Link DTKS Jakarta Go.ID, Begini Cara Daftarnya

Link DTKS Jakarta Go.ID

Penyaluran dana atau bantuan dari pemerintah memang sudah sering dilakukan secara rutin. Salah satu cara pemerintah untuk mengetahui target bantuan pemerintah yang layak adalah dengan data DTKS.

Baru-baru ini, DTKS kembali membuka pendaftaran DTKS Online 2022 bagi Anda yang berhak mendapatkan bantuan pemerintah. Apa itu DTKS dan bagaimana cara mendaftarnya? Check this out.

Apa Itu DTKS Pemerintah?

DTKS atau Data Terpadu Kesejateraan Sosial adalah data yang digunakan oleh pemerintah sebagai acuan penyaluran bantuan sosial dari negara.

Nantinya, melalui data DTKS, pemerintah akan menyortir warga yang berhak mendapatkan bantuan sosial dari APBD maupun APBN.

Apabila Anda adalah salah satu warga yang membutuhkan bantuan sosial seperti KJP Plus, KPDJ, KLJ dan bantuan lainnya, maka Anda harus memiliki DTKS terlebih dahulu.

Warga negara Indonesia yang terdaftar dalam DTKS adalah 40% warga yang memiliki status kesejahteraan sosial rendah.

Data yang dikumpulkan dlam DTKS ini mencakup data Pemerlu Pelayanan Kesejateraan Sosial atau PPKS dan Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial atau PSKS.

Penyelenggaraan DTKS Online 2022

Jika Anda masih belum memiliki DTKS, maka Anda bisa mendaftarkan diri melalui DTKS Online 2022 yang diadakan oleh pemerintah.

Pendaftaran DTKS Online 2022 akan dimulai sejak tanggal 1 Februari 2022 hingga 20 Februari 2022 mendatang. Pendaftaran DTKS Online 2022 ini dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Anda harus segera melakukan pendaftaran sebelum waktu pendaftaran ditutup oleh pihak Pemprov Jakarta. Pendaftaran DTKS Online 2022 ini bisa Anda akses melalui situs resmi DTKS Jakarta.

Silahkan klik link dibawah ini untuk tersambung dengan website pendaftaran DTKS Online 2022.

https://dtks.jakarta.go.id/

Cara Mendaftar DTKS Online 2022

Setelah mengetahui link untuk mendaftar DTKS Online 2022, maka Anda juga harus tahu bagaimana cara melakukan pendaftarannya.

Sebelum itu, pastikan Anda sudah memiliki perangkat yang memadai seperti ponsel atau laptop yang dilengkapi dengan jaringan internet.

Berikut ini adalah cara mendaftar DTKS Online 2022:

  1. Klik link pendaftaran yang sudah diberikan diatas.
  2. Apabila Anda belum memiliki akun, silahkan registrasi akun baru terlebih dahulu dengan klik Daftar. Isi data diri yang dibutuhkan pada kolom tersedia, misalnya saja NIK, alamat lengkap dan email.
  3. Apabila Anda sudah memiliki akun, silahkan langsung login menggunakan email atau NIK dan password akun.
  4. Klik menu Pendaftaran Baru di website.
  5. Isi data diri secara lengkap dan benar sesuai dengan data anggota keluarga dan informasi rumah tangga.
  6. Klik tombol kirim untuk submit form.

Cara Cek Pendaftaran di DTKS

Anda tentu was-was apakah submit form Anda berhasil dilakukan atau tidak. Untuk memastikan apakah Anda sudah berhasil terdaftar di DTKS, Anda bisa membuka halaman cek bansos kemensos.

Silahkan klik disini (http://cekbansos.kemensos.go.id/) untuk langsung tersambung dengan halaman yang dimaksud. Setelah halaman termuat, masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa atau kelurahan sesuai dengan identitas diri.

Masukkan captcha yang dibutuhkan dan klik tombol cari data. Nama Anda akan muncul di halaman website apabila sudah berhasil terdaftar dalam sistem DTKS.

Itu dia penjelasan tentang DTKS Online 2022 yang perlu Anda ketahui. Untuk Anda warga Jakarta yang belum memiliki DTKS, segeralah mendaftar sebelum pendaftaran ditutup. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.