Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo

Mengetahui cara mengunci aplikasi di HP Vivo akan membantu Anda untuk meningkatkan privasi. Jadi, saat orang lain meminjam ponsel, mereka tidak bisa dengan sembarangan membuka aplikasi yang sifatnya pribadi, misal WA, aplikasi office untuk bekerja, sampai aplikasi dating.

Cara untuk mengunci kurang lebih ada dua jenis pada HP Vivo. Pertama, mengunci dengan memanfaatkan aplikasi. Kedua, mengunci dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Mana pun yang nantinya Anda pilih, semua memberikan jaminan privasi yang lebih besar.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo

1. Menggunakan Pengaturan HP

Vivo sudah menyediakan fitur enkripsi untuk membuat aplikasi tidak bisa dibuka dengan sembarangan. Cara mengaktifkan pengaturan itu bisa Anda simak di bawah ini:

  1. Buka Setting atau Pengaturan di HP Vivo jenis apa pun.
  2. Selanjutnya, beralih ke Keamanan atau Security.
  3. Cari menu Privasi dan Enkripsi Aplikasi di dalam halaman itu.
  4. Pilih kata sandi atau pola yang dipakai untuk keamanan. Lakukan set dengan baik agar tidak salah dan membuat aplikasi sulit dibuka.
  5. Pilih aplikasi yang akan dikunci, ubah slider jadi biru untuk mengaktifkan.
  6. Sampai sini, begitu membuka app tertentu di HP, Anda harus memasukkan kata kunci yang tepat.

Baca juga: Cara Menampilkan Merek HP di Kamera Vivo

2. Pakai Aplikasi Smart AppLock

Aplikasi pihak ketiga bisa dipakai juga untuk mengunci aplikasi bawaan dan juga aplikasi yang dipasang. Simak cara mudahnya di bawah ini.

  1. Pastikan sudah mengunduh dan memasang Smart AppLock. Anda bisa mendapatkannya secara gratis dan resmi di Playstore.
  2. Setelah terpasang, buka aplikasi dan setujui semua permintaan aksesnya.
  3. Jika sudah, Anda akan diminta memasukkan kata sandi, pola, atau bisa menggunakan fingerprint.
  4. Akan muncul banyak aplikasi, aktifkan slider jadi biru pada aplikasi yang ingin disisipi pengunci.
  5. Selanjutnya tekan add atau tanda plus.
  6. Aplikasi sudah terlindungi dengan kata kunci atau mode penguncian lain.

Ulangi cara di atas secara terbalik kalau ingin mematikan pengunci.

Tips Mengunci Aplikasi di HP Vivo

Mengunci aplikasi sebenarnya bisa menguntungkan dan merugikan. Kalau Anda selalu hafal kata kunci atau pola, cara ini bisa melindungi privasi. Sebaliknya kalau sering lupa kata kunci, bisa membuat Anda repot sendiri. Untuk itu, pakai beberapa tips di bawah ini.

1. Set Kata Kunci yang Pas

Maksud dari membuat kata kunci yang pas ini adalah password yang tidak terlalu panjang dan pendek. Kalau kata kunci terlalu panjang, risiko Anda melupakannya akan besar. Kalau terlalu pendek, risiko orang lain tahu atau bisa menebak akan besar.

2. Hindari Kata Kunci yang Mudah Ditebak

Jangan sesekali menggunakan password yang mudah sekali ditebak seperti menggunakan tanggal lahir, nama orang penting, atau kombinasi lainnya. Buat yang orang lain tidak akan kepikiran kalau akan memakai kata itu.

3. Buat Backup Kata Kunci

Kalau tetap ingin menggunakan kata kunci yang panjang, Anda disarankan untuk membuat backup data. Misal dengan menulisnya di catatan atau email yang orang lain tidak akan bisa membukanya.

Cara mengunci aplikasi di HP Vivo ternyata ada cukup banyak dan bisa dipilih sendiri sesuai dengan keinginan. Kalau memang memori HP sedang habis, bisa pakai cara pertama dengan memanfaatkan enkripsi yang dilakukan sendiri oleh sistem ponsel.

Baca juga: Aplikasi Bawaan Vivo yang Boleh Dihapus

Kalau ingin cara yang lebih fleksibel dan bisa diatur sendiri sesuai dengan preferensi, gunakan aplikasi pihak ketiga. Semua cara di atas akan memberikan kata sandi pada aplikasi dan ada yang bisa menyembunyikannya. Jadi, hanya orang yang tahu kata kunci saja yang dapat masuk.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!