17 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca (Semua HP)

Kartu SIM adalah salah satu komponen penting dalam berkomunikasi pada sebuah smartphone. Ada berbagai macam provider di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, Axis, XL Axiata, Tri, dan Smartfren.

Namun masalah kadang muncul seperti kartu sim tidak terbaca pada perangkat. Hal ini tentu membuat kita bingung, apalagi bagi orang awam yang tidak mengerti masalah teknis semacam ini.

Baik pengguna ponsel Oppo, Vivo, Xiaomi, Samsung pasti pernah mengalami hal ini. Entah apa saja penyebabnya, namun yang pasti adalah banyak penyebab yang bisa menimbulkan masalah tersebut.

Penyebab kenapa ponsel menunjukkan ‘Tidak Ada Kartu SIM’ atau ‘Kartu SIM Tidak Terdeteksi’ salah satunya karena kartu SIM tidak terpasang dengan benar sehingga membuat kartu SIM tidak layanan.

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca

Berikut beberapa penyabab kartu sim tidak terbaca yang paling umum terjadi:

Slot Kartu SIM Rusak

Slot kartu sim yang rusak bisa menjadi penyebab kenapa sim card tidak terbaca, hal ini biasanya terjadi karena kita sering gonta-ganti sim card yang mengakibatkan slot jadi rusak.

Masa Pakai Kartu SIM Habis

Jika kamu sering lupa mengisi pulsa, kartu akan masuk masa tenggang dan saat masa tenggang tersebut habis maka kartu sim tidak bisa digunakan kembali. Pastikan kartu kamu selalu aktif dan terisi pulsa.

IMEI Hilang

Nomor IMEI yang biasanya berisi 15 baris nomor merupakan sebuah identitas smartphone. Jika kamu suka mengoprek Android, biasanya hal tersebut akan menghapus IMEI sehingga mengakibatkan kartu sim tidak terbaca.

Masalah IC PA

IC PA merupakan salah satu komponen yang bertugas untuk menerima sinyal di hp. Jika komponen ini rusak, maka ponsel tidak bisa menerima sinyal dan bahkan sim card tidak bisa terdeteksi.

Akan tetapi, itu bukan menjadi satu-satunya penyebab. Ada banyak penyebab kenapa kartu SIM tidak terbaca. Dan karena penyebabnya banyak, kami pun memiliki cara mengatasi yang tidak kalah banyak pula.

Berikut cara mengatasi kartu sim tidak terbaca:

Benarkan Posisi SIM

Apa mungkin bisa kartu SIM berpindah posisi? SIM bisa berubah posisi (sedikit miring/tidak sejajar) setelah ponsel terjatuh. Inilah kenapa banyak yang tiba-tiba kehilagan sinyal jaringan mereka setelah ponsel jatuh.

Untuk itu, coba benarkan posisi SIM nya dulu dengan melepas lalu memasangnya lagi. SIM harus tertempel ketat ke bagian slot-nya, jika ponsel Anda tipe baterai pasang, Anda dapat menambahkan selotip atau kardus untuk mengganjal.

Restart HP Anda

Jika Anda baru membeli kartu baru, dan jaringan belum muncul, coba matikan HP Anda dengan tombol restart.

Banyak telepon tak akan mengenali sebuah kartu SIM baru sebelum mereka merestart HP mereka.

Dan cara ini juga biasa digunakan orang untuk memperbaiki error jaringan, jaringan lambat, dan lain-lain.

Cocokkan Operator Anda Secara Manual

Kadang, suatu pengaturan HP bisa berubah tiba-tiba. Hal ini membuat jaringan tiba-tiba putus. Untuk mengaturnya kembali, Anda bisa mencari atau mencocokkan operator Anda secara manual tanpa menunggu sistem HP kita yang memperbaikinya sendiri.

  • Buka menu pengaturan
  • Masuk ke ‘Koneksi’
  • Pilih ‘Jaringan Seluler’
  • Kemudian klik ‘Operator Jaringan’
  • Cari jaringan secara manual

Langkah-langkah di atas tidak selalu sama, tergantung ponsel yang Anda gunakan.

Membersihkan Kartu SIM

Bisa jadi kartu SIM tidak terbaca karena sisi kuningan SIM Anda kotor. Anda harus membersihkannya, caranya cukup dengan menggesek-gesekkan penghapus karet ke bagian kuningan yang ada di SIM Card Anda.

Setelah dibersihkan, kemudian pasang ke slotnya lagi. Bila masih belum berhasil, tenang saja, kami masih mempunyai banyak cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca.

Ubah Mode Jaringan Menjadi Otomatis

Apa maksud dari mengubah mode jaringan ke otomatis?
Pada mode jaringan, kita diberikan beberapa pilihan: 3G only, 3G/2G sambung otomatis, LTE/3G/2G sambung otomatis dan 4G only.

Pilihlah jaringan yang membuat Anda terhubung ke dalam jaringan secara otomatis agar perangkat Anda bisa memilih jaringan terbaik mana yang bisa digunakan. Apakah 4G, 3G atau 2G.

Mengetes Kartu SIM di HP Lain

Metode ini harus Anda lakukan sebelum memutuskan membeli SIM Card baru. Jika hasinya perangkat lain tidak bisa membaca SIM tersebut, itu artinya SIM Card Anda yang rusak. Tapi jika SIM tetap bisa dibaca, bisa jadi ada masalah pada HP Anda.

Mengganti SIM Card Baru

Bila ada kerusakan pada plat emas SIM Card, sebaiknya Anda cepat-cepat mengganti SIM Card tersebut karena kalau sudah rusak, cara memperbaikinya adalah dengan membeli yang baru.

Jika Anda mengalami masalah seperti data seluler yang tidak muncul, maka juga bisa menerapkan cara ini untuk mengetahui penyebab yang terjadi.

