Apa Itu Wipe Data Android dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Wipe Data Pada Android

Apakah Wipe Data adalah Factory Reset? Mungkin memang benar, sebab tujuan keduanya adalah sama-sama menghilangkan data yang tersimpan pada ponsel. Tapai bagaimana jika kita menyebut Wipe Data sebagai sebuah proses atau kata kerja saja?

Apa Itu Wipe Data Pada Android?

Wipe, berasal dari Bahasa Inggris artinya menghapus. Sementara Data adalah hal-hal yang ada di ponsel Anda, yang meliputi beragam informasi yang tersimpan dalam perangkat. Ketika melakukan Wipe Data pada Android, berarti Anda menghapus seluruh data pada perangkat Anda tersebut.

Untuk melakukan Wipe Data, orang-orang memanfaatkan fitur Factory Reset, atau mengembalikan ponsel kembali ke pengaturan pabrik. Keberadaan Fatory Reset sangat membantu kita menghapus semua data pada ponsel hanya dalam sekali klik.

Karena data yang dihapus ini tidak satu dua data saja, tapi seluruh informasi yang tersimpan dalam ponsel, jadi keberadaan Factory Reset sangatlah membantu.

Wipe Data dipakai ketika seseorang akan menjual atau memberikan ponsel itu kepada orang lain. Sehingga, data-data yang tersimpan di ponsel tak diketahui orang lain yang memegang ponsel lama Anda tersebut.

Sampai di sini, paham dengan Wipe Data dan hubungannya antara Factory Reset?

Permasalahan dan Kekurangan Wipe Data dengan Factory Reset

Apakah Factory Reset adalah fitur yang sempurna? Jawabannya tidak. Sayangnya, Factory Reset tak sepenuhnya menghapus data, dia hanya membuat data-data itu tidak terlihat oleh mata kita. Alias tidak bisa terhapus sampai ke akar-akarnya.

Banyak yang tak menyadari kekurangan ini. Mereka menganggap semua data sudah bersih, padahal jika diotak-atik di tangan orang yang mengerti teknologi dengan dibantu tool tertentu, data-data itu bisa muncul lagi.

Apalagi jika hardware yang dipakai ponsel itu lambat, proses Wipe Data atau penghapusan data bisa mudah dikembalikan lagi seperti semula.

Lalu jika seperti ini adanya, apa yang harus kita lakukan? Adakah cara terbaik melakukan Wipe Data pada Android? Adakah cara lain melakukan Wipe Data selain memanfaatkan fitur Factory Reset atau membuat fitur Factory Reset lebih bekerja maksimal?

Jawabannya adalah Ada.

Cara Aman Melakukan Wipe Data untuk Menyempurnakan Factory Reset Anda

Sebenarnya, tak ada cara ampuh yang benar-benar akan menghapus seluruh data di ponsel Anda. Tapi kedua cara ini setidaknya bisa membantu menjaga data pribadi Anda tetap aman.

Enkripsi Ponsel Anda

Untuk melakukan enkripsi ponsel, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Pilih ‘Security’
  3. Scroll ponsel Anda ke bawah dan cari menu ‘Encrypt Phone’ atau Enkripsi Ponsel
  4. Kemudian lakukan Factory Reset

Selesai. Caranya agak berbeda-beda tergantung merk ponsel Anda, tapi intinya begitu.

Dengan mengenkripsi ponsel, Anda membuat data-data yang tidak sepenuhnya terhapus pada ponsel menjadi acak-acakkan. Dengan membuatnya acak-acakkan, orang jahat yang ingin memgotak-atik data-data itu pun menjadi kesusahan.

Memenuhi Ponsel dengan Sampah

Ada solusi sederhana lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menghapus data-data penting yang tersimpan di ponsel. Caranya cukup dengan menumpuknya dengan sampah lain.

Jadi analoginya seperti ini: Data lama Anda yang susah terhapus itu, ternyata bisa hilang sendiri jika kita menumpuknya dengan sampah-sampah lain. Alias membuat data-data itu tenggelam dan hampir-hampir membuatnya tak bisa dilihat lagi.

Baca juga: Apa itu Reboot

Untuk melakukan cara ini, cukup penuhi saja ponsel Anda dengan data-data tidak penting. Seperti menambahkan foto-foto tidak penting, lagu, film, dan lain-lain. Dengan melakukan cara itu, Wipe Data Pada Android pun lebih aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *