7 Cara Mengaktifkan Data Seluler yang Tidak Muncul

Cara Mengaktifkan Data Seluler yang Tidak Muncul

Pernahkah Anda berada di posisi, dimana ketika data seluler diaktifkan, tak muncul sinyal 4G/H+/E, tiba-tiba saja tak ada yang muncul padahal data seluler dalam kondisi aktif. Selain itu, kartu yang kita pakai tidak berada di kondisi ‘Tidak Ada Layanan‘ atau ‘Hanya Panggilan Darurat’.

Masalah ini sudah sering terjadi baik pengguna Xiaomi, Oppo, Samsung, Vivo dan lainnya. Karena hal ini memang sudah lumrah, semua mereka ponsel diatas sudah pasti pernah mengalaminya, jadi kalian tidak perlu takut seperti apakah ponsel rusak dan hal negatif lainnya.

Penyebabnya bukan hanya karena pada provider tertentu saja, semua juga kena masalah ini seperti kartu indosat, telkomsel, tri, xl, axis dan semua provider di indonesia.

Penyebab Data Seluler Tidak Muncul

Berikut beberapa penyebab kenapa data seluler tidak muncul di Android:

  • Ponsel jarang di restart
  • Penyimpanan penuh
  • Kondisi sinyal buruk
  • Operator seluler mengalami gangguan

Jika Anda merasakan hal yang sama seperti ini, kami memiliki beberapa cara mengaktifkan data seluler yang tidak muncul di HP Android dengan mudah.

Cara Mengaktifkan Data Seluler yang Tidak Muncul

Kemungkinan ada bug kecil yang membuat SIM Anda bekerja dengan tidak semestinya. Namun tenang saja, Anda tak perlu membawanya ke tukang service. Bug tersebut bisa dihilangkan oleh beberapa cara sederhana berikut:

1. Hidup dan Matikan Mode Pesawat

cara mengatasi data seluler tidak muncul indosat

Mode pesawat mampu mengatasi error jaringan internet dengan cara yang sederhana. Anda cukup menghidupkan lalu mematikan mode pesawat. Tunggu beberapa menit lalu matikan dan coba aktifkan lagi data seluler Anda.

Cara ini juga bisa dilakukan untuk membuat internet Anda terasa lebih cepat. Sebab cara ini akan merefresh sinyal di ponsel kita menjadi terkoneksi dengan ip baru lagi. Selain itu cara ini juga baik digunakan saat kita tidak ingin mendapatkan gangguan dari siapapun.

2. Ubah Jenis Jaringan yang Anda Gunakan

data seluler tidak muncul di oppo

Masuk ke menu pengaturan, lalu pada bagian ‘Dual SIM dan Jaringan Seluler’ klik pilihan ‘SIM’ kemudian ubah jenis jaringan yang ada di sana.

Bila semula jenis jaringan yang Anda pakai adalah 4G, coba ubah menjadi 3G only atau 2G/3G sambung otomatis.

Karena terkadang terjadi error pada sinyal operator dimana mereka mungkin sedang melakukan pemeliharaan terhadap jaringan yang dimiliki. Makanya pada mode tertentu mereka menonaktifkannya, seperti 4G atau 3G yang dimatikan.

Bila berhasil muncul, coba ubah jenis jaringannya kembali ke 4G agar kecepatan internet tidak dibatasi.

3. Restart HP Anda

Cara mengaktifkan data seluler yang tidak muncul berikutnya dengan menekan dan tahan tombol power lalu pilih opsi Restart. Secara otomatis ponsel akan mati lalu hidup kembali.

Perangkat ponsel yang mati sejenak akan memulihkan berbagai error yang ada. Setelah merestart ponsel, hidupkan kembali data seluler. Apakah sudah aktif atau belum?

Jika belum aktif, berarti masalah bukan ada pada ponsel Anda melainkan memang ada pada pihak operator.

4. Cabut dan Pasang Lagi SIM Card Anda

cara mengaktifkan data seluler yang tidak muncul di hp xiaomi

Cabut kartu SIM Anda sebentar, lalu pasang lagi. Atau bisa mencobanya dengan menukar tempat SIM bila ponsel Anda tersedia 2 slot SIM Card. Makin bagus jika langkah ini dilakukan dalam kondisi ponsel Anda dalam keadaan mati.

Gunanya adalah untuk menghilangkan bug dan mengejutkan kartu tersebut supaya aktif seperti biasanya. Atau memang ada beberapa kartu sim yang lebih cocok dipasang di slot 1 atau slot 2.

5. Memeriksa Sinyal Telepon

Jika sinyal telepon lemah, ia akan menghambat sinyal jaringan yang aktif. Lemah kuatnya sinyal tergantung lokasi, karena Indonesia tak meratakan kecepatan koneksi internet untuk seluruh daerah, hanya bagian-bagian strategis saja yang menerima sinyal kuat.

Untuk mengetahui sinyal lemah, Anda bisa belajar dari tanda ini:

  • Tanda sinyal jaringan 2G/3G lemah: kekuatan sinyal cuma 0-2 bar
  • Tanda sinyal jaringan 4G lemah: panah atas dan bawah sinyal 4G, mati

Jika Anda berada di lokasi terpencil, Anda bisa memanfaatkan antena ponsel atau memilih operator yang memiliki cakupan jaringan luas.

6. Setel Ulang APN (Acces Point Name) Anda

APN adalah sarana yang digunakan penyedia jaringan seluler untuk membuat Anda terhubung ke jaringan internet.

Bila Anda pernah mengotak-atik APN atau merasa APN tersetting dengan cara tidak tepat, Anda bisa memperbaikinya dengan mengembalikan APN ke pengaturan default atau mencari format APN di internet.

Pengaturan APN bawaan telepon sebenarnya sudah pas, tapi kadang orang ingin memperumitnya sendiri. Akan tetapi ada beberapa orang yang berpendapat bahwa mengubah APN dapat meningkatkan kecepatan internet.

7. Ubah Protokol APN ke Ipv4/Ipv6

Masih di setting APN, ketika Anda menggulir ke bawah, Anda akan menemui setting APN Protokol.

Kebanyakan setting APN menggunakan Protokol Ipv4, tapi jika ponsel Anda mendukung beberapa opsi ini: Ipv4, Ipv6 dan Ipv4/Ipv6. Maka pilihlah APN Protokol yang Ipv4/Ipv6.

Baca juga:

Dengan beberapa cara mengaktifkan data seluler yang tidak muncul seperti yang terungkap di atas, semoga bisa membantu Anda menghidupkan lagi data seluler yang tidak aktif.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!