10 Dasa Darma Pramuka dan Artinya (Makna & Kandungan)

3 min read

Dasa Darma Pramuka – Anda mungkin sudah sering kali mendengar tentang Dasa Darma. Sepuluh poin penting yang selalu ada dalam Pramuka ini pasti dikuasai oleh pencinta kegiatan yang satu ini.

Kesepuluh poin memiliki makna mendalam sehingga membuat para anak pramuka menjadi lebih disiplin, berani, dan setia.

Dasa Darma Pramuka

Sebuah pedoman yang sering dijadikan tolak ukur seorang pramuka agar bisa menjadi lebih baik yakni poin ini mengandung makna yang sangat berarti.

Dasa Darma Pramuka:

  • Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
  • Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  • Patriot yang sopan dan kesatria.
  • Patuh dan suka bermusyawarah.
  • Rela menolong dan tabah.
  • Rajin, terampil dan gembira.
  • Hemat, cermat dan bersahaja.
  • Disiplin, berani dan setia.
  • Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
  • Suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan.

Nah di bawah ini akan dijelaskan informasi tentang kandungan makna Dasa Dharma Pramuka.

Baca juga : Sejarah Pramuka Indonesia

10 Dasa Darma Pramuka dan Artinya

1. Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa 

Poin ini menjelaskan kalau kita sebagai seorang yang beragama harus menjalankan kewajiban yang sudah diperintahkan dalam agama masing-masing.

Terlebih dalam kegiatan pramuka biasanya kita disibukkan oleh kegiatan yang padat dan waktunya terbatas.

Kita bisa mengambil sebuah kesimpulan, sesibuk apapun kegiatannya jangan sampai lupa dengan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Cinta Alam dan Dapat Dipercaya

Sebagai Warga Negara Indonesia harus menjaga dan cinta lingkungan sekitar, terlebih dalam menjaga keasrian alam Indonesia.

Jangan sampai kita mengotori lingkungan seperti membuang sampah sembarangan. Sikap ini harus kita jaga sejak dini untuk tidak melakukan kerusakan lingkungan karena perbuatan tersebut.

Tak hanya itu kita juga harus menjalin komunikasi dan Sosialisasi terhadap masyarakat sekitar pentingnya menjaga lingkungan.

Untuk menjalin sebuah komunikasi yang baik terhadap sesama kita tanamkan sifat kasih sayang sesama manusia dalam diri kita masing-masing, karena dengan sifat ini kita bisa menjalin sebuah keakraban dan mendorong rasa tolong menolong terhadap sesama yang saling membutuhkan.

3. Patriot yang Sopan Dan Kesatria

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Patriot merupakan Pencinta (pembela) tanah air.

Dalam hal ini kita sebagai seorang anggota pramuka harus memiliki jiwa semangat membela NKRI dan ikut menegakkan keadilan yang ada Layaknya seperti seorang Kesatria.

Kita harus berani mengatakan Tidak kepada yang salah dan berani mengatakan Iya kepada yang Benar, karena sesuatu yang kita jalankan dengan tidak jujur itu akan membinasakan diri kita sendiri sebab segala sesuatu itu dipertanggung jawabkan.

Kita buktikan kepada masyrakat sekitar bahwa pramuka itu memberikan perubahan yang baik dalam sikap,tampilan dan pola pikir yang lebih ke depan.

4. Patuh dan Suka Bermusyawarah

Sebagai seseorang yang hidup didunia ini, kita tidak terlepas dari sebuah aturan.

Karena sebuah peraturan dibuat bukan untuk dilanggar melainkan untuk membuat seseorang tersebut lebih teratur,tertib dan tidak se-enaknya sendiri, Nah dalam sebuah organisasi pun seperti itu terutama Pramuka.

Kita diajarkan untuk selalu patuh dalam setiap hal yang dirasa itu, memberikan pengaruh yang baik terhadap diri kita.

Karena tujuan sebuah musyawarah ini adalah mengambil sebuah keputusan bersama dan menyatukan perbedaan pendapat.

5. Rela Menolong dan Tabah

Maksud dari poin kelima Dasa Darma Pramuka ini kita sebagai makhluk sosial, harus memiliki jiwa saling tolong menolong antar sesama sehingga tercipta keadaan yang harmonis.

Hal ini harus didasari oleh hati yang ikhlas dalam menolong tidak mengharapkan imbalan ataupun hanya sekedar ingin terlihat baik di mata orang lain.

