Cara Mengirim Motor Via Pos Lengkap dengan Biaya

Cara Mengirim Motor Via Pos Lengkap dengan Biaya

Tidak semua orang kuat melakukan perjalanan antar provinsi menggunakan motor. Itulah kenapa, beberapa orang mencari tahu cara mengirim motor via pos lengkap dengan biaya. Hal ini dilakukan agar di kota tinggal mereka bisa menggunakan motor yang awalnya di luar kota.

Hal ini sering sekali dilakukan oleh mahasiswa yang kuliah di luar kota. Misal mahasiswa dari Jakarta yang melakukan kuliah di Malang atau Jogja. Daripada repot naik motor dari kota asal, lebih baik motornya di kirim saja via pos.

Cara Mengirim Motor Via Pos Lengkap dengan Biaya

Kalau Anda ingin melakukan pengiriman sepeda motor ke luar daerah dengan menggunakan Pos, ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Anda harus datang langsung ke kantor Pos Indonesia terdekat.
  • Sepeda motor yang akan dikirim ikut dibawa serta.
  • Antre di loket pengiriman khusus dan lakukan tanya jawab di sana.
  • Jika sudah mengerti, Anda bisa mengisi formulir pengiriman sampai lengkap.
  • Tim dari Pos akan melakukan pemeriksaan kelengkapan sepeda motor dan dokumen lainnya.
  • Tim akan memberikan data ke loket untuk dihitung biayanya.
  • Jika setuju, Anda bisa melakukan pembayaran ongkos kirim dan biaya lainnya.
  • Anda memperoleh resi atau AWB.

Sampai sini proses selesai dan Anda tinggal menunggu barang dikirim sampai ke tujuan. Cek resi secara berkala untuk melihat posisi dari sepeda motor.

Aturan Pengiriman Via Pos

Pengiriman dengan menggunakan Pos memiliki beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh semua pengirim. Berikut aturan selengkapnya:

  • Berat dari sepeda motor maksimal adalah 150 kg. Lebih dari itu tidak bisa dilakukan pengiriman dengan jasa kirim standar.
  • Ukuran mesin dari kendaraan yang bisa dikirim adalah 250 cc. Jadi, kalau mau mengirim kendaraan balap tidak bisa dilakukan di kantor Pos.
  • Hanya bisa mengirim roda dua saja, roda tiga tidak bisa dikirim.
  • Jenis motor yang bisa dikirim adalah sport, motor gede, vespa, bebek, dan matic.
  • Pengiriman 14 hari.

Cek harga bisa dilakukan kalau sudah di kantor Pos dan dilakukan pengecekan. Harga juga dipengaruhi dengan jenis barang dan kondisinya. Jadi, tidak ada perkiraan harga yang bisa diakses online.

Kelebihan Kirim Via Pos

Mengirim via Pos memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan via ekspedisi lainnya. Kelebihan itu terdiri dari:

1. Layanan Sampai ke Kota Kecamatan

Pos menjangkau sampai ke kota kecamatan, tidak hanya tingkat kota atau kabupaten saja. Jadi, pengiriman tidak akan menyulitkan kalian dalam hal pengambilan. Karena masih sekecamatan, lokasi kantor Pos tidak akan jauh.

2. Armada Banyak dan Berpengalaman

Armada yang dimiliki oleh Pos ada banyak dan hampir semuanya berpengalaman dengan area pengirimannya. Apalagi Pos juga termasuk badan usaha milik pemerintah, jumlah pegawainya melimpah sampai ke pelosok dan profesional.

3. Tarif yang Lebih Miring

Meski tidak semuanya, tarif pengiriman barang termasuk sepeda motor dengan menggunakan Pos umumnya cenderung lebih murah. Jadi, bisa diandalkan untuk mengirimkan kendaraan roda dua dengan berat di bawah 150 kg per unitnya.

Cara mengirim motor via Pos lengkap dengan biaya akan membantu Anda kalau ingin mengirim barang berat jarak jauh. Jadi, tahu mana yang bisa dikirim dan mana yang tidak bisa dikirim. Misal kategori motor yang masuk ke hitungan 100 kg atau 150 kg.

Untuk masalah biaya, tidak ada pengecekan atau informasi dari situs mana pun termasuk milik Pos sendiri. Umumnya, akan ada perbedaan biaya pengiriman di masing-masing kantor. Jadi, harus datang lebih dahulu ke Pos untuk dicek atau ditanyakan langsung.

You May Also Like

error: Content is protected !!