Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia

Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia

Ketika Anda memesan sebuah barang di e-commerce, maka Anda bisa melihat status pengiriman barang tersebut. Setelah barang sampai di tangan Anda, maka pesanan tersebut akan masuk ke dalam menu riwayat. Pemesanan barang di Tokopedia juga menggunakan konsep yang serupa.

Apabila Anda memiliki keluhan dan ingin menghapus riwayat order atau pesanan Anda agar tidak terlihat bahwa Anda pernah memesan barang tersebut, maka ada cara tersendiri yang harus Anda ikuti.

Berikut ini adalah penjelasan tentang cara menghapus riwayat pesanan di Tokopedia. Check this out.

Apakah Bisa Menghapus Riwayat Pesanan di Tokopedia?

Sayangnya, Anda tidak bisa menghapus riwayat pesanan di Tokopedia dengan mudah. Aplikasi Tokopedia sendiri tidak menyediakan fitur hapus langsung history pesanan.

Apabila Anda masih ingin menghapus riwayat pesanan di Tokopedia, maka satu-satunya cara melakukannya adalah dengan menghapus akun Tokopedia Anda.

Penghapusan akun ini tentunya permanen, sehingga Anda harus berpikir dengan matang terlebih dahulu apakah Anda memang benar ingin menghapusnya.

Syarat Menghapus Riwayat Pesanan di Tokopedia

Tidak ada syarat khusus apabila Anda ingin mencoba menghapus riwayat pesanan di Tokopedia. Anda hanya perlu memiliki akses ke nomor ponsel yang terdaftar sebab akan ada notifikasi masuk selama proses penghapusan riwayat pesanan.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak memiliki tagihan di fitur pinjaman. Bila Anda memiliki fitur pinjaman dan Anda akan melakukan penghapusan akun, maka Anda akan mengalami trouble dalam penghapusan akun.

Cara Menghapus Riwayat Pesanan Tokopedia

Setelah Anda memahami apa konsekuensi menghapus riwayata pesanan di Tokopedia dan syarat apa saja yang harus Anda penuhi, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menghapus riwayat pesanan Tokopedia:

  1. Buka aplikasi Tokopedia di ponsel Anda terlebih dahulu. Pastikan Anda sudah mengupdate aplikasi menjadi versi terbaru.
  2. Pilih menu akun yang ada di pojok kanan bawah dengan icon orang.
  3. Klik menu Tokopedia Care.
  4. Scroll kebawah hingga Anda menemukan opsi saya ingin tutup akun. Klik opsi tersebut.
  5. Klik opsi tulis kendala.
  6. Tuliskan alasan Anda menutuo akun di bagian ‘ceritakan masalahmu disini’. Anda juga dapat menambahkan lampiran seperti foto ataupun video yang mendukung kendala Anda.
  7. Klik submit setelah semua data yang dibutuhkan telah diisi.

Pihak Tokopedia akan meninjau proses penghapusan akun Anda. Proses ini membutuhkan waktu selama beberapa jam hingga beberapa hari kerja, sehingga Anda harus menunggu.

Anda akan mendapatkan notifikasi apabila penghapusan akun Anda sudah berhasil disetujui. Dengan dihapusnya akun Anda, maka riwayat pesanan Anda juga akan hilang.

Baca juga:

Keuntungan dan Kerugian Hapus Akun Riwayat Pesanan Tokopedia

Anda harus benar-benar yakin sebelum akan menghapus akun Anda demi menghapus riwayat pesanan Anda, sebab hal ini permanen.

Anda tidak bisa mengembalikan akun yang sudah dihapus setelah proses selesai dilakukan. Keuntungan Anda ketika menghapus akun Tokopedia adalah dapat menghilangkan riwayat pesanan seperti yang Anda inginkan.

Tetapi, kekurangan dari menghapus akun adalah Anda tidak akan lagi memiliki akun Tokopedia. Anda juga tidak bisa menggunakan lagi nomor HP dan email tersebut untuk mendaftar kembali di Tokopedia.

Itu dia penjelasan tentang cara menghapus riwayat pesanan di Tokopedia. Anda harus benar-benar yakin sebelum akan mengikuti tutorial menghapus riwayat order yang sudah dijabarkan sebelumnya. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.