4 Cara Mengatasi Autentikasi Google di Play Store (Ampuh)

Cara Mengatasi Autentikasi Google di Play Store

Bila Anda mendapatkan notif dari Google Play berbunyi “Google Play authentication is required”, maka tutorial mengenai cara mengatasi autentikasi Google di Play Store ini akan sangat Anda butuhkan.

Apa itu Autentikasi Google?

Sebelumnya, apakah kalian sudah tau apa itu autentikasi? Autentikasi Google adalah proses validasi atau tindakan pembuktian terhadap identitas pengguna pada saat akan mengakses sebuah sistem. Umumnya proses validasi tersebut menggunakan username dan password dari seorang pengguna yang nanti akan dijadikan sebagai penanda apakah orang tersebut adalah orang yang berhak masuk kedalam sistem tersebut.

Apa Autentikasi Google Penting?

Tentu saja perusahaan sebesar Google menggunakan proses autentikasi terlebih dahulu bagi pengguna yang akan mengakses sistem mereka. Hal ini berkaitan dengan data pengguna dalam jumlah banyak, karena kita tau sendiri bahwa Google merupakan perusahaan internet terbesar yang menguasai semua lini internet seperti Email, Cloud Storage, dan beberapa layanan office seperti Sheet, Word, Excel dan sejenisnya.

Proses validasi sangat penting mengingat semua data tersebut bisa saja bocor di tangan yang salah apabila di akses dari pengguna yang tidak bertanggung jawab. Bayangkan saja ada sebuah data pengguna yang penting dan bersifat rahasia, jika tidak ada sistem validasi maka bisa saja setiap orang mengakses dan mengambilnya.

Cara Kerja Google Authenticator

Two Factor Authentication akan memberikan keamanan ekstra berlapis bagi setiap akun. Hal ini akan mengamankan akun sekaligus menyulitkan orang yang tidak bertanggung jawab yang berusaha masuk dengan akun Anda. Dengan sistem 2FA, sekalipun orang mengetahui nama pengguna dan kata sandi saja tidak akan cukup untuk login, karena proses login tersebut membutuhkan faktor kedua misalnya nama Ayah, Ibu dan kode verifikasi melalui SMS ataupun sidik jari.

Dan di artikel ini kita akan membahas tentang cara mengatasi autentikasi Google di Play Store yang umumnya terjadi pada hp Android baik Samsung, Vivo, Lenovo, Oppo dan Xiaomi. Biasanya masalah ini ditandai dengan peringatan seperti “Authentication is required. You need to sign into your Google Account. Try again” atau jika dalam bahasa indonesia adalah “Diperlukan autentikasi. Anda perlu masuk ke akun Google. Coba lagi”.

Kesalahan atau error di atas adalah masalah umum yang terjadi di Android, ada banyak cara mengatasi errorr tersebut. Beberapa di antaranya dengan hapus akun Play Store atau melakukan reset factory.

Berita baiknya, ada banyak cara berbeda mengatasi permasalahan ini. Berikut adalah cara mengatasinya, dan usahakan pilihlah yang menurut Anda paling mudah.

Uninstall Aplikasi Play Store

Kadang, kemunculan permasalahan smartphone bukan dikarekanan oleh diri kita atau karena kita melakukan kesalahan. Tapi bisa jadi karena Play Store sendiri yang salah, dengan menguninstall aplikasi Play Store terbaru Anda, akan membawa kita pada aplikasi Play Store versi lama.

Jika sudah seperti ini, tinggal kita install lagi, lalu update lagi dan berharap aplikasi Play Store bisa kembali seperti sedia kala. Setelah berhasi terinstall, kita tinggal masuk dengan akun Google kita.

Cara Uninstall:

  • Masuk ke menu pengaturan aplikasi Google Play Store
  • Pilih opsi Aplikasi
  • Kemudian klik pilihan Uninstall Update
  • Biasanya pilihan tersebut muncul setelah Anda menekan menu titik tiga di kanan atas

Menghapus Akun Google yang Anda Gunakan untuk Masuk

Kesalahan juga bisa berasal dari ketika Anda masuk menggunakan akun Google. Trik mengatasi permasalahan ini adalah dengan menghapus akun Google tersebut.

Cara Menghapus:

  • Masuk ke menu pengaturan utama ponsel Anda. Jadi bukan pengaturan di aplikasi Play Store, melainkan pengaturan ponsel
  • Pilih ‘Akun’
  • Kemudian hapus akun Google yang tadi Anda gunakan masuk. Atau hapus akun Google yang mendapatkan pesan ‘otentikasi diperlukan’ tersebut

Setelah dihapus, Anda bisa masuk lagi dengan mudah. Yang penting Anda mengingat kata sandi akun tersebut.

Peringatan: Pastikan sebelum melakukan cara ini Anda mengingat email dan password akun Google Anda. Sebab jika lupa, Anda tidak dapat login ke akun Google tersebut lagi, kecuali dengan cara recovery.

Setelah masuk, sekarang Anda bisa mencoba masuk ke Google Play Store.

Mensinkronkan Akun Google Anda

Cara mengatasi autentikasi Google di Play Store ini bisa menjadi cara lanjutan setelah Anda menghapus akun Google lalu memasukkannya kembali. Juga bisa menjadi cara tambahan untuk semakin menyempurnakan pemecahan masalah.

Cara Singkron Akun Google:

  • Buka menu pengaturan utama ponsel
  • Pilih akun lalu pilih Google
  • Masukkan alamat email yang ingin anda singkron
  • Kemudian pilih opsi ‘Singkronkan Semua’

Setelah itu lihat apakah pesan autentikasi sudah hilang atau belum.

Mungkin saja beberapa hal tidak disingkronkan karena suatu alasan. Dengan cara ini, Anda membuat sedikit dorongan yang mampu menangani permasalahan ‘Google Play authentication is required’ tersebut.

Menghapus Data Pada Google Play Store

Anda bisa mencoba menghapus chace juga, tapi setelah kita menghapus data, maka otomatis chace juga terhapus. Jadi satu langkah singkat ini akan mengembalikan Play Store kembali ke tampilan segar tanpa error.

Cara Menghapus Data:

  • Masuk ke menu pengaturan ponsel
  • Pilih ‘Aplikasi’, lalu cari aplikasi Google Play Strore
  • Klik aplikasi tersebut, pilih penyimpanan atau Anda bisa scroll ke bawah sampai muncul opsi ‘Hapus Data’ (tampilan setiap HP seseorang berbeda-beda)
  • Pilih ‘Hapus Data’, otomatis semua data terhapus tak terkecuali chace

Bila sampai di sini caranya belum berhasil juga, Anda bisa mengunduh aplikasi Android dari browser. Jadi caranya nanti dengan masuk ke browser kesayangan, kunjungi situs Play Store lalu unduh aplikasi yang Anda inginkan.

Bila masih kekeuh ingin mencoba, Anda bisa mengulangi langkah-langkah berikut dengan urutan yang sama:

  1. Hapus akun Google
  2. Reboot
  3. Hapus pembaruan
  4. Instal Play Store baru
  5. Reboot
  6. Tambahkan akun

Terus lakukan langkah-langkah tersebut sampai kesalahannya hilang.

Tapi jika cara mengatasi autentikasi Google di Play Store masih tak mau jalan juga, cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengembalikan ponsel kembali ke pengaturan pabrik.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!