3 Cara Membuka Sony Xperia Terkunci / Lupa Pola (All Tipe)

Sony Xperia

Hal yang sering dialami oleh pengguna smartphone adalah lupa password atau pola kunci ponsel mereka. Hal ini biasanya disebabkan karena kita sering gonta-ganti pola atau kunci ponsel kita, yang berakibat kadang kita lupa saat akan membukanya kembali. Tidak terkecuali dengan pengguna Sony Xperia, banyak dari pengguna ponsel ini yang juga mengalaminya.

Memang hal ini cukup lumrah terjadi bahkan untuk kebanyakan orang, terlebih lagi jika pola yang dibuat cukup rumit dan panjang sehingga membuat kita jadi lupa. Bermacam alasan yang ada, entah itu untuk keamanan ataupun tidak ingin dibuka oleh orang lain.

Khusus untuk yang menggunakan password, penggunaan huruf kecil dan besar jelas saja berbeda. Meskipun kita sudah memasukkan kata yang tepat namun dalam pengejaan huruf kita salah satu huruf saja, maka kunci tidak akan terbuka.

Entah bagaimana bisa Anda melupakan password atau pola sandi HP Anda sendiri, namun yang pasti cara membuka HP Sony Xperia terkunci ini akan membantu Anda.

Tapi sebelum itu, pastikan HP Sony itu adalah milik Anda sendiri, bukan milik orang lain. Serta gunakan cara ini hanya untuk kebaikan saja.

Baca juga: Cara Membuka Pola HP OPPO

Cara Membuka HP Sony Xperia Terkunci dengan 2 Langkah Mudah

1. Menggunakan Android Device Manager

Android Device Manager

Sebelum menggunakan cara ini, Anda harus mengetahui nama pengguna dan sandi akun Google yang tertaut di HP tersebut. Jika Anda tidak tahu username dan sandi tersebut, Anda tidak bisa membuka HP yang terkunci.

Syarat berikutnya untuk menjalankan cara ini adalah kalian memiliki koneksi internet, layanan ‘Find My Device’ dalam keadaan hidup, dan memiliki akses ke komputer atau perangkat seluler lain.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Buka situs Android Find My Device di browser Anda menggunakan perangkat seluler atau PC.
  • Masukkan akun Google yang terhubung dengan HP Sony.
  • Kemudian map akan menampilkan di mana letak HP Anda, beserta pilihan opsi: Putar Suara, Amankan Suara dan Hapus Perangkat.
  • Pilih opsi ‘Hapus Perangkat’, dengan begitu berbagai pengaturan yang tersimpan akan dihapus begitu juga dengan password yang membuat Anda tidak bisa masuk karena lupa.

Dengan menggunakan cara membuka HP Sony Xperia terkunci, semua data pada pengguna di memori internal akan terhapus termasuk aplikasi yang sudah terunduh, foto, pengaturan perangkat.

Jika di HP tersebut memiliki memori, Anda bisa melepasnya dulu supaya foto, video, dokumen, musik dan data-data yang tersimpan lainnya tidak ikut hilang.

Baca juga: Firmware Lenovo A6000

2. Android Debug Bridge

Masih ada banyak cara yang bisa dilakukan jika dengan cara diatas masalah kamu belum teratasi. Cara berikutnya adalah dengan Android Debug Bridge yang bisa kalian lakukan.

Namun dengan catatan, pastikan kamu sudah pernah mengaktifkan USB Debugging di Sony Xperia dan juga sudah pernah terhubung ke PC/ Laptop melalui ADB. Mungkin hal ini tidak terdengar asing bagi yang suka ngoprek Android seperti melakukan root, custom rom dan modifikasi lain.

  • Pertama hubungkan Sony Xperia dengan menggunakan kabel data ke komputer.
  • Buka jendela command prompot pada folder instalasi ADB.
  • Kemudian ketik perintah berikut “adb shell rm /data/system/gesture.key dan tekan tombol Enter pada keyboard.
  • Langkah selanjutnya reboot hp kamu.
  • Dan beres, sekarang hp kamu sudah tidak terkunci lagi.

Sebelum melakukan cara diatas, pastikan terlebih dahulu kamu mencari ADB Driver dan Installer yang cocok dengan versi Sony Xperia yang kamu miliki. Karena setiap driver tentu berbeda juga dengan versi ponsel yang ada.

3. Menggunakan Reset Factory

Reset Factory

Untuk membuka lagi HP yang terkunci, Anda harus berani menghapus semua data-data yang tersimpan dalam ponsel. Ini adalah cara paling mudah dan dijamin 100% berhasil.

Tapi bagaimana caranya melakukan reset factory jika kita saja tidak bisa membuka layar utama atau bahkan menu pengaturan pada ponsel?

Untuk itu, ikutilah cara-cara berikut:

  • Matikan telepon Anda.
  • Setelah HP mati, tekan tombol volume bawah dan tombol power sampai layar HP menunjukkan tampilan ‘lain’.
  • Gerakkan kursor dengan menggunakan tombol volume.
  • Gulir halaman dan cari ‘Reset Factory’.
  • Setelah itu klik opsi tersebut dengan menggunakan tombol power.
  • Pilih ‘Yes’ dan tunggu sampai HP Sony tereset dengan sempurna.

Setelah HP direset, HP Anda pun bisa dibuka lagi tanpa perlu memasukkan kata sandi.

Kedua cara di atas sangat mudah dilakukan. Hanya saja jika Anda tak rela menghapus semua data di HP, pasti rasanya susah.

Sebenarnya masih ada pilihan lain, tapi cara ini belum tentu berhasil.

Tanpa perlu menghapus data, berikut adalah beberapa cara membuka HP Sony yang terkunci:

  • Masukkan kata sandi atau pola salah sebanyak 5 kali
  • Setelah itu, Anda bisa klik ‘Lupa Sandi’
  • Selanjutnya Anda diminta memasukkan alamat email beserta sandi
  • Klik ‘Login’, kemudian ubah pola atau sandi. Lebih baik lagi jika Anda menonaktifkan sandi tersebut untuk sementara waktu
  • Sekarang HP Anda bisa dibuka lagi tanpa memasukkan kata sandi dan tanpa menghapus data-data yang ada

Cara membuka HP Sony Xperia terkunci ini dapat bekerja untuk semua tipe HP Sony, darimulai tipe Sony Ericsson, Iksperiya Mini Sony Aqua, ZR, Sony C1905, C2005, 1905, Sony Lt25i, C2105, 6603, Z2 D6503, M4, Xperia E5, Sony Xperia E4 Sony Iksperiya Z3, Z1, St23i, Sony N2, M5, S5303, M2 D2303, E1, C3, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Kirim SMS

Jika menggunakan kunci pola adalah sebuah keharusan untuk diaktifkan dan kamu tipe orang yang pelupa, sebaiknya gunakan pola yang mudah diingat saja seperti membentuk angka 7 atau membentuk huruf L yang mana keduanya cukup mudah untuk di ingat. Alternatif lain kalian bisa mencatatnya dalam sebuah buku sehingga jika lupa kalian bisa melihat catatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *