Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Akibat WhatsApp Banyak Chat

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Akibat WhatsApp Banyak Chat

Mengetahui cara mengatasi penyimpanan penuh akibat WhatsApp terlalu banyak chat sangat penting untuk pengguna WA. Mengapa? Karena WA adalah salah satu aplikasi yang cepat membuat memori dari HP penuh setiap hari padahal Anda tidak memasang aplikasi lain.

Supaya memori telepon jadi lebih lega dan Anda tidak mengalami masalah saat menggunakan aplikasi lain, Anda harus membersihkannya. Nah, untuk melakukan itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Simak selengkapnya cara di bawah ini dan pilih mana yang terbaik.

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Akibat WhatsApp Terlalu Banyak Chat

1. Menghapus Pesan secara Berkala

Sebagian besar dari kita cenderung tidak acuh dengan berapa banyak chat atau pesan yang masuk. Akhirnya, dalam satu akun ada ribuan bahkan lebih dari itu untuk chat berupa teks. Chat juga belum termasuk media yang ada di dalamnya.

Kalau tidak mau chat memenuhi memori di ponsel dan membuatnya jadi lemot, ada baiknya untuk dihapus secara berkala. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa chat pribadi yang di dalamnya ada banyak pesan untuk di hapus atau clear chat.

Baca juga: Cara Membuat Emoticon WA Rambut Panjang

2. Menonaktifkan Backup Chat

Coba nonaktifkan backup chat dengan mengakses Settings > Chats > Chats Backup. Pilih untuk melakukan seminggu sekali atau sebulan sekali saja. Kalau memilih harian, akan ada data sekitar 100-200 MB per hari yang tersimpan di HP.

3. Hapus Data yang Masuk ke Galeri

Kalau Anda menggunakan setting penyimpanan media secara otomatis, kemungkinan besar akan memenuhi galeri. Anda bisa mengaksesnya melalui galeri di ponsel dan masuk ke folder WhatsApp untuk melihat secara spesifik.

Tandai semua media yang ada di sana atau pilih saja yang tidak dibutuhkan. Selanjutnya tekan tombol delete. Dengan melakukan ini, memori ponsel akan sedikit lebih lega. Sayangnya, proses penghapusan harus dilakukan berkali-kali.

4. Mematikan Auto Download Media

Saat menerima chat dalam bentuk media, Whatsapp secara tidak langsung akan melakukan pengunduhan pada data. Jadi, kalau dalam sehari ada sekitar 100 pesan masuk dengan medis, semuanya akan tersimpan ke dalam galeri.

Untuk melakukan proses non aktif, Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke Settings.
  2. Cari menu Data and storage usage.
  3. Pilih Media auto-download.

Dengan pengaturan ini, semua data media yang masuk tidak akan terunduh. Jadi, tidak otomatis tersimpan. Kalau Anda ingin melihatnya, tinggal menekan tombol play untuk memulai proses unduh dimulai dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Menghentikan Cadangan WhatsApp

5. Tidak Terlalu Banyak Melihat Stories

Pada dasarnya semua stories yang Anda buka dan lihat akan tersimpan sementara ke memori ponsel. Umumnya akan disimpan selama 24 jam. Selanjutnya, akan terhapus dengan sendirinya. Hal ini dilakukan agar aplikasi tidak terus mengunduh saat melihat stories berkali-kali.

Kalau Anda terus melihat stories berkali-kali, kemungkinan besar akan membenahi memori HP. Meski hanya maksimal 24 jam, tetap saja mengganggu. Apalagi ponsel yang Anda gunakan tidak memiliki spesifikasi yang cukup baik seperti memori yang besar dan RAM di atas 2 GB.

Cara mengatasi penyimpanan penuh akibat WhatsApp terlalu banyak chat di atas akan membantu Anda untuk membuat ponsel jadi lebih lega. Jadi, tidak ada lagi lemot atau tidak bisa menyimpan apa pun lantaran memori sudah terlalu penuh dengan data dari WA.

Cara yang Anda lakukan di atas tidak hanya bisa dipraktikkan sekali saja. Anda harus melakukannya berkali-kali atau secara berkala. Selama ponsel menjadi lemot karena banyak pesan yang masuk, Anda harus terus melakukan penghapusan secara berkala.

You May Also Like

error: Content is protected !!