Apakah Brainly Diblokir, Mengapa? Ini Penjelasannya

Brainly Diblokir

Akhir-akhir ini tiba-tiba saja beredar berita bahwa situs brainly diblokir pemerintah, kenapa? Apakah benar atau ini hanya hanya kabar hoaks saja? Kita akan jelaskan pada artikel ini, jadi silahkan di simak sampai habis ya.

Ditengah pandemi seperti saat ini dimana berlaku sistem daring atau yang biasa disebut belajar dari rumah, memungkinkan siswa untuk belajar di internet dan mencari jawabannya di internet itu juga.

Ada banyak situs pendidikan yang bisa menjadi acuan dalam belajar online, salah satunya adalah Brainly. Pasti banyak dari kalian terutama yang masih berstatus pelajar sering menjumpai situs tersebut saat mencari jawaban di internet soal pendidikan.

Tersedia semua jenis pelajaran mulai dari Matematika, Bahasa Indonesia, PPKN, IPS, Biologi, Fisika, Sejarah sampai dengan soal latihan untuk SBMPTN dan Ujian Nasional. Karena semua materi yang lengkap sehingga membuatnya menjadi ramai pengunjung setiap harinya.

Yang menariknya lagi dari brainly adalah kita pengguna dapat mendaftar ke situs tersebut untuk bertanya tentang apa saja yang kita bingungkan dalam sebuah pelajaran.

Bertanya di brainly

Jawaban yang diberikan juga cukup cepat dan 80% dapat membantu bagi yang bertanya. Rata-rata hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit saja sejak kita mengajukan pertanyaan.

Apakah Brainly Diblokir?

Beredar kabar tidak mengenakkan yang mengatakan bahwa pemerintah memblokir brainly, hal itu seketika langsung menarik banyak perhatian mengingat Brainly adalah salah situs pendidikan terbesar di Indonesia.

Jadi, apa benar brainly diblokir, lalu apa alasannya? BRAINLY TIDAK DIBLOKIR. Kabar tersebut tidak benar adanya atau yang biasa disebut dengan Hoax atau berita bohong, buktinya sampai artikel ini ditulis saya masih tetap bisa mengakses situs brainly.co.id dari IP Indonesia dan tidak menggunakan VPN.

Mengapa Brainly Diblokir?

Bila kamu akhir-akhir ini merasakan sulit sekali mengakses brainly atau lemot, jangan langsung beranggapan bahwa situs tersebut diblokir. Bisa saja hal tersebut dari koneksi internet yang kita gunakan atau memang server brainly error yang sedang down akibat kebanjiran trafik.

Kalau dari server yang bermasalah, biasanya ditunggu beberapa menit atau bisa juga sampai 24 jam baru bisa kembali lagi seperti semula. Namun kalau masalahnya dari internet yang kita gunakan, patut periksa terlebih dahulu mulai dari pengaturan APN sampai kondisi jaringan.

Apakah Brainly Akan Diblokir?

Seperti yang sudah dijelaskan oleh kominfo, bahwa mereka memblokir situs karena alasan konten yang ada didalamnya. Mereka tidak melihat situs itu punya siapa dan dikelola oleh siapa, jika mengandung konten melanggar atau berbahaya maka tetap saja kominfo akan memblokirnya.

Jadi jawaban atas pertanyaan apakah brainly akan diblokir tetap saja jika suatu saat terdapat konten yang melanggar didalam situs tersebut, maka secara tegas kominfo akan memblokirnya. Namun sejauh ini tidak ditemukan konten yang negatif didalamnya, malahan banyak konten yang positif yang bisa kita pelajari.

Jikapun brainly mau diblokir, hal ini tentu akan diberikan peringatan terlebih dahulu dari kominfo kepada pihak brainly untuk mengatasi konten melanggar yang ada didalamnya, dan menghapus konten melanggar tersebut dari pencarian internet.

Situs Selain Brainly

Jika suatu saat brainly akan diblokir oleh pemerintah, kalian tidak perlu khawatir karena masih ada banyak situs pendidikan yang bisa menjadi acuan kita untuk belajar.

Berikut daftar situs selain brainly:

  • Ruangguru.com
  • Quipper.com
  • Inibudi.org
  • Sibejoo.com
  • Harukaedu.com

Tentu dari masing-masing situs diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, terutama dalam hal kelengkapan pelajaran dan juga pembahasan didalamnya. Jika kalian ingin mendapatkan kursus yang bagus, kami sarankan ruangguru adalah pilihan terbaik.

Baca juga: Kabar Tentang Subscene Error (Diblokir)

Kesimpulan

Jadi kabar tentang brainly diblokir adalah kabar bohong atau hoax, tidak benar adanya. Jikapun beberapa saat kalian mengalami gangguan saat mengakses situs tersebut, itu bisa terjadi karena jaringan atau server brainly mengalami gangguan yang mengakibatkan error.

2 Comments

    1. Sebelum pembuatan konten kami melakukan riset terlebih dahulu dan itu memakan waktu yang cukup lama, mengecek semua artikel yang ada di google dan menyimpulkannya. Sehingga kami menyampaikannya dengan gaya kami sendiri, visi kami adalah membuat konten yang dapat dengan mudah di cerna oleh pembaca dan menyampaikan informasi apa adanya sesuai fakta tanpa bertele-tele.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *