Paket Unlimited Indosat Lemot? Ini 6 Cara Mengatasinya

Paket Unlimited Indosat Lemot

Apa yang akan kamu lakukan saat mendapati paket unlimited indosat lemot padahal kuota masih ada dan sinyal full? Pastinya sangat kesal, marah dan kecewa tentunya. Apalagi kita mengalami sendiri saat bermain game yang bisa mengakibatkan fatal sampai harus afk dan lebih parahnya tidak bisa konek lagi, rasa ingin membanting hp stonk!

Kita sudah sama-sama tau kalau indosat itu adalah salah satu provider yang gencar mengadakan promosi terutama untuk paket internet dan sosial media mereka. Tidak tanggung-tanggung juga mereka juga memberikan pilihan paket internet unlimited untuk sosmed seperti youtube, instagram, whatsapp dan lainnya.

Hal itu tidak lain untuk terus memanjakan penggunanya dengan hadirnya paket dan promo terbaru. Dan hasilnya memang luar biasa, indosat ooredoo menjadi salah satu provider yang banyak diminati oleh pengguna kaula muda bahkan sampai anak-anak yang gemar menonton youtube.

Namun dengan pengguna yang terus meningkat seharusnya juga di imbangi dengan peningkatan kualitas layanan terutama pada jaringan dan kecepatan internet. Karena tidak jarang pengguna yang mengeluhkan paket unlimited indosat yang digunakan lemot, bahkan jika dalam keadaan jaringan full sekalipun.

Jika soal kecepatan internet dan sinyal sejatinya adalah urusan provider dimana pengguna tidak bisa melakukan apa-apa dan hanya bisa pasrah dengan pelayanan yang diberikan. Namun masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya meskipun kemungkinannya sangat kecil tapi apa salahnya jika kita mencobanya?

Cara Mengatasi Paket Unlimited Indosat Lemot

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi paket unlimited indosat yang lemot.

FUP Habis

Umumnya paket unlimited sekarang dibatasi dengan yang namanya FUP (Fair Usage Policy). Yang dimaksud dengan FUP disini adalah batas penggunaan wajar yang telah ditentukan oleh provider terhadap pelanggan.

Saya kasih contoh, misalnya sebuah paket internet unlimited seharga 50 ribu, lalu fup yang ditetapkan adalah 10 GB. Maka setelah menghabiskan penggunaan kuota sebesar 10 GB pengguna akan mengalami penurunan kecepatan samapi yang telah dibataskan. Yang artinya tidak akan mendapatkan kecepatan seperti saat awal kuota masih ada.

Berbeda dengan paket unlimited jaman dulu, dulu tidak ada yang namanya FUP dan semacamnya. Jika sudah unlimited ya unlimited aja tidak ada embel-embel lain dan itu berlaku 24 jam.

Solusi untuk hal ini Anda bisa membeli paket booster indosat melalui aplikasi myIM3. Disana terdapat beberapa pilihan paket yang bisa dipilih, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan.

Reset Jaringan

Reset Jaringan

Reset jaringan juga bisa mengembalikan kecepatan internet untuk beberapa saat. Hal ini cukup masuk akal, terlebih lagi saat kita terus-terusan terkoneksi dengan internet, maka ip yang dicatat tetap sama. Dengan cara reset, kita akan mendapatkan koneksi yang baru dengan ip yang baru juga.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mereset jaringan di smartphone seperti dengan cara reboot, aktifkan mode pesawat, sampai mematikan hp dan menghidupkannya kembali.

Anda bisa memilih salah satu saja, tapi saya sarankan untuk melakukan reboot agar jaringan di reset dan kinerja ponsel jadi lebih baik.

Setting 4G Only

Hadirnya jaringan 4G memberikan pengalaman akses internet yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Bahkan sangat jauh didepan 3G, jika di ingat-ingat lagi untuk mengunduh file berukuran 50 MB saja dulu jaringan 3G membutuhkan waktu sekitar 10 menti sampai 20 menti dalam keadaan jaringan normal.

