Cara Download Font di Dafont dan Cara Installnya Lengkap

Cara Download Font di Dafont

Font yang sudah ada di Windows atau MacOS dinilai kurang beragam dan tampak monoton. Font yang sudah ada juga dinilai kurang estetik. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang mencari font tambahan di Dafont. Cara download font di Dafont juga tidak begitu sulit.

Dafont sendiri merupakan sebuah situs yang menyediakan ribuan font hasil karya para kreator. Hampir semua font yang ada di situs tersebut bisa didownload secara gratis. Tak heran jika pengguna situs ini selalu mengalami peningkatan setiap hari.

Langkah-Langkah Cara Download Font di Dafont

Kalau Anda merupakan pengguna baru, sebaiknya baca tutorial di bawah ini terlebih dahulu. Setelah paham, Anda dapat langsung mempraktikkannya.

1. Kunjungi Situsnya

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan laptop atau PC. Selanjutnya, sambungkan perangkat tersebut dengan internet, melalui Wi-Fi maupun kabel. Kemudian buka browser dan kunjungi alamat atau URL di bawah ini.

2. Pilih Jenis Font

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Dafont memiliki koleksi font yang jumlahnya ribuan. Jenis-jenis font tersebut terbagi menjadi beberapa kategori utama. Jadi, Anda perlu memilih dan memilah font tersebut terlebih dahulu. Caranya ada di bawah ini.

  • Perhatikan bagian atas halaman utama Dafont. Di sana terdapat beberapa grup font. Contohnya adalah Fancy, Foreign Look, Basic, dan seterusnya.
  • Di bawah kategori utama terdapat sub kategori. Pilih saja sesuai dengan kategori font yang sedang Anda cari.
  • Sekarang Anda diarahkan ke halaman berisi banyak pilihan font.
  • Anda dapat mengatur jumlah font yang ditampilkan dalam satu halaman.
  • Untuk mengubah kata atau kalimat yang ditampilkan sebagai preview, Anda dapat mengetikkan kata atau kalimat tersebut di kotak Preview. Klik Submit untuk melihat hasilnya.
  • Sekarang cari dan temukan font yang Anda sukai.

3. Mendownload

Langkah yang terakhir adalah mendownload paket font yang sudah terpilih. Caranya mudah, Anda hanya perlu klik tombol Download yang ada di sisi kanan font. Setelah mengeklik tombol tersebut, proses download akan berjalan secara otomatis.

Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan download tidak terlalu lama karena ukuran filenya relatif kecil.

Cara Install Font

Paket font yang sudah Anda download tadi tidak serta merta langsung bisa digunakan. Anda perlu menginstallnya terlebih dahulu. Cara untuk install font di Windows maupun MacOS hampir sama. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. File yang sudah Anda download tadi merupakan fie Zip. Jadi, Anda perlu mengekstraknya terlebih dahulu.
  2. Jika sudah selesai mengekstrak, temukan file dengan ekstensi TTF.
  3. Buka file tersebut untuk melihat detail font-nya. Pastikan Anda sudah memilih jenis font yang tepat.
  4. Langkah terakhir adalah mengeklik tombol Install.
  5. Tunggu sesaat sampai prosesnya selesai. Sekarang Anda sudah bisa menggunakan font tersebut untuk berbagai keperluan.

Cara download font di Dafont sangat mudah, bukan? Sekarang Anda tak perlu bingung lagi jika bosan dengan font yang ada di laptop atau komputer. Cukup download dan install saja font dari Dafont. Anda hanya butuh waktu 10 menit.

You May Also Like

error: Content is protected !!