Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dikunci Sementara Karena Phising

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dikunci Sementara Karena Phising

Pernahkah Anda mendengar tentang phishing Instagram? Phishing Instagram merupakan sebuah hal yang merugikan bagi korban. Bila Anda atau ada teman Anda yang terkena phishing Instagram, Anda tidak perlu panik.

Kami akan memberitahukan kepada Anda apa saja yang harus Anda lakukan apabila terkena phishing Instagram serta bagaimana cara mengantisipasi agar hal ini tidak terjadi lagi di kemudian hari. Selengkapnya, simak penjelasan tentang phishing Instagram berikut ini.

Mengenal Tentang Phishing Instagram

Phishing adalah sebuah tindak penipuan yang dapat merugikan bagi korban. Biasanya, phishing dilakukan untuk mendapatkan informasi sensitive atau berharga milik orang lain.

Ada banyak sekali jenis phishing, salah satunya adalah phishing Instagram. Metode phishing Instagram biasanya dilakukan dengan menyebarkan link khusus.

Orang yang mengklik link tersebut akan secara tidak sadar memberikan akses kepada hacker untuk mendapatkan password akun Instagram Anda.

Apabila seseorang terkena phishing Instagram, maka ia tidak akan bisa mengakses akunnya sebab telah diretas oleh hacker. Data-data Anda akan dicuri, termasuk password Instagram, sehingga hal ini tentu merugikan.

Cara Mengembalikan Akun Instagram Dikunci Sementara

Salah satu ciri akun yang terkena phishing adalah dengan dikunci sementara. Hal ini dikarenakan Anda tidak bisa mengakses akun tersebut.

Anda tidak perlu panik dan harus tenang, sebab ada cara yang bisa mengembalikan akun Anda. Berikut ini adalah cara mengembalikan akun Instagram dikunci sementara:

  1. Buka aplikasi Instagram lalu masukkan username Instagram Anda yang terkunci sementara.
  2. Klik opsi Lupa Kata Sandi lalu klik tombol Butuh Bantuan Lainnya.
  3. Klik menu Coba Cara Lain.
  4. Pilih salah satu, nomor ponsel atau email, untuk mengirim kode login.
  5. Klik menu berikutnya.
  6. Pilih opsi ‘ya, saya memiliki foto diri saya di akun saya’.
  7. Klik menu berikutnya dan masukkan alamat email lain yang masih aktif untuk pengganti email tersadap.
  8. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui alamat email baru.
  9. Kirimkan video selfie sesuai dengan arahan dari Instagram.
  10. Klik tombol kirim video.
  11. Tunggu hingga Instagram selesai memprosesnya.

Apabila langkah diatas berhasil, maka Anda akan mendapatkan pesan dari Instagram ke email baru Anda untuk penggantian password.

Pastikan Anda sudah menggunakan aplikasi Instagram versi terbaru untuk menghindari adanya bug dan error.

Baca juga:

Tips Menghindari Phishing Instagram

Jika Anda sudah terkena phishing Instagram satu kali, maka Anda tentu merasa was-was karena takut terkena lagi.

Tenang saja, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghindari phishing Instagram.

Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

  • Tidak klik link sembarangan. Ketika Anda mendapatkan pesan berupa sebuah link, maka Anda harus mencari tahu terlebih dahulu link apakah itu dan siapa yang mengirimkannya. Jangan klik link secara sembarangan sebab bila sudah terlanjur klik, maka Anda akan terkena phishing Instagram.
  • Sering mengubah password. Anda disarankan untuk sering-sering mengubah password akun-akun sosial media Anda. Hal ini bisa membuat peluang Anda terkena phishing Instagram semakin rendah.
  • Nyalakan keamanan tambahan. Anda bisa menambahkan keamanan baru di akun sosial media Anda seperti di Instagram atau WhatsApp. Dengan ini, hacker akan lebih sulit mengakses akun Anda dan Anda memiliki waktu untuk menyelamatkan akun tersebut.

Itu dia penjelasan tentang phishing Instagram dan bagaimana cara mengatasinya. Anda tidak perlu panik apabila Anda mengalami hal ini, sebab selalu ada acara untuk mengatasinya. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.