Cara Mengatasi Shadow Banned TikTok dan Penyebabnya

Cara Mengatasinya Shadow Banned TikTok

Bagaimana cara mengatasi shadow banned TikTok dimana para penonton kita tiba-tiba jadi sedikit dan tidak seperti biasanya? Ini dia solusi dan apa saja penyebabnya.

TikTok adalah salah satu sosial media yang lagi ngehits saat ini, ada banyak pengguna yang memamerkan kemampuan mereka dengan merekamnya di TikTok menggunakan musik yang sudah disediakan.

Tidak jarang beberapa pengguna mendapatkan viewer yang banyak bahkan ada yang sampai jutaan. Umumnya mereka adalah akun TikTok yang sudah besar dan memiliki follower ratusan ribu sampai jutaan.

Bahkan kalau kamu sudah paham kapan waktu upload video TikTok agar masuk FYP, maka mendpatkan viewer yang banyak bukanlah hal yang sulit. Seketika itu langsung trending dan otomatis kebanjiran follower.

Apa itu Shadow Banned TikTok?

Pernahkah kamu merasakan penonton videomu yang awalnya selalu ramai dengan komentar dan juga like sekarang semakin berkurang dan bahkan tidak seperti biasanya? Nah, itu yang dinakaman shadowbanned TikTok.

Shadow Banned TikTok adalah keadaan dimana sebuah akun mengalami penurunan interaksi seperti viewer yang berkurang, like dan komentar yang sedikit. Bahkan saat kita mengupload berama video yang sedang viralpun tidak akan berpengaruh saat itu.

Ciri-Ciri Akun TikTok Terkena Shadowban

Berikut ciri-ciri akun TikTok yang terkena shadow banned:

  • Video tidak muncul di beranda atau feed.
  • Akun TikTok tidak muncul di pencarian.
  • Video TikTok tidak muncul di pencarian.
  • Pengguna lain sulit menemukan video yang Anda buat.

Pokoknya semua akses ke akun TikTok kamu itu seperti dibatasi, seolah kamu ada dalam penjara yang sedang menjalani hukuman entah sampai kapan.

Jadi bisa disebut juga kalau shadow ban TikTok ini adalah pembatasan akun. Lalu apa penyebabnya sehingga kita bisa mendapatkan hukuman tersebut?

Baca ini: Cek Shado Ban TikTok

Penyebab Shadow Banned TikTok

Tentu bukan tanpa sebab sebuah akun mendapatkan hukuman yang disebut Shadow Banned ini. Ada beberapa pelanggaran yang pastinya sudah pernah dilakukan tapi tanpa kita sadari. Maka berikut ini penyebab kenapa TikTok kena Shado Banned.

  • Konten Melanggar Hak Cipta

Video TikTok yang kamu buat melanggar hak cipta misalnya menggunakan lagu original dari orang lain. Dan pencipta lagu tersebut langsung melaporkannya di aplikasi TikTok, otomatis pihak TikTok akan melakukan pengecekan terlebih dahulu dan memberikan hukuman. Biasanya hal ini terjadi pada video yang sudah viral.

  • Konten Mengandung Unsur Dewasa

Pihak TikTok sendiri tidak memperbolehkan penggunanya untuk mempertontonkan hal yang berbau dewasa seperti keterlanjagan, fulgar, kekerasan, sara dan semacamnya. Karena pengguna TikTok juga di dominasi oleh anak-anak dibawah umur.

  • Video Dianggap Spam

Video dengan musik atau dengan tema yang di upload secara banyak untuk memanipulasi agar masuk FYP dan trending sangat tidak disarankan. Apalagi sampai memanfaatkan banyak tagar untuk memaksa masuk ke FYP.

  • Memiliki Unsur Ilegal

Terdapat unsur ilegal misalnya sajam, obat-obatan terlarang dan semacamnya. Hal itu tidak diperbolehkan untuk tayang di aplkasi TikTok, bahkan walau hanya beberapa detik saja.

Namun bukan berarti saat terkena Shadow Ban akun TikTok kalian tidak bisa diselamatkan, tetap saja ada beberapa cara mengatasinya agar akun dapat terlepas dari hukuman tersebut.

Kini kita bisa meghitung perkiraan penghasilan TikTok loh gaes, cek disini => TikTok Money Calculator Indonesia.

Cara Mengatasi Shadow Banned TikTok

  1. Cari video yang kiranya melanggar dan hapus.
  2. Berhenti mengupload video baru sampai 7 hari.
  3. Keluar (logout) dari akun yang terkena shadowban.
  4. Clear cache di aplikasi TikTok.
  5. Hapus aplikasi TikTok dan Instal lagi.
  6. Masuk akun TikTok dan lakukan aktivitas misalnya nonton video orang, memberikan like dan komentar.
  7. Setelah 7 hari tidak mengupload video, coba sekarang upload video satu kali sehari.
  8. Jangan gunakan hashtag dan berikan caption sewajarnya.
  9. Jika dilihat view video dan interaksi sudah normal, selajutnya jangan terlalu sering dulu membuat video sampai semua kembali seperti semula.

Ini bisa juga jadi peringatan kepada kita sendiri bahwa kurangilah menggunakan TikTok secara berlebihan, masih banyak hal positif yang bisa dilakukan misalnya berinteraksi dengan orang disekitar kita dan tidak hanya sibuk dengan smartphone saja.

Baca juga: Cara Upload Video TikTok Durasi Lama Lebih dari 1 Menit

Karena ada beberapa pengguna yang sampai lupa diri dan ngebet banget penge jadi artis TikTok, hasilnya mereka mulai mengurangi interaksi dengan orang lain dan lebih memilih fokus membuat konten padahal itu juga tidak baik bagi diri kita dimasa depan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!