Videorecap Viewodyssey Com

Videorecap Viewodyssey Com, Cara Rekap Youtube 2022

Sekarang ini, sebagian besar aplikasi telah menambahkan rekap atau wrapped ke salah satu fitur akhir tahun mereka. Sebut saja Reddit, Apple Music hingga Spotify. Tak mau kalah, YouTube juga punya layanan untuk melihat rekap video yang kita tonton selama setahun ini.

Sebenarnya dalam platform YouTube, hanya YouTubd Music yang menawarkan recap. Kalau YouTube (tempat nonton video), belum ada. Namun tetap ada cara melihat rekap dari aplikasi YouTube, yaitu dengan menggunakan tool tidak resmi bernama Videorecap Viewodyssey com. 

Tentang Videorecap Viewodyssey Com

Dikarenakan YouTube tidak punya fitur resmi untuk menggunakan YouTube wrapped, orang-orang pun beralih menggunakan Videorecap Viewodyssey. Ia sendiri adalah sebuah tool yang dapat digunakan untuk melihat ringkasan dalam bentuk visual dengan gaya rekap dari video yabg anda tonton selama ini.

Sebenarnya Videorecap Viewodyssey mengambil data history tontonan dari Google. Ingat, fakta bahwa alat ini bukan milik YouTube, dia tidak resmi. Jadi tidak bisa otomatis melihat wrapped YouTube.

Google punya fitur untuk melihat history tontonan dari tahun ke tahun. Kita harus memiliki data tersebut agar bisa membuat YouTube wrapped dengan Videorecap Viewodyssey.  

Cara Kerja Tool Videorecap Viewodyssey

Dalam merekap video YouTube yang pernah Anda tonton, tool ini mengambil data yang dikumpulkan Google Takeout. Google Takeout adalah alat yang bisa digunakan mengunduh file dengan data pengguna Anda di layanan Google.

Videorecap Viewodyssey tidak punya akses langsung ke Google Takeout, Anda perlu mengunduh dan mengunggahnya secara manual. Kekurangannya, file JSON cukup besar. Bisa 2 GB hingga ratusan GB. 

Cara Membuat YouTube Wrapped dengan Videorecap Viewodyssey

Kita harus memiliki file JSON dahulu sebelum menggunakan tool Videorecap Viewodyssey. Berikut cara mendapatkannya dari Google Takeout.

  1. Langkah pertama, kunjungi Google Takeout melalui link ini: https://takeout.google.com/settings/takeout/custom/youtube
  2. Klik ‘Beberapa Format’ terus pilih JSON untuk riwayat
  3. Di bagian bawah ‘semua data YouTube disertakan’, pilihlah ‘Riwayat’
  4. Pilih ‘Buat Ekspor’
  5. Tunggu sebentar. Anda akan menerima sebuah email. Lalu buka email Anda terus download laporan data yang dikirimkan ke email Anda
  6. Buka file zip, dan buka file ini: watch-history.json (file itu ditemukan di Takeout/YouTube’ dan ‘YouTube Music/history/watch-history.json’)

Setelah mendapatkan file JSON tersebut, berikutnya Anda buka situs rekap video YouTube. Adapun cara upload-nya adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs https://videorecap.viewodyssey.com/upload
  2. Kemudian geser tutorialnya ke kiri. Di situs ini juga Anda bisa dapat tutorial lebuh jelas disertakan dengan gambar
  3. Geser terus sampai Anda ketemu tulisan ‘Upload Watch History’
  4. Upload file JSON. Prosesnya akan lama karena data tersebut cukup besar

Setelah proses selesai, Abda akan memperoleh video rekap setahun kalian di YouTube.

Tool atau situs tersebut, hanya bisa mengolah data Google Anda selama 1 tahun. Jafi cocok dengan trend yang berjalan sekarang– YouTube wrapped yang merekap seluruh aktivitas dalam waktu 1 tahun.

Namun pengembang menginformasikan ada rencana untuk menambah masa waktu agar lebih lama. Saat ini masih ada masalah keterbatasan dengan kuota YouTube API harian. Terus masalah besarnya data Google, proses macet saat mengunggah file JSON. 

Pada update terbaru, pengguna menginformasikan bahwa ukuran file yang kita unduh dari Google Takeout sangat besar. Mencapai 500 GB, yang karena ukuran besar ini, orang-orang jadi malas membuat YouTube Wrapped mereka.

Check Also

YouTube Shorts Downloader

YouTube Shorts Downloader – 5 Cara Download Video YT Shorts

Banyak juga ternyata pengguna yang ingin menyimpan video youtube shorts di galeri, ini dia YouTube …