Mencopot Lalu Memasang SIM Card Anda

Matikan dulu ponsel Anda lalu copot SIM Card dari tempatnya. Kemudian pasang lagi.
Lakukan beberapa kali sampai berhasil.

Jika kartu SIM masih tidak terbaca, Anda bisa menggunakan cara memperbaikinya dengan metode yang lain.

Aktifkan dan Matikan Mode Penerbangan

Ketika toggle mode penerbangan diaktifkan, otomatis ia akan menonaktifkan semua siaran dan penerimaan sel. Metode ini bisa mengatasi error pada jaringan Anda, jadi tak ada salahnya untuk dicoba.

Caranya dengan masuk ke menu pengaturan atau tarik jendela layar Anda ke bawah atau dengan menekan tombol power sampai muncul beberapa opsi. Lalu aktifkan Mode Penerbangan dan matikan.

Hapus Chace Data Android Anda

Efek dari melakukan cara ini adalah semua data informasi Anda pada aplikasi-aplikasi terhapus. Tapi tidak apa-apa, Anda bisa mengumpulkan informasinya lagi perlahan-perlahan.

Untuk melakukannya, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  • Buka menu pengaturan, lalu masuk ke ‘Penyimpanan’
  • Pilih ‘Pengaturan Penyimpanan’
  • Klik ‘Penyimpanan Internal’
  • Lalu pilih ‘Data Chace’

Periksa Slot SIM Card Anda

Apabila kartu SIM tidak terbaca, jangan-jangan yang bermasalah adalah slot atau tempat Anda menaruh SIM Card tersebut.

Bila memang begitu adanya, coba untuk ganjal bantalan SIM agar lebih tertekan. Atau membeli slot baru dan meminta dipasangkan oleh jasa tukang service HP.

Menghubungi Customer Service

Terkadang, untuk menangani masalah kartu SIM ini, yang Anda perlukan hanyalah menghubungi operator lalu meminta mereka untuk mengaktifkan kartu SIM Anda.

Bisa juga dengan menghubungi pusat layanan ponsel. Nanti biasanya Anda diminta untuk menyebut nomor IMEI. Dengan mengetahui IMEI Anda, mereka dapat mengganti kartu SIM, pembaca slot, atau bahkan Android Anda. Tapi itu tergantung seperti apa masalah ponsel Anda.

Mengatur Ulang Pengaturan Jaringan

Ubah setelan jaringan kembali ke pengaturan default. Dengan begitu, pengaturan jaringan yang lama bisa terhapus dan kembali ke pengaturan awal. Diharapkan dengan cara ini ia bisa menghapus notif dari jaringan tidak terdeteksi atau kartu SIM tidak terbaca.

Untuk melakukan ini, berikut adalah caranya:

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Pilih bagian ‘Cadangan dan Atur Ulang’
  • Lalu pilih opsi ‘Atur Ulang Pengaturan Jaringan’ atau Bahasa Inggrisnya ‘Reset Networks Settings’

Hapus Aplikasi Pihak Ketiga yang Bermasalah

Salah satu penyebab masalah jaringan juga karena aplikasi pihak ketiga. Cara mengetahui apakah aplikasi pihak ketiga Anda ada yang bermasalah, kalian bisa melakukan beberapa langkah berikut:

  • Jalankan perangkat Anda dalam mode aman / safe mode selama 2 hingga 4 jam
  • Bila aplikasi pihak ketiga tersebut bisa digunakan, maka aplikasinya bermasalah
  • Tapi kalau aplikasi pihak ketiga tidak bisa dipakai, maka aplikasinya aman
  • Mode aman atau safe mode hanya menjalankan aplikasi-aplikasi default saja. Bila aplikasi bukan default tetap bisa dijalankan, berarti ada sesuatu yang berbahaya dalam aplikasi tersebut

Setelah tahu aplikasi pihak ketiga mana yang tidak aman, Anda bisa langsung mencopot pemasangannya.

Ubah HP Kembali ke Pengaturan Pabrik

Perlu diingat, cara ini akan menghapus semua data, aplikasi, video, musik, foto, dokumen dan lain-lain. Tidak seperti hapus chache yang hanya menghapus data-datanya saja, kalau reset pabrik yang dihapus adalah semuanya.

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Pilih opsi ‘Backup dan Reset’
  • Kemudian pilih ‘Factory Reset’ atau mengembalikan ponsel kembali ke tampilan pabrik

Perbarui OS Android

Banyak orang malas memperbarui OS Android mereka karena suatu hal. Pun update OS bukan hal yang wajib, tapi cara ini bisa dicoba siapa tahu berhasil.

Caranya cukup masuk ke menu ‘Pengaturan’, lalu cari opsi ‘Pembaruan Perangkat Lunak’, terakhir klik opsi ‘Unduh Pembaruan Secara Manual’.

Kembalikan ROM Anda ke Versi Asli

Cara ini hanya berlaku apabila kalian pernah melakukan flash telepon dengan ROM yang berbeda. Terlebih bila sebelum di flash jaringan Anda baik-baik saja, lalu setelah diflash berubah tidak baik-baik saja. Hal tersebut bisa menjadi penyebab kenapa jaringan Anda bermasalah.

Untuk melakukan cara ini, gunakan ‘Mode Pemulihan’ kemudian lakukan ‘Reset Factory’. Selanjutnya, masuk ke menu ‘Backup and Restore’ dan pilih ‘Restore’. Cara ini juga disebut dengan wipe data Android.

Jika sampai di sini kartu SIM tidak terbaca juga, berarti ponsel Anda rusak. Sebaiknya segera bawa ke tukang service terpercaya dan tanyakan berapa kira-kira biaya untuk perbaikannya.

Tinggalkan komentar