Apa Itu Family Link dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa Itu Family Link dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Di era teknologi, memanfaatkan teknologi untuk hal yang baik adalah kebutuhan utama. Ada sebuah fasilitas yang disiapkan oleh Google untuk membantu para orang tua mengawasi penggunaan perangkat anak.

Nama dari fasilitas ini adalah Family Link. Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar tentang Family Link, Anda bisa menyimak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Mengenal Tentang Family Link

Family Link adalah sebuah layanan pendamping yang diluncurkan dari Google untuk para orang tua. Di masa serba teknologi seperti saat ini, tentu penting bagi orang tua untuk mengawasi penggunaan perangkat digital bagi keluarga.

Tujuan utama dari Family Link ini adalah membantu orang tua mengawasi penggunaan ponsel dan perangkat elektronik lainnya yang digunakan oleh anak.

Fitur Family Link

Jika Anda menggunakan family link, maka Anda bisa mengatur beragam hal yang berkaitan dengan perangkat anak. Orang tua dapat mengatur waktu penggunaan, aplikasi apa saja yang terpasang, membatasi konten yang dapat ditonton hingga mendapatkan lokasi terkini perangkat tersebut.

Cara Install Aplikasi Family Link

Bila Anda ingin mengaktifkan Family Link, maka Anda harus mengunduh dua aplikasi yakni Family Link versi orang tua dan versi anak.

Anda bisa mengunggahnya langsung di Google Play Store maupun App Store untuk memasangnya di ponsel.

Untuk bisa memasang aplikasi, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Install aplikasi Family Link for Parent atau untuk orang tua di ponsel. Klik tanda panah kebawah untuk mendapatkan informasi singkat terkait aplikasi.
  2. Klik tombol Get Started untuk memulai.
  3. Silahkan login menggunakan akun Google yang dimiliki
  4. Bila diinstall di ponsel orang tua, maka pilih Parent.
  5. Klik Next untuk melihat ketentuan aplikasi.
  6. Klik I’m Ready untuk melanjutkan proses.
  7. Masukkan akun Google atau email yang digunakan di ponsel anak.
  8. Ikuti petunjuk sesuai dengan yang muncul di layar.

Masih belum berhenti disana, ponsel si anak juga harus memiliki aplikasi yang sama. Buka ponsel anak dan dan install aplikasi Family Link.

Klik setuju pada semua bagian yang muncul. Terakhir, login menggunakan akun yang sudah dimasukkan di perangkat orang tua sebelumnya.

Selesai, kini ponsel orang tua dan anak sudah tersambung satu sama lain sehingga Anda bisa memantau penggunaan perangkat pada anak.

Pengelolaan Perangkat pada Aplikasi Family Link

Kali ini Anda akan diajak untuk mengelola perangkat pada aplikasi Family Link. Pertama, buka aplikasi Family Link for Parent atau untuk orang tua.

Klik tombol view pada akun yang akan dikelola, misalnya pada akun milik anak. Klik tombol Manage Settings. Disana Anda bisa mengatur perangkat sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa mengatur ketentuan penggunaan aplikasi pada bagian ini.

Cara Menambahkan Akun Anak

Anda bisa mengelola lebih dari satu akun anak. Bila Anda ingin menambah akun Anak, silahkan buka aplikasi Family Link for Parent.

Di halaman utama akan terlihat tombol + di pojok kanan atas dekat profil. Klik tombol tersebut dan masukkan email atau akun Google yang diinginkan.

Kini Anda sudah tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi Family Link. Aplikasi ini sangatlah penting dan bisa Anda install sebagai perangkat bantuan mengawasi anak-anak.

Anda tidak perlu ragu menginstallnya walaupun rate aplikasi ini sangat rendah. Rating ini diberikan oleh anak-anak yang ingin lebih bebas menggunakan ponsel tanpa pengawasan orang tua. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.