Cara Menggunakan SiRobo Telegram Sebuah Robot Edukasi

SiRobo Telegram

SiRobo Telegram – Satu dekade telah berlalu setelah pada tahun 2010 yang lalu BlackBerry Messanger berhasil menjadi aplikasi komunikasi yang paling booming. Di tahun 2021 ini, ada semakin banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi jarak jauh. Diantara daftar sosial media tersebut, pasti tercantum nama Telegram.

Telegram merupakan sebuah aplikasi pesan tidak berbayar atau gratis yang diluncurkan pada tahun 2013 lalu. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa berkirim pesan, foto, video, dokumen hingga banyak lagi lainnya.

Aplikasi ini berhasil menarik banyak peminat karena keunggulannya yang dianggap unik dibandingkan para pesaingnya.

Salah satu keunggulan dari Telegram adalah tersedianya BOT. Telegram BOT adalah sebuah robot yang sudah diprogram untuk bisa menjalankan beberapa perintah dari pengguna.

BOT biasanya dioperasikan oleh perangkat lunak dan sudah diprogram untuk memberikan jawaban yang sesuai dengan perintah. BOT yang sedang hits di Indonesia saat ini adalah SiRobo.

Yuk Kenalan dengan SiRobo Telegram

SiRobo merupakan sebuah BOT Telegram yang berbasis edukasi. Tidak hanya menarik dari segi tema, BOT ini juga sudah menggunakan teknologi IoT atau Internet of Things.

Melalui sebuah konferensi yang diadakan di Semarang beberapa waktu yang lalu, SiRobo merupakan singkatan dari Smart Indonesian Robot.

SiRobo ini patut mendapatkan apresiasi dari masyarakat luas. Mengapa demikian? BOT canggih ini ternyata bukan buatan dari perusahaan besar, melainkan dari kumpulan mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang.

Pada awal perintisan, BOT ini berada dibawah naungan Inkubator Undip. Kini, SiRobo sudah bermetamorfosis menjadi perusahaan start-up dengan layanan penjualan produk robot edukasi.

Cara Menggunakan SiRobo Telegram

Berikut adalah langkah yang harus Anda lakukan agar bisa mencoba beragam fitur dari Sirobo:

  • Mengunduh Aplikasi

Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi sirobo terlebih dahulu. Anda bisa mengunduhnya di Play Store dengan ukuran hanya 20 MB saja.

Jika sudah terunduh, Anda bisa langsung masuk tanpa login ataupun registrasi. Akan ada 3 pilihan fitur yang bisa Anda coba, yakni Ayo Main, Ayo Rakit dan Ayo Program.

Untuk sementara, pilihan fitur Ayo Belajar masih dalam tahap coming soon.

  • Fitur Ayo Main

Untuk fitur Ayo Main, Anda harus membeli perangkat robot Sirobo terlebih dahulu. Barulah Anda bisa mengontrolnya melalui ponsel dengan cara menghubungkan kedua perangkat.

  • Fitur Ayo Rakit

Dalam fitur Ayo Rakit, Anda akan diajak bagaimana cara merakit robot. Anda akan ditunjukkan nama-nama komponen robot dan bagaimana cara merakitnya dengan lengkap.

  • Fitur Ayo Program

Sesuai namanya, Anda akan diajak untuk memprogram agar robot Anda bisa bergerak dengan baik. Anda bisa mengikuti instruksi yang ada. Untuk fitur ini, pastikan handphone yang Anda gunakan sudah kompatibel ya.

Baca juga:

Itu dia cara menggunakan Sirobo. Untuk BOT Telegram Sirobo sementara hanya bisa digunakan untuk berkirim pesan secara langsung dengan Robo. Sangat menarik bukan?

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!