Cara Menggunakan Termux untuk Pemula

Cara Menggunakan Termux

Termux adalah sebuah aplikasi berbasis Android berbentuk terminal yang dapat digunakan untuk menjalankan seluruh bahasa pemrograman, seperti Python, PHP, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Termux juga dapat digunakan untuk menjalankan sistem operasi Linux. Namun, banyak orang awam yang belum mengetahui cara menggunakan Termux ini karena memang masih terdengar cukup asing.

Secara singkat, Termux berfungsi sebagai tool yang dapat menginstal dan menjalankan sebuah program dalam bentuk script maupun project.

Termux menjadi pilihan banyak orang karena ukuran filenya yang cukup kecil, hanya 17 MB saja. Agar Anda lebih paham lagi, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai cara untuk menggunakan aplikasi Termux.

Cara Menginstal Aplikasi Termux

  1. Langkah pertama yaitu membuka aplikasi Google Play Store di perangkat Anda.
  2. Setelah itu cara aplikasi Termux di kolom pencarian.
  3. Jika sudah ketemu, tap tombol Install.
  4. Jika aplikasi Termux sudah terbuka, langkah selanjutnya adalah menunggu hingga proses instalasi di dalam aplikasi Termux selesai.
  5. Jika proses instalasi sudah selesai, maka tampilan awalnya akan berupa beberapa informasi yang mirip seperti bentuk perintah.

Cara Menggunakan Aplikasi Termux

1. Memasukan Perintah Ke Aplikasi Termux

Karena fungsinya untuk menjalankan bahasa pemrograman, tentunya aplikasi Termux hanya dapat bekerja jika mendapatkan perintah. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan keyboard di perangkat yang digunakan untuk menuliskan perintah.

Untuk perintah yang dimasukan bisa sesuai yang Anda inginkan. Terdapat beberapa perintah dasar Termux beserta fungsinya seperti di bawah ini.

  • ls = Menampilkan isi file
  • cd = membuka directory
  • pkg install <nama paket> = melakukan instalasi paket pemrograman
  • apt list = menampilkan seluruh paket pemrograman yang telah terinstall dan tidak

Seluruh perintah yang Anda masukan harus ditulis dengan huruf kecil. Jika sudah menulis perintah, Anda dapat menekan tombol Enter untuk menjalankan perintah tersebut.

2. Menginstall Package dan Module

Termux sendiri membutuhkan package dan module agar dapat menjalankan sebuah program. Terdapat beberapa jenis package yang banyak digunakan, seperti python, php, wget, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk jenis module, seperti mechanize, request, bs4, dan masih banyak lagi. Anda dapat menginstal package dan module tersebut sesuai dengan program atau script yang ingin dijalankan nantinya.

Setiap script dari Termux memiliki jenis package dan module yang berbeda-beda, jadi Anda dapat menginstal package dan module sesuai yang dibutuhkan saja.

3. Clone File Script

Dengan bantuan Github sebagai layanan host web, Anda dapat menyimpan kode dari sebuah project, tidak terkecuali script Termux. Sebagai langkah awalnya, Anda perlu menginstal package git lalu menuliskan perintah git clone yang diikuti dengan alamat dari script tersebut.

4. Menjalankan Script yang Sudah Terinstall

Setelah berhasil melakukan clone file script, langkah selanjutnya yaitu mulai untuk menjalankan script tersebut. Anda dapat mengeksekusi file utama dari script itu dengan membuka folder dari script tersebut.

5. Selesai

Setelah Anda berhasil untuk mengeksekusi file script tersebut, maka script akan berjalan dengan tampilan awal yang berbeda-beda, tergantung dari pembuat script tersebut. Setelah ini, Anda dapat memilih menu dan memasukan beberapa data yang diminta oleh script.

Untuk memilih menu dan memasukan data, dapat menggunakan bantuan dari keyboard yang tersedia di perangkat Android yang digunakan.

Baca juga: 7 Aplikasi Hacker di Android yang Cocok untuk Pemula

Walaupun sedikit rumit, cara menggunakan Termux dapat Anda pelajari secara terus menerus agar dapat menguasainya dengan mudah. Cara ini dapat Anda gunakan untuk berbagai macam, seperti menjalankan bot, mengakses internet tanpa menggunakan Java script, dan masih banyak lagi.

You May Also Like

error: Content is protected !!