Begini Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam

1 min read

Cara Menitipkan Lamaran Kerja Ke Satpam – Lamaran kerja merupakan pengajuan yang diberikan seseorang untuk sebuah perusahaan. Didalamnya terdapat dokumen pribadi pelamar yang sangat lengkap.

Butuh beberapa perjuangan untuk membuat surat lamaran tersebut karena penulisannya harus rapih dan detail. Banyak hal yang harus diperhatikan untuk membuat surat lamaran tersebut.

Cara Menitipkan Lamaran Kerja

Saat mendatangi perusahaan tersebut, pelamar akan bertemu dahulu dengan satpam. Nah, agar tidak terlalu lama surat lamaran tersebut sebaiknya dititipkan kepada satpam untuk disampaikan kepada yang berwenang.

Baca juga : Tujuan Karir

Walaupun dititipkan di satpam, tetap saja ada cara dan etika yang benar. Jangan sampai Anda malah di usir oleh satpam tersebut. Beberapa cara menitipkan lamaran kerja ke satpam berikut ini bisa Anda coba.

Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam

1. Berpakaian Rapih dan Penampilan Menarik

Tak hanya saat bekerja nanti, pada saat melamar pekerjaan pun penampilan Anda akan menjadi penilaian. Walaupun Anda menitipkan lamaran ke satpam, Anda juga harus memperhatikan hal ini.

Saat satpam tersebut memberikan surat lamaran ke atasannya, ia akan ditanya bagaimana orang yang memberikan surat lamarannya tersebut.

Selain itu, jika penampilan Anda asal-asalan maka satpam tersebut juga tidak akan begitu “respect” dengan Anda.

Atau mungkin bisa saja karena kurang enak di pandang, surat lamaran Anda akhirnya tidak diterima oleh satpam. Jadi, pastikan Anda melakukan cara menitipkan lamaran kerja ke satpam yang satu ini.

2. Tutur Kata yang Baik dan Sopan

Berikutnya, saat mendatangi satpam di sebuah perusahaan maka Anda wajib berbahasa yang baik dan sopan. Saat sampai di pos satpam, pertama kali Anda haru mengucap salam terlebih dahulu dan mengucap kata permisi kepada satpam.

Jika informasi lowongan pekerjaan sudah jelas adanya, maka Anda tidak perlu tanyakan kembali kebenarannya pada satpam tersebut.

Sebab, tidak semua satpam tahu betul tentang informasi lowongan pekerjaan. Anda boleh langsung saja memberikan surat lamaran kerja kepada satpam dengan menambahkan kalimat minta tolong yang sopan.

Nah, jika kalimat yang digunakan enak didengar, maka satpam pun pasti akan menerimanya dengan baik pula. Jangan lupa ucapkan terimakasih jika sudah selesai.

3. Jangan Terlalu Banyak Bertanya Hal yang Tidak Perlu

Cara menitipkan lamaran kerja ke satpam yang satu ini memang cukup berpengaruh untuk surat lamaran kerja Anda. Jika Anda terlalu banyak bertanya kepada satpam mengenai surat lamaran Anda, bisa saja satpam tersebut tidak merasa nyaman.

Apalagi hal yang ditanyakan ialah hal yang tidak perlu dan bukan kapasitas satpam untuk menjawabnya. Hal itu hanya akan membuat Anda terlihat sebagai orang yang terlalu buang waktu.

Sebab, seorang satpam pastinya memiliki kedisiplinan yang tinggi terutama mengenai waktu. Apalagi jika ada tugas lain yang harus ia kerjakan.

Tentunya kedatangan Anda untuk menitipkan lamaran pekerjaan jangan sampai mengganggu waktunya. Jika ia merasa terganggu, mungkin saja surat lamaran Anda tidak ia terima.

4. Menjaga Etika

Cara menitipkan lamaran kerja ke satpam berikutnya ialah selalu menjaga etika. Misalnya, saat memberikan surat lamaran Anda jangan sambil merokok.

Walaupun satpam itu sendiri seorang perokok, namun akan lebih sopan lagi jika kita memberikan lamaran tidak sedang merokok.

Selain itu, Anda jangan sampai berlebihan saat berbicara seolah sudah mengenal lama dengan satpam. Karena hal itu bisa membuat satpam merasa risih.

Itulah beberapa cara menitipkan lamaran kerja ke satpam yang baik dan sopan.

Cara tersebut perlu Anda terapkan agar lamaran Anda sampai ke atasan di perusahaan tersebut. Jika dari awal sudah kurang baik, bisa jadi satpam tidak akan memberikan lamaran kerja tersebut kepada atasannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *