Cara Menghilangkan Rekomendasi Aplikasi yang Mengganggu di Xiaomi

Cara Menghilangkan Rekomendasi Aplikasi yang Mengganggu di Xiaomi

Kalau Anda pengguna lama Xiaomi, pasti tidak asing lagi dengan cara menghilangkan rekomendasi aplikasi yang mengganggu. Cara ini dilakukan agar aplikasi yang mendapatkan promote tidak terus muncul setiap hari dan memenuhi notifikasi dan layar pada ponsel.

Dari semua jenis ponsel Android yang ada, hanya Xiaomi yang memberikan Promote Apps. Umumnya, aplikasi ini yang belum ada atau terpasang di HP. Namun, tersedia di fitur installer yang dimiliki oleh Xiaomi. Kalau Anda ingin menghilangkan rekomendasi itu, simak selengkapnya.

Cara Menghilangkan Rekomendasi Aplikasi yang Mengganggu

Rekomendasi aplikasi yang terus muncul di notifikasi tentu sangat mengganggu, Apalagi munculnya cukup random setiap hari dan membuat pengguna jadi merasa tidak nyaman. Nah, untuk menghilangkan Promote Apps itu, Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini secara runut.

1. Mematikan Aplikasi Get Apps

Get Apps adalah aplikasi bawaan dari Xiaomi yang secara umum mirip sekali dengan Playstore. Di negaranya sana, Playstore tidak bisa dipakai sehingga aplikasi pengganti disediakan. Sayangnya, aplikasi ini sering sekali membuat masalah karena kerap memunculkan notifikasi palsu.

Begitu ada notifikasi muncul di layar, ternyata berasal dari aplikasi ini. Mereka merekomendasikan aplikasi tertentu dengan caption yang menarik. Beberapa orang yang tidak sadar, mungkin akan menekannya dan akhirnya terbawa masuk. Untuk mematikannya, lakukan langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke Settings.
  2. Gulir ke bawah sampai menemukan Apps atau Aplikasi.
  3. Karena Get Apps termasuk aplikasi yang dimiliki oleh sistem, Anda harus masuk ke System Apps. Cari Get Apps di sana.
  4. Setelah masuk, segera tekan Forced Close.

Sampai di sini, aplikasi bawaan tidak akan bisa bekerja kembali. Anda tidak bisa menghapus aplikasi bawaan, jadi mematikan kinerjanya adalah cara yang tepat.

Baca juga: Cara Masuk Recovery Mode Xiaomi

2. Mematikan Promote Apps

Sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk mematikan Promote Apps. Berikut langkah yang bisa dilakukan:

  1. Masuk ke salah satu folder yang di dalamnya terdapat banyak aplikasi. Biasanya di bagian bawah dari aplikasi lain akan ada promotes apps.
  2. Bagian atas dari promote apps akan ada roda gerigi yang bisa ditekan. Itu adalah Settings dari promote apps.
  3. Karena Anda ingin mematikannya, geser tombolnya agar tidak aktif. Sampai sini, promote apps tidak akan muncul kembali.
  4. Kalau di kemudian hari muncul lagi promote apps, Anda bisa kembali mematikannya menggunakan cara di atas sekali lagi.

Promote Apps dan Salah Pencet

Ada dua alasan sebenarnya banyak dari pengguna Xiaomi merasa kesal dengan promote apps atau notifikasi rekomendasi. Pertama, memenuhi notifikasi dan layar. Apalagi jenis aplikasi yang direkomendasikan tidak sesuai dan tidak Anda sukai.

Selanjutnya adalah masalah salah pencet. Ada kalanya saat membuka folder dan menemukan deretan aplikasi baru, Anda bisa tidak sengaja menekannya. Efek dari hal ini adalah Anda jadi melakukan proses pemasangan secara otomatis.

Apabila rekomendasi muncul pada bagian atas alias notifikasi HP, kemungkinan mengalami salah pencet juga akan besar. Kalau Anda menekannya, aplikasi Get Apps akan terbuka dan meminta Anda melakukan pemasangan aplikasi.

Cara menghilangkan rekomendasi aplikasi yang mengganggu bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan menonaktifkan dari folder. Jadi, begitu folder dibuka, tidak ada lagi rekomendasi aplikasi yang muncul sehingga Anda tidak salah pencet.

Baca juga: Cara Backup Data Xiaomi ke PC

Hal senada juga terjadi kalau Get Apps yang bawaan Xiaomi aktif. Notifikasi berupa aplikasi akan muncul dan mengganggu. Cara di atas hanya dipakai untuk sementara saja. Ada kalanya notifikasi akan muncul kembali dan Anda wajib melakukan proses forced close atau dinonaktifkan.

You May Also Like

error: Content is protected !!