Janji Pramuka Siaga (Lengkap) Beserta Arti dan isinya

Janji Pramuka Siaga disebut sebagai Dwi asatya. Satya berarti janji dan Dwi berarti dua.

Untuk golongan Pramuka Siaga, para anggota Pramuka masih menggunakan 2 janji saja, sementara untuk golongan di atasnya; Pramuka Penegak, Pramuka Penggalang dan Pramuka Dewasa sudah menggunakan janji yang dinamai dengan Tri Satya (3 Janji).

Berikut ini adalah isi dari janji Pramuka Siaga yang harus Anda hafalkan jika Anda adalah golongan dari Pramuka Siaga.

Bunyi Janji Pramuka Siaga: Dwi Satya

Demi kehormatanku, aku berjanji dan bersungguh-sungguh:

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan mengikuti tata krama keluarga.
  2. Berbuat kebaikan setiap hari.

Singkat, jelas, tapi memiliki makna yang dalam.

Dengan mematuhi dan memegang janji Pramuka Siaga ini, kita bisa menjadi manusia yang selalu dekat dengan Tuhan, memiliki akhlakul karimah, anak yang Sholeh dan Sholehah, warga yang cinta tanah air, menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, mematuhi tata tertib peraturan yang berlaku di keluarga dan menjadi pribadi yang baik di setiap harinya.

Dwi Satya masuk ke dalam kode kehormatan Pramuka, ia satu paket dengan Darma Pramuka. Untuk jenis golongan Pramuka Penegak, Penggalang dan Dewasa ada 10 Darma yang harus Anda hapalkan dan terapkan dalan kehidupan sehari-hari, tapi karena golongan Pramuka yang kita bahasa saat ini adalah Siaga, maka ada 2 Darma saja harus Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

Dwi Darma Pramuka Siaga

  1. Siaga berbakti terhadap Ayah dan Bunda
  2. Siaga, berani dan tidak mudah putus asa

Dari penjelasan mengenai janji Pramuka Siaga sekaligus Dwi Darma Pramuka di atas, Anda sudah bisa memperoleh jawaban dari pertanyaan di atas. Akan tetapi rasanya kurang lengkap jika belum membahas apa yang dimaksud dengan Pramuka Siaga.

Apa Itu Pramuka Siaga? Dan Informasi-Informasi Penting yang Menyertainya

Pramuka Siaga merupakan salah satu golongan Pramuka paling kecil karena istilah ini disebutkan untuk para anggota Pramuka yang usianya masih 7 – 10 tahun. Ia disebut Siaga karena berkaitan dengan kiasan pada masa penjajahan dulu. Ketika rakyat Indonesia menyiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan berdirinya Boedi Utama. Dari masa ini lah, tonggak perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaannya dimulai.

Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Siaga

Salah satu Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Siaga yang wajib dipenuhi adalah mendapatkan Tanda Kecapakan Umum (TKU) yang dalam dunia Pramuka dibagi ke dalam 3 tingkatan.

Tingkatan 1: Siaga Mula

Tingkatan 2: Siaga Bantu

Tingkatan 3: Siaga Tata

Tanda ini nantinya bisa dipasang di lengan baju sebelah kiri di bawah tanda barung. Bentuk dari TKU ini mirip seperti janur melengkung. Tanda itu diambil dari kebiasaan para pahlawan dulu untuk menandakan pangkat seseorang.

Informasi Penting Lain yang Berhubungan dengan Pramuka Siaga

Ini adalah informasi dasar yang harus Pramuka Siaga ketahui.

  • Panggilan untuk pembina Pramuka Siaga putra dipanggil dengam sebutan Yanda, jika pembinanya putri dipanggil Bunda
  • Penyebutan pembantu pembina putra disebut sebagai Pakcik, sementara pembantu pembina putri disebut Bucik
  • Ketika upacara, bentuk barisan dari golongan Pramuka Siaga adalah melingkar, dengan posisi pembina berada di tengah lingkaran tersebut. Bentuk barisan ini mengandung filosofi para Pramuka Siaga yang hanya terfokus pada satu titik
  • Salah satu kegiatan Pramuka Siaga adalah Pesta Siaga, pesta berkemah satu hari tanpa menginap. Mengingat usianya masih terlalu kecil untuk jauh dari rumah dan kehangatan perhatian orang tua

Selain mengetahui janji Pramuka Siaga, Anda juga mendapatkan ilmu yang berkaitan dengan golongan Pramuka ini.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar