Cara Ganti PIN ATM Mandiri Melalui Mesin ATM

Cara Ganti PIN ATM Mandiri

Cara Ganti Pin Atm Mandiri Melalui Mesin ATM memang harus dilakukan secara berkala. Penggantian PIN atau Personal Identification Number ini pada kartu debit maupun kartu kredit bank mandiri harus dilakukan secara berkala.

Sebagai seorang nasabah pengguna bank mandiri, Anda harus tahu pentingnya untuk mengganti PIN dari kartu atm debit ataupun kredit milik pribadi supaya tingkat keamanan data Anda tetap terjaga.

Namun, sangat disayangkan apabila masih ada nasabah yang mengganggap hal ini begitu sepele dan bahkan malas untuk mengganti PIN atm tersebut. PIN ini memiliki fungsi sebagai kunci dari data diri dan keamanan uang Anda di dalam tabungan.

Cara Mengganti PIN ATM Mandiri Melalui Mesin ATM

Untuk melakukan penggantian PIN kartu debit bank mandiri ini cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu datang langsung ke atm bank mandiri terdekat untuk mengganti PIN langsung dari mesin atm tersebut.

  1. Pertama adalah masukkan saja kartu ATM bank mandiri ke dalam mesin atm bank tersebut. Lalu, Anda bisa tekan menu pilihan yang lainnya sudah muncul di layar monitor mesin atm.
  2. Selanjutnya Anda bisa memilih untuk menu Ganti PIN atm pada mesin tersebut. Tunggu beberapa saat dan lihat perintah yang muncul pada tampilan monitor mesin atm.
  3. Anda harus memasukkan PIN atm mandiri yang lama. Kemudian, tunggu saja beberapa saja sampai muncul perintah memasukkan PIN atm bank mandiri yang baru sebanyak 6 digit angka.
  4. Pastikan 6 digit angka ini bukan termasuk angka yang mudah ditebak. Anda bisa mengkombinasikan beberapa angka sesuai dengan keinginan Anda.
  5. Setelah itu, Anda akan dimintai mengisi PIN atm mandiri yang baru sebanyak dua kali. Hal ini dilakukan sebagai proses konfirmasi yang wajib diisi.
  6. Barulah PIN atm bank mandiri sudah selesai diganti dengan yang baru. Pastikan selalu mengganti PIN atm secara berkala.

Baca juga:

Mengapa PIN ATM Diganti Secara Berkala?

Penggantian PIN dari kartu atm bank mandiri ini memang harus dilakukan secara berkala. Hal ini sangat penting sekali dilakukan meskipun kadang sedikit membuat repot.

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan uang Anda di dalam atm sehingga terhindar dari risiko pembobolan dana dari rekening tabungan Anda ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ditambah lagi sekarang ini modus kejahatan bisa saja mengintai keamanan uang di dalam rekening bank milik Anda.

Semisalnya, ada bentuk modus criminal seperti skimming pada mesin atm. Ini termasuk dalam pencurian informasi kartu debit atau kredit milik nasabah dengan cara menyalin seluruh informasi yang sudah tertera di kartu atm.

Tentu saja modus ini sangat berbahaya dan dapat merugikan seluruh pihak. Jadi pastikan tidak ada yang tau dengan PIN yang Anda miliki dan jaga keamanannya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.