnya manusia, dia juga butuh waktu istirahat untuk meregangkan semua komponen didalamnya agar tidak lelah. Maka dari itulah sangat penting untuk melakukan reboot hp secara berkala, kalau saya sendiri setiap hari satu kali.

Mengubah Mode Jaringan

Mengubah Mode Jaringan

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa saat kita dalam mode jaringan 4G LTE, kita tidak dapat melakukan hal seperti menelpon, sms dan dial kode. Hal ini bukan karena kartu sim tidak ada layanan, tapi memang untuk mode jaringan tersebut seperti itu cara kerjanya.

Jadi bagi Anda yang mengalami masalah sambungan atau kode mmi tidak valid, coba ubah jaringan ke HSDPA / WCDMA / 3G terlebih dahulu. Caranya masuk ke Pengaturan hp > Koneksi > Mode jaringan ubah ke Prioritas 3G.

Periksa Kode

kode mmi tidak valid

Jika semua hal diatas sudah dilakukan namun masih saja muncul pesan tersebut, maka cara terakhir silahkan Anda cek kode yang Anda masukkan sudah benar atau belum?

Khususnya untuk yang ingin memasukkan kode voucher pulsa ataupun paket internet, silahkan cek terlebih dahulu apakah kode sudah sesuai dengan yang tertera dibagian voucher atau belum.

Tinggalkan komentar