Cara Menggunakan OVO PayLater untuk Belanja

Cara Menggunakan OVO PayLater

Bagaimana cara menggunakan OVO PayLater untuk berbelanja di Tokopedia? Dan apa saja produk yang bisa dibeli menggunakan PayLater? Yuk mari kita sama-sama simak ulasan berikut ini.

PayLater adalah istilah baru dari sistem cicilan yang sudah ada, bedanya dengan sistem ini kita tidak perlu menggunakan kartu kredit yang prosesnya terbilang cukup rumit dan harus berurusan dengan pihak Bank terlebih dahulu untuk membuatnya.

Dengan keunggulan “Beli sekarang, bayar nanti” Adalah konsep yang diberikan oleh PayLater sebagai aplikasi cicilan masa kini. Ada banyak startup yang memperkenalkan produk ini, seperti salah satunya yaitu OVO.

Untuk syaratnya sangat mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan foto KTP dan foto selfie bersama KTP untuk proses pengajuan. Lengkapnya, Anda bisa membaca artikel kami dengan judul cara daftar OVO PayLater. Disana sudah kami jelaskan juga mulai dari syarat sampai cara aktivasinya.

Namun masih banyak pengguna yang bingung untuk cara menggunakan ovo paylater ini, mereka bingung barang apa saja yang bisa dibeli dan bagaimana sistem perhitungannya. Saya sarankan sebelum melakukan aktivasi, sebaiknya Anda pahami betul apa yang akan digunakan.

Cara Menggunakan OVO PayLater di Tokopedia

Cara Menggunakan OVO PayLater di Tokopedia

OVO bekerja sama dengan salah satu e-commerce ternama yaitu Tokopedia untuk menghadirkan OVO PayLater yang bertujuan untuk memudahkan proses belanja pengguna tokopedia.

Berikut cara menggunakan OVO PayLater:

  1. Pertama buka aplikasi Tokopedia.
  2. Login akun, jika belum ada silahkan daftar.
  3. Pilih menu Akun di pojok kanan bawah.
  4. Klik Aktifkan Sekarang! (OVO Paylater).
  5. Klik Aktifkan Sekarang.
  6. Tunggu beberapa saat, Anda akan menerikan kode verifikasi ke nomor OVO.
  7. Masukkan kode verifikasi.
  8. Upload KTP (Selfie dengan memegang KTP, pastikan foto jelas).
  9. Isi semua identitas yang diminta.
  10. Baca syarat dan ketentuan yang berlaku.
  11. Tunggu proses aktivasi, biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam.
  12. Buka aplikasi Tokopedia, jika sudah tidak ada bacaan Aktifkan Sekarang berarti proses aktivasi sudah berhasil.
  13. Cobalah belanja produk apa saja dan pilih metode pembayaran dengan OVO PayLater.
  14. Cek tagihan bisa dilakukan setiap tanggal 27 di email atau melalui aplikasi OVO PayLater.
  15. Pelunasan bisa langsung dibayar semua atau bisa membayar 50% terlebih dahulu sebelum jatuh tempo (tanggal 1).

Seperti berbelanja biasa di Tokopedia, bedanya pada saat memilih metode pembayaran kita menggunakan OVO PayLater sebagai pembayaran. Dan pastikan barang yang Anda beli tidak melebihi limit yang sudah ditentukan oleh OVO, untuk normalnya biasanya adalah maksimal 10 juta rupiah.

Sementara untuk proses aktivasi pastikan foto selfie bersama ktp terlihat sangat jelas. Karena jika ada buram sedikit saja, kemungkinan pengajuan tidak akan diterima karena validasi data yang tidak cocok atau gagal.

Produk Apa Saja yang Bisa Dibeli dengan OVO PayLater?

Anda dapat membeli semua produk atau barang yang ada di Tokopedia kecuali untuk tagihan kartu kredit, gift card, donasi, angsuran kredit, zakat, emas dan reksadana. Selain itu terdapat beberapa merchant yang bisa menggunakan metode pembayaran ovo paylater.

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan OVO PayLater?

Saat ini penggunaan OVO PayLater hanya tersedia untuk masyarakat yang berdomisili di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Bandung, Surabaya, Tangerang, Semarang, Palembang, Pekanbaru, Medan, Makasar, Malang dan Surakarta.

OVO PayLater Tidak Bisa Digunakan

Menurut Tokopedia sendiri saat ini memang penggunaan OVO PayLater dibekukan untuk sementara waktu. Hal ini disebabkan karena adanya pandemi virus corona yang mengakibatkan perekonomian di Indonesia menjadi turun. Namun jangan khawatir, lakukan beberapa langkah dibawah ini untuk tetap dapat menggunakan OVO PayLater jika sudah normal.

  • Pastikan membeli barang tidak melebih limit OVO PayLater.
  • Jangan melakukan perubahan data pada akun Tokopedia, karena jika melakukan perubahan data seperti nomor hp, maka akun OVO akan terblokir sementara selama maksimal 2×24 jam.
  • Jika menggunakan kode promo, pastikan kode promo tersebut bukan dengan metode pembeyaran tertentu.
  • Transaksi yang dilakukan dengan OVO PayLater bukan berupa produk digital seperti pembayaran kartu kredit, donasi, zakat, angsuran kredit, emoney, gift card dan produk keuangan seperti reksa dana dan e-gold.

Jika sudah melakukan beberapa langkah diatas namun OVO PayLater masih belum bisa digunakan juga, silahkan hubungi pihak Tokopedia.

Baca juga: Cara Mendapatkan OVO Points

OVO PayLater Dibekukan

Beberapa pengguna mengalami pembekuan terhadap akun OVO mereka. Ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut:

  • Pengguna belum melunasi total tagihan (Akun dapat digunakan kembali setelah seluruh tagihan dibayar secara lunas).
  • Pengguna melakukan perbahan data pribadi di aplikasi OVO seperti email dan nomor hp. Demi keamanan akun akan dibekukan selama 2×24 jam (2 hari).
  • Berdasarkan review atau penilaian manual oleh pihak OVO terhadap akun OVO PayLater pengguna.

Namun jika Anda merasa tidak melakukan hal-hal seperti diatas, silahkan hubungi CS OVO melalui form “Kirim Laporan” jika masih tidka bisa menggunakan OVO PayLater karena alasan lain.

OVO PayLater Maintenance

OVO PayLater Maintenance

Saya sendiri mendapati notifikasi ini di aplikasi Tokopedia saya saat masuk ke halaman OVO PayLater. Mulanya saya mengira karena memang ovo sedang melakukan perbaikan sistem, namun setelah di cek setiap hari tetap saja muncul peringatan tersebut. Dan disini saya mengambil kesimpulan bahwa memang OVO PayLater tidak tersedia di domisili saya (karena memang saya tinggal di tempat yang tidak terdaftar diatas) artinya saya tidak memenuhi syarat untuk mengaktifkan ovo paylater.

Kenapa Menu OVO PayLater Hilang?

Beberapa waktu lalu pengguna sempat bingung karena menu ovo paylater hilang dari aplikasi tokopedia mereka. Hal ini sudah saya jelaskan diatas bahwa disebabkan oleh pandemi virus yang mengakibatkan tingkat ekonomi negara menjadi turun. Namun jangan khawatir karena sekarang sudah muncul menu tersebut lagi.

Tips Menggunakan OVO PayLater yang Bijak

Jangan sampai terlena dengan layanan semacam ini dan akhirnya menjadi konsumtif serta kebiasaan. Layanan ini memang mudah digunakan karena tidak memerlukan persyaratan yang ribet dan juga bisa mengajukan langsung dari handphone.

Namun ingat bahwa hutang tetaplah hutang, apalagi kita menggunakan perantara ovo paylater yang mana merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang fintech, tentu saja mereka tidak ingin rugi. Setiap transaksi yang menggunakan layanan ini akan dikenakan biaya seperti pembebanan bunga. Semakin besar pinjaman yang Anda gunakan, maka semakin besar pula bunga yang harus dibayar.

Bagaimanapun penggunaa OVO PayLater ini menjadi opsi terakhir. Jika memang Anda sangat butuh, sebaiknya cari pinjaman dari teman yang tidak memiliki bunga. Karena jika sudah berurusan dengan uang yang berbunga, rasanya untuk melunasinya sangat berat dan susah. Kita cenderung selalu tidak sempat dan ada saja kebutuhan walaupun ada uang untuk dibayarkan.

Baca juga: Cara Memindahkan OVO Point ke OVO Cash

Itulah cara menggunakan ovo paylater untuk berbelanja di Tokopedia. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan gambaran seperti apa saat Anda menggunakan layanan ini nantinya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!