Namun dengan kehadiran 4G LTE saat ini tidak sampai 2 menit file 50 MB bisa kita dapatkan. Belum lagi kecepatan dalam hal memutar video streaming, seperti menonton Net Tv di Android bahkan kita tidak perlu merasakan buffering yang berlebihan.

Dengan semua keunggulan tersebut, tentu adalah suatu hal yang wajib bagi kita untuk mengatur ponsel agar terus tetap dalam mode 4G.

Akan tetapi ponsel keluaran terbaru sangat jarang yang diberikan mode ini untuk di setting manual, adanya cuma pilihan mode 4G disarankan dan 2G saja, tidak ada 4G only. Maka dari itu kita membutuhkan aplikasi 4G atau juga bisa dengan menggunakan kode jaringan.

Setting APN Tercepat

Ini masih menjadi pro dan kontra bagi pengguna Indosat, ada yang bilang dengan mengganti apn indosat dapat mempercepat koneksi jaringan dari sebelumnya, sedangkan sebagian lagi ada yang tidak percaya dan itu tidak akan merubah apa-apa.

Kalau saya sendiri adalah tipe yang suka mencobanya sendiri, karena biasanya jika cocok di seseorang bisa jadi tidak cocok di kita sendiri. Hal ini juga bisa disebabkan oleh faktor tempat atau wilayah percobaan yang tidak sama.

Belum lagi kondisi sinyal yang kadang naik turun tentu juga bisa menjadi salah satu faktor gagalnya percobaan.

Jika Anda ingin mencobanya sendiri, Anda bisa mencoba berbagai setting apn indosat tercepat yang telah kami bagikan beberapa hari yang lalu.

Pada postingan tersebut kami sudah jelaskan secara rinci lengkap beserta cara settingnya. Tersedia beberapa apn khusus streaming, game dan browsing.

Penggunaan di Jam Tertentu

Penggunaan di Jam Tertentu

Ada waktu dimana pengguna mulai melonjak dan tentu saja juga ada waktu dimana pengguna mulai sepi. Hal ini berlaku pada semua provider dan bahkan Indosat Ooredoo, ada jam-jam dimana memang sangat baik untuk digunakan berinternet.

Anda sendiri bisa mengira-ngira kira-kira di jam berapa pengguna internet mulai sepi? Yaitu biasanya pada jam 12 malam sampai jam 4 pagi, jam tersebut “kebanyakan” orang sudah tidur dan berhenti melakukan aktivitas, kecuali mereka yang kerja lembur dan suka begadang.

Tentu saja waktu ini bisa kita manfaatkan misalnya jika ingin mengunduh film, atau streaming drakor favorit kita. Bisalah dilakukan di jam-jam sepi tersebut.

Jangan Buat Perangkat Panas

Jangan Buat Perangkat Panas

Perangkat yang terlalu panas juga bisa jadi penyebab kenapa indosat lemot, kasus seperti ini biasanya banyak ditemui untuk yang suka bermain game online berjam-jam sampai lupa waktu. Dan parahnya lagi main game sambil di charge, hal itu sangat tidak baik bagi perangkat maupun kelangsungan baterai.

Jika dirasa suhu hp sudah terlalu panas, ada baiknya Anda untuk mematikan koneksi data dan diamkan hp sejenak agar menjadi dingin. Anda juga bisa mematikan perangkat untuk hasil yang lebih baik.

Pada beberapa percobaan juga membuktikan bahwa hp yang ditaruh di lantai akan lebih cepat dingin sebab suhu panas akan diserap oleh lantai (keramik) lebih cepat dibandingkan kita menaruhnya di kursi ataupun tempat lain.

Itu dia beberapa tips cara mengatasi paket unlimited indosat lemot. Jangan lupa untuk selalu isi ulang kartu Anda agar tetap dalam masa aktif, jika lupa Anda bisa cek nomor indosat melalui aplikasi myIM3 dan kode dial.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!