Cara Upload Video di Instagram Agar Tidak Pecah

Cara Upload Video di Instagram Agar Tidak Pecah

Menurut We Are Social, Hootsuite, 2020 Instagram menjadi sosial media nomor 4 yang paling banyak di akses di Indonesia. Ini membuktikan bahwa pengguna sosial media berbasis foto dan video pendek tersebut semakin digemari oleh orang-orang.

Tidak heran jika IG (sebutan keren instagram) terus mengembangkan fitur baru agar pengguna selalu betah dengan platform tersebut. Salah satunya adalah instagram story, fitur ini dapat memberikan efek yang cukup bagus apalagi saat digunakan oleh akun olshop untuk mempromosikan produk mereka.

Di instastory ini tidak hanya berbentuk foto saja yang bisa kita upload, namun dalam bentuk video juga bisa kita unggah. Akan tetapi sayang sekali banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa hasil upload video di isntagram pecah dan tidak sebagus sebelum di upload.

Hal itu disebabkan oleh sistem kompresi yang digunakan oleh instagram yang berguna untuk menghemat penyimpanan awan mereka dan juga untuk menghemat bandwidth. Coba saja bayangkan dengan pengguna dari seluruh dunia dan mereka tidak menerapkan sistem kompresi, maka bisa jebol semua storage yang mereka miliki.

Juga dengan sistem kompresi yang baik semua lalu lintas trafik dapat dikendalikan dengan aman, agar sewaktu-waktu jika ada masalah, pihak IG dapat menyelesaikannya secepat mungkin.

Akan tetapi tenang saja karena kita masih bisa memaksimalkan upload video di instagram agar tidak pecah, caranya adalah sebagai berikut ini:

Rekam Video dengan Kualitas Tinggi

Pastikan kamu merekam video dalam kualitas tinggi, usahakan untuk menggunakan handphone dengan kamera yang beresolusi tinggi. Kalau memang memadai, kalian bisa gunakan iPhone karena hasilnya lebih bersih dan bagus.

Kriteria Video Instagram

Sangat penting bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu format dan spesifikasi video yang tepat untuk di upload ke instagram story. Format video terbaik adalah MP4, dengan spesifikasi seperti dibawah ini:

  • 500 kbps bitrate untuk ukuran video
  • Frame rate 30 fps ( frame per second)
  • Ukuran maksimum file 15 MB
  • Durasi video Instagram maksimal 60 detik
  • Ukuran video Instagram 4:5 (864 x 1080 piksel)

Supaya hasilnya lebih maksimal lagi silahkan kalian edit videonya terlebih dahulu di Laptop sebelum di upload. Perlut diketahui bahwa ukuran ditas juga bisa digunakan untuk membuat video Instagram TV / IGTV.

Setelan Kamera Smartphone

Pastikan kamu juga sudah mengatur kamera ponsel agar berada dalam resolusi terbaik. Pengaturan ini dapat kalian temukan di setelan kamera, atur resolusinya sampai maksimal.

Koneksi Internet Cepat

Gunakan koneksi terbaik agar proses upload berjalan lancar, kalian bisa menggunakan koneksi wifi untuk hasil terbaik. Namun meskipun sudah wifi sekalipun, kalian harus tetap mengeceknya apakah koneksi tersebut sudah stabil atau belum?

Jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa durasi video kamu sudah sesuai dengan ketentuan upload insta story, karena jika lebih dari sedetik saja maka upload tidak akan berjalan.

Baca juga: Aplikasi Like Instagram

Begitulah beberapa tips atau cara upload video di instagram tanpa pecah dan tetap dalam bentuk HD, semoga tips ini bermanfaat dan silakan share jika membantu ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *