Apa Itu Fenomena Aphelion 2022 dan Kapan Terjadinya?

Fenomena Aphelion 2022

Sudahkah Anda mendengar bahwa di tahun 2022 ini akan terjadi fenomena Aphelion? Terjadinya fenomena Aphelion bukanlah hal baru, sebab sudah sejak ratusan tahun yang lalu Bumi sudah mengalaminya.

Bagi Anda yang asing dalam hal meteorologi dan astrologi, Anda tentu tidak mengerti apa yang dimaksud dengan fenomena Aphelion.

Berikut ini adalah penjelasan dan informasi terkait fenomena Aphelion di tahun 2022 yang perlu Anda ketahui. Check this out.

Apa Itu Fenomena Aphelion 2022?

Fenomena Aphelion adalah sebuah fenomena dimana bumi terletak di titik terjauh dari matahari. Kabar tentang datangnya fenomena Aphelion ini sudah ada di sosial media sejak beberapa hari yang lalu.

Meski demikian, tidak banyak orang yang tahu tentang apa itu fenomena Aphelion. Perlu Anda ketahui bahwa fenomena Aphelion ini biasanya terjadi pada pertengahan tahun.

Selama 200 tahun terakhir, bulan jatuhnya fenomena Aphelion selalu di bulan Juli. Sama seperti ratusan tahun sebelumnya, fenomena Aphelion pada tahun 2022 ini akan terjadi pada tanggal 4 Juli 2022 dengan jarak 152.098.455 km.

Tanda Datangnya Fenomena Aphelion

Fenomena Aphelion ini terjadi sebab posisi bumi yang sangat jauh dari matahari, sehingga tentunya akan ada beberapa perubahan cuaca yang bisa Anda sadari dan alami.

Ketika terjadi fenomena Aphelion, suhu bumi akan cenderung lebih dingin daripada biasanya. Masyarakat di seluruh dunia akan lebih mudah terpapar flu, demam dan penyakit lain yang disebabkan oleh suhu dingin.

Ditambah lagi dengan situasi saat ini yang sedang terkena pandemi, banyak orang yang mengira bahwa tanda mudah terkena sakit ini adalah gejala terkena covid.

Padahal, jatuh sakit seperti flu dan demam karena pengaruh fenomena Aphelion tidak ada kaitannya dengan gejala covid.

Benarkah Akan Ada Fenomena Aphelion 2022?

Anda yang tidak percaya dengan fenomena Aphelion tentu membutuhkan bukti apakah benar akan ada fenomena Aphelion ini di tahun 2022.

Menurut informasi dari Plt Deputi Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, Urip Haryoko, beliau mengatakan bahwa fenomena Aphelion di tahun ini tidak akan terjadi di awal tahun.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fenomena Aphelion diprediksi akan datang di bulan Juli 2022.

Fakta Unik Tentang Fenomena Aphelion

Setelah kini Anda mengetahui tentang apa itu fenomena Aphelion dan kebenaran tentangnya, maka Anda juga harus tahu apa saja fakta unik yang ada dalam fenomena Aphelion.

Kata Aphelion yang digunakan dalam fenomena Aphelion berasal dari bahasa Yunani Kuno yakni Apo yang artinya Jauh dan Helios yang artinya Matahari.

Jika fenomena Aphelion adalah fenomena dimana bumi terletak sangat jauh dari matahari, ada juga fenomena dimana bumi sangat dekat dengan matahari.

Nama dari fenomena ini adalah fenomena Perihelion. Di tahun 2022, fenomena Perihelion sudah terjadi tepatnya pada tanggal 4 Januari 2022 yang lalu.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang fenomena Aphelion yang akan terjadi di Bumi. Tidak hanya terjadi di Bumi saja, ternyata fenomena Aphelion juga akan dialami oleh planet-planet lain yang ada di galaksi Bimasakti.

Meskipun efeknya berbeda karena perbedaan bentuk lintasan atau orbit, tetapi planet lain juga bisa merasakan fenomena Aphelion. Semoga informasi ini dapat membantu mengatasi rasa ingin tahu Anda.

You May Also Like

2 Comments to “Apa Itu Fenomena Aphelion 2022 dan Kapan Terjadinya?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.