Intinya Saling Tolong menolong antar sesama apabila ada yang sedang kesusahan dan Tabah lah dalam setiap cobaan yang diberikan.

Terlebih lagi dalam kegiatan Pramuka kita harus saling membantu dan senantiasa Tabah maupun Iklas dalam segala Hal. Seperti Kata-kata yang sering kita dengar “Iklas Bakti Bina Bangsa, Berbudi Bawa Laksana”.

Baca juga : 45 Butir Pancasila

6. Rajin, Trampil dan Gembira

Maksud poin keenam Dasa Darma Pramuka yakni mencerminkan seorang pramuka berbeda dari yang lain, Yaitu memiliki jiwa Rajin yang menunjukan seorang pramuka itu bukan lah orang yang bermalas-malasan dan memiliki jiwa Trampil dalam hal apapun.

Sebagai serorang pemuda kita harus memiliki jiwa semangat yang tinggi.

Mumpung masih muda gunakan waktu semaksimal mungkin untuk mencari sebuah pengalaman dan menebarkan sebuah kebaikan.

Terampil lah dalam segala aspek kehidupan yang membuat kita itu dibutuhkan dalam masyarakat, bukan sekedar hanya terlihat dan tidak memiliki manfaat.

Nah itulah yang akan membuat hidup kita lebih bahagia dan terkesan istimewa.

7. Hemat, Cermat dan Bersahaja

Hemat di sini memiliki arti menggunakan segala sesuatu sesuai kebutuhan atau tidak berlebihan, nah ini juga merupakan pelajaran yang sangat berarti dalam hidup kita.

Kita harus pandai atau cermat dalam menggunakan sesuatu agar sesuatu itu tidak merugikan kita ke depannya.

Kita sebagai seseorang pramuka harus senantiasa memiliki sifat sederhana. Jangan sombong dengan materi yang kalian miliki, jangan sombong dengan pengalaman kalian yang setinggi gunung.

Jadilah orang yang tidak pelit dalam berbagi ilmu dan pengalaman, Karena ilmu akan lebih berguna apabila ada orang lain yang memiliki ilmu itu juga. Tetaplah sederhana dalam tampilan tapi berkualitas dalam sebuah tindakan. 

8. Disiplin, Berani dan Setia

Terkadang banyak yang berpikir bahwa Pramuka itu tidak memiliki manfaat, tapi mereka salah.

Terlepas dari konteks itu kedisiplinan ini mengajarkan hal yang sangat berharga dalam hidup kita kalau kita pandai dalam mengambil hikmah di dalamnya.

Disiplin akan membuat kita lebih teratur dan menghargai waktu. Kita harus berani mengambil keputusan di dalam waktu yang sangat mepet, di sinilah kita harus memiliki sifat berani.

9. Bertanggung Jawab dan Dapat Dipercaya

Dasa Darma Pramuka poin kesembilan ini memiliki arti orang akan dipercaya apabila dia bertanggung jawab tapi sebaliknya apabila tidak bertanggung jawab jangan harap akan diberi sebuah kepercayaan lagi.

Jadilah orang yang amanah dalam menjalankan sebuah Tanggung Jawab, karena Sebuah Tanggung Jawab ini menentukan kita pantas untuk dipercaya atau tidak.

10. Suci dalam Pikiran, Perkatan dan Perbuatan

Apabila kita berpikir baik secara tidak langsung perkatan dan perbuatan kita juga akan baik, untuk itulah kita harus bisa mengontrol pikiran kita untuk senantiasa berpikir yang positif.

Kita harus tahu mana yang benar dan mana yang buruk, Agar kita terhindar dari sesuatu yang dapat menyesatkan kita. Jadilah pribadi yang baik dalam segala aspek kehidupan yang bisa dijadikan contoh oleh orang sekitar.

Kesimpulannya sebenarnya dari Dasa Dharma Pramuka ini kita dapat memperoleh ilmu yang sangat luar biasa.

Dasa Dharma ini mengajarkan kita bagaimana agar hidup kita lebih baik dan memiliki karakter, sopan santun.

Baca juga : Komponen Peta

Semangatlah dalam Pramuka jadikan pramuka ini sebagai ladang amal kita untuk menyebarkan kebaikan. Jangan berpikir untuk mencari sebuah Popularitas atau hanya ingin dikenal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *