Cara Melaporkan Sertifikat Prakerja ke Tokopedia Ternyata Gampang

Cara Melaporkan Sertifikat Prakerja ke Tokopedia

Cara Melaporkan Sertifikat Prakerja ke Tokopedia – Di masa pandemi ini, ada banyak kebijakan pemerintah yang diambil untuk memperbaiki sistem perekonomian negara.

Salah satu program yang diatur oleh pemerintah adalah Kartu PraKerja. Program ini dibuat karena banyaknya orang yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja di masa pandemi.

Berkurangnya pendapatan secara menyeluruh juga membuat pemerintah berinisiatif untuk membekali warganya dengan skill atau kemampuan baru.

Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh peserta yang diterima dalam program PraKerja adalah mengikuti pelatihan. Pelatihan bisa dilakukan beberapa kali dan bila sudah menyelesaikannya maka peserta bisa mendapatkan insentif PraKerja.

Insentif baru bisa keluar apabila sertifikat pelatihan sudah ada di tangan Anda. Sertifikat ini tentunya bisa didapatkan dari mitra lembaga pelatihan seperti Skill Academy.

Pelatihan PraKerja ini bisa dibeli dengan beberapa cara, salah satunya adalah melalui Tokopedia.

Kapan Sertifikat Bisa Diterima Peserta?

Normalnya, peserta bisa mendapatkan sertifikat pelatihan yang ia ikuti setelah beberapa hari menyelesaikan pelatihan.

Sertifikat biasanya muncul dengan sendirinya di bagian dashboard akun PraKerja. Tetapi bila sertifikat Anda tidak kunjung muncul, maka Anda bisa melaporkan masalah ini ke pihak bersangkutan, yakni Tokopedia.

Proses Alur Sertifikat Prakerja

Sebelum melaporkan masalah, Anda bisa mencocokkan kondisi Anda dengan alur sertifikat prakerja terlebih dahulu. Berikut adalah proses alur sertifikat prakerja:

  1. Lembaga pelatihan melaporkan bahwa pelatihan telah selesai ke pihak Tokopedia
  2. Tokopedia akan mengirim laporan penyelesaian pelatihan ke pihak PraKerja.
  3. Laporan diproses dengan jangka waktu 10 hari setelah laporan diterima. Bisa terjadi dua kemungkinan setelah laporan diproses, yakni cocok dan tidak cocok.
  4. Bila cocok, sertifikat bisa dicek melalui dashboard kartu PraKerja.
  5. Jika tidak cocok, maka harus melapor kembali kepada Tokopedia.

Cara Melaporkan Sertifikat pada Tokopedia

Anda bisa mencoba untuk menghubungi pihak Tokopedia melalui customer servicenya. Meski demikian, Anda juga bisa mengikuti prosedur dibawah ini agar proses bisa lebih cepat dilakukan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Akun Facebook

Pastikan Anda memiliki akun Facebook. Bila terkait dengan akun PraKerja, maka gunakan akun Facebook yang sama. Setelah itu, cari akun resmi Tokopedia.

Pastikan bahwa akun tersebut resmi milik Tokopedia. Tandanya adalah di samping namanya terdapat centang biru official.

2. Mengirim Pesan

Bila Anda sudah menemukan akunnya, Anda bisa langsung mengirim pesan untuk melaporkan masalah ini. Ceritakan detail permasalahan sesuai urutan waktu.

Bila tersedia, Anda bisa menambahkan beberapa lampiran pendukung untuk memperjelas kondisi Anda.

Beberapa informasi yang bisa Anda lampirkan adalah nama lembaga pelatihan, judul pelatihan, nomor invoice transaksi, dan kode voucher. Jika sudah, kirimkan format tersebut pada Tokopedia.

3. Menunggu Balasan Admin

Admin Tokopedia akan membaca detail permasalahan Anda dan membimbing Anda untuk menyelesaikannya. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang kuat agar permasalahan bisa cepat selesai.

Baca juga:

Jika Anda sudah mengikuti proses sesuai bimbingan Admin, Anda hanya perlu menunggu hingga sertifikat berhasil masuk ke dashboard PraKerja. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!