5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Checkout di Shopee dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Tidak Bisa Checkout di Shopee

Cara Mengatasi Tidak Bisa Checkout di Shopee – Jika Anda sudah terbiasa checkout di Shopee, mungkin tidak akan kesulitan melakukannya.

Namun marketplace satu ini juga kerap kali mengalami kendala. Misalnya ketika hendak checkout barang yang sudah dipesan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi tidak bisa checkout di Shopee?

Seperti yang telah diketahui, membuat pesanan di Shopee sangat mudah. Anda tinggal memilih barang, checkout, mengisi alamat pengiriman, pilih ekspedisi, lalu metode pembayaran.

Namun tak jarang Shopee bermasalah ketika hendak checkout.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Checkout di Shopee dengan Mudah

Untuk mendapatkan solusi karena tidak bisa checkout di Shopee, Anda perlu mengetahui alasannya terlebih dahulu.

Setiap permasalahan dengan alasan berbeda, tentu solusinya pun berbeda. Oleh karena itu, simak beberapa alasan dan solusi di bawah ini untuk kendala checkout di Shopee.

1. Tidak Bisa Checkout karena Pelanggaran Aturan Shopee

Sama seperti marketplace pada umumnya, Shopee juga memiliki ketentuan yang perlu diikuti. Jadi ketika Anda tidak bisa checkout di marketplace ini, alasannya bisa jadi karena ada ketentuan yang dilanggar.

Oleh karena itu, silahkan periksa kembali apakah ada ketentuan dari Shopee yang dilanggar. Misalnya saat gagal checkout terdapat tulisan “checkout gagal (f01)”, maka Anda tinggal membaca ketentuan f 01 yang ada di Shopee.

Baca juga: Cara Order Shopee Food Dengan Mudah

2. Tidak Bisa Checkout karena Akun Dibatasi

Jika akun Shopee Anda sedang dibatasi, maka beberapa fitur penting memang tidak bisa digunakan. Misalnya ketika hendak bertransaksi membeli atau menjual barang di Shopee. Hal inilah yang menyebabkan pengguna tidak bisa checkout barang incarannya di Shopee.

Untuk mengatasinya sebaiknya pengguna melakukan banding ke pihak Shopee. Dengan demikian, Anda bisa melanjutkan aktivitas belanja di Shopee.

3. Gagal Checkout karena Server Error di Shopee

Nah, mungkin penyebab gagal checkout ini memang bukan kendali Anda. Jadi, kesalahan bisa jadi karena server Shopee memang sedang down. Pada dasarnya, permasalahan error untuk marketplace sebesar Shopee tidak akan berlangsung lama.

Mengingat aplikasi besar tentunya memiliki tim IT yang mumpuni. Oleh karena itu, Anda tinggal menunggu saja sampai server Shopee kembali pulih.

Baca juga: Cara Cek Resi Standard Express Shopee

4. Penyebab Tidak Bisa Checkout karena Metode Pengiriman Tidak Mendukung

Kasus gagal checkout karena ketidaksesuaian jasa ekspedisi memang mungkin saja terjadi. Terutama ketika Anda membeli barang dalam jumlah banyak, lalu menggabungkannya. Apalagi jika barang yang dibeli dari toko yang berbeda, tentunya kendala checkout bisa saja terjadi.

Oleh karena itu, sebaiknya pisahkan barang yang ingin di checkout untuk mengatasinya. Dengan demikian, tagihan dari pesanan akan dipisah. Anda pun bisa melakukan checkout produk incaran dengan lancar.

5. Gagal Checkout karena Aplikasi Shopee Tidak Pernah di Update

Penyebab gagal checkout di Shopee memang tidak selalu diketahui secara langsung. Tak jarang pengguna juga tidak tahu apa yang membuatnya gagal checkout. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan logout terlebih dahulu dari akun Shopee.

Setelah itu, cobalah untuk mengupdate aplikasi marketplace ini ke versi yang terbaru. Anda bisa melakukannya dengan mudah melalui Google Playstore. Dengan mengupdate ke versi terbaru, pengguna bisa menggunakan fitur baru dari Shopee.

Selain itu, kendala gagal checkout bisa diatasi salah satunya dengan mengupdate aplikasi ini. Jika sudah di update, silahkan login kembali menggunakan akun Shopee yang dimiliki. Setelah itu, pilih barang dan lakukan checkout kembali.

Jika masih bermasalah, Anda bisa menanyakannya pada Customer Shopee 24 jam agar tahu dengan jelas penyebab dan cara mengatasinya. Jadi, jangan sungkan untuk memanfaatkan menu Help Center di Shopee ya.

Baca juga: Cara Menaikkan Limit ShopeePaylater

Ulasan mengenai cara mengatasi tidak bisa checkout di Shopee semoga bisa membantu Anda mengatasi masalah ini. Dengan demikian, Anda bisa berbelanja lagi di marketplace terpopuler di tanah air ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!