Kenapa Kode Verifikasi Telegram Tidak Muncul di SMS?

Kenapa Kode Verifikasi Telegram Tidak Muncul di SMS

Apa penyebab kenapa kode verifikasi Telegram tidak muncul di SMS? Karena hal ini sering dikeluhkan pengguna pada saat ingin login kedalam aplikasi perpesanan tersebut.

Pernahkah Anda mendengar nama aplikasi Telegram sebelumnya? Telegram belakangan ini menjadi trending dan banyak digunakan karena dianggap lebih praktis dalam penggunaannya.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan melalui Telegram, mulai dari mengirim pesan hingga bertukar berkas.

Sama seperti aplikasi lainnya, untuk menggunakan telegram Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Salah satu bagian yang harus Anda isi saat mendaftarkan akun di telegram adalah kode OTP.

OTP atau One Time Password adalah sebuah kode yang umumnya diberikan melalui SMS, panggilan atau sebuah email. Fungsi dari OTP adalah untuk memverifikasi apakah benar Anda yang melakukan aktivitas login atau sign up.

Meskipun mudah digunakan dan diaplikasikan, ternyata masih ada beberapa orang yang sempat mengalami kendala OTP. Sering terjadi kegagalan masuknya kode OTP atau verifikasi di Telegram.

Untuk mengatasinya, Anda tentu perlu tahu apa saja penyebab yang mungkin mengakibatkan hal ini terjadi. Berikut adalah kemungkinan penyebabnya.

Penyebab Kenapa Kode Verifikasi Telegram Tidak Muncul di SMS

Penyimpanan Penuh

Kode OTP yang diberikan oleh Telegram bisa saja tidak berhasil masuk ke dalam handphone Anda karena penyimpanan penuh. Tidak ada ruang tersisa sehingga SMS gagal masuk.

Anda bisa mengosongkan ruang terlebih dahulu untuk mengatasi hal ini. Mintalah orang lain untuk test SMS kepada Anda.

Gangguan Server

Apabila masalah tidak terletak pada ponsel Anda, maka bisa saja kegagalan kode OTP terjadi karena gangguan server. Apabila terjadi gangguan server, maka tidak ada hal yang bisa Anda lakukan selain menunggu hingga server kembali memberikan respons.

Anda juga bisa menggunakan alternatif jalan lain untuk mengatasinya, misalnya mengganti platform pemberian kode dari SMS menjadi email.,

Salah Lokasi

Kode OTP yang diberikan melalui email biasanya sering salah lokasi. Apabila Anda tidak merasa menerima email di inbox, maka Anda bisa mengecek di bagian spam. Tidak jarang email dari layanan tertentu di blok sehingga dianggap spam oleh gmail.

Crosscheck Ulang Data

Pastikan bahwa data yang Anda masukkan sudah benar. Kesalahan abjad, huruf kapital dan penggunaan huruf bisa saja menjadi penyebab mengapa kode OTP Telegram tidak masuk di ponsel Anda.

Anda juga perlu memastikan bahwa alamat email atau nomor ponsel yang Anda daftarkan memang baru terdaftar dalam sistem. Banyak orang yang terburu-buru memasukkan data sehingga terlewat satu atau dua huruf.

Kesalahan Nomor Ponsel

Seperti yang Anda ketahui, tidak hanya Indonesia yang menggunakan Telegram, melainkan semua orang di seluruh dunia. Hal ini membuat kode OTP bisa saja salah masuk karena Anda memasukkan awalan nomor dengan 0. Gunakan kode negara Indonesia yakni +62 untuk mencoba ulang pengiriman kode OTP.

Baca juga:

Apabila penyebab dan cara diatas ternyata tidak sesuai dengan kondisi Anda, maka Anda bisa langsung menghubungi pihak Telegram untuk mendapatkan bantuan resmi.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!