Daftar HP Xiaomi yang Bisa Update ke Android 11 MIUI 12

Xiaomi Android 11

Kedatangan Android 11 beta ke publik pada bulan juni lalu membuat Xiaomi juga menerbitkan versi beta AOSP serupa untuk seri MI 10/10 Pro dan Redmi K30 Pro (versi cina dari POCO F2 Pro) pada akhir bulan.

Tidak lama dari itu, OEM Cina juga mulai meluncurkan versi beta namun tertutup berbasis MIUI 12 untuk seri ponsel ini. Namun, struktur Android yang digunakan masih dalam tahap beta.

Dan update terbaru kali ini Android 11 sudah dalam versi stabil, Xiaomi telah menyiapkan MIUI 12 stabil yang dibangun diatas iterasi Android terbaru.

Pada peluncuran pertama secara global perangkat yang menerima pembaruan stabil Android 11 MIUI 12 adalah Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro. Juga diharapkan pada seri lain seperti MI, Redmi, dan POCO mendapatkan update Android 11.

Dan di artikel ini kami akan berusaha untuk melakukan update terbaru apabila terdapat perangkat Xiaomi yang juga mendapatkan update Android 11. Dan di artikel ini juga kami akan mengupdate link downloadnya termasuk yang menggunakan Android One dan bukan MIUI.

Perlu diketahui bahwa skema pembuatan versi MIUI tidak memiliki korespondensi satu per satu dengan versi Android saat ini. Sementara Xiaomi diharapkan untuk meluncurkan versi baru dari MIUI.

Sementara MIUI 13 dengan fitur-fitur baru dalam waktu dekat, perusahaan akan terus memproduksi versi Android 11 berbasis MIUI 12 untuk perangkat yang kompatibel selama fase transisi ini.

Perangkat yang kompatibel bisa melakukan update Android 11 melalui saluran beta MIUI (sekarang telah didasarkan pada basis kode Android 11 stabil), dan melalui pembuatan saluran stabil.

Baca juga:

Fitur pada perangkat Xiaomi sering kali lebih ditentukan oleh versi MIUI mereka dan lebih sedikit oleh versi Android. Jadi, Anda dapat melihat pelacak kami yang lain untuk MIUI 12 build.

Daftar Update HP Xiaomi Android 11

Artikel ini akan memberikan informasi tentang perangkat Xiaomi (Mi), Redmi, dan POCO yang telah menerima pembaruan Android 11 baik yang versi stabil dan beta untuk semua wilayah. Memungkinkan pengguna untuk melakukan update secara manual, tetapi hanya dilakukan jika Anda sudah memahami prosesnya.

Berikut adalah daftar hp Xiaomi yang mendapatkan update Android 11:

  • Xiaomi Mi 10 Pro (cmi) – Ditambahkan pada 09/09/2020
  • Redmi K30 Pro / POCO F2 Pro (lmi) – Ditambahkan pada 09/09/2020
  • Xiaomi Mi 10 (umi) – Ditambahkan pada 09/09/2020

Tutorial flashing tersedia pada bagian bawah artikel ini. Namun, kami menyarankan pengguna untuk melihat ke forum perangkat guna memahami terlebih dahulu instruksi flashing khusus untuk perangkat yang digunakan.

Jika ada variasi atau instruksi khusus yang perlu diikuti. Khususnya, yang ingin melakukan Downgrade ROM.

Pertama pastikan Anda periksa terlebih dahulu status Anti-Rollback Protection hp Anda dan kemudian flash firmware Fastboot berbasis Android 10 stabil.

Link Download Android 11 MIUI 12 Stabil

Anda dapat menemukan link download miui 12 berbasis beta stabil dan rilis stabil dibawah ini. Build ini pertama kali diurutkan dengan nama kode perangkat, lalu menurut wilayah dan rilisnya. ROM pemulihan dan ROM Fastboot keduanya juga ikut disertakan.

1. Xiaomi Mi 10 Pro (cmi)

  • MIUI 12 Stable Beta (China)
  • V12.1.2.0.RJACNXM
  • 9 September 2020

Link Download

2. Redmi K30 Pro / POCO F2 Pro (lmi)

  • MIUI 12 Stable Beta (China)
  • V12.1.2.0.RJKCNXM
  • 9 September 2020

Link Download

3. Xiaomi Mi 10 (umi)

  • MIUI 12 Stable Beta (China)
  • V12.1.3.0.RJBCNXM
  • 9 September 2020

Link Download

Cara Flashing Xiaomi Android 11 MIUI 12

Perhatikan bahwa ini adalah tutorial flashing yang umumnya berlaku untuk semua tipe hp Xiaomi, Redmi, dan POCO. Namun, ada kemungkinan bahwa terdapat variasi yang unik untuk perangkat Anda, jadi menyarankan Anda untuk mengunjungi forum khusus perangkat yang Anda gunakan.

Instalasi ROM Recovery untuk Android 11 – MIUI 12

ROM Recovery dilengkapi dengan ekstensi file .zip dan dapat di instal baik melalui Pembaruan Lokal dari dalam MIUI, atau melalui pemulihan stock ROM. Anda juga dapat menggunakan pemulihan kustom seperti TWRP untuk menginstal ROM ini.

Metode Local Update:

  1. Pindah file .zip unduhan ke ponsel Anda, dan pastikan Anda menempatkan file di folder “downloaded_rom” pada penyimpanan internal perangkat. Jika tidak ada folder tersebut, buatlah sendiri.
  2. Masuk ke Pengaturan > Tentang Telepon > Pembaruan Sistem, lalu tekan ikon tiga titik di sudut kanan atas, dan pilih “Pilih Paket Pembaruan”.
  3. Jika opsi “Pilih Paket Pembaruan” hilang, ketuk logo MIUI 10 kali untuk mengaktifkan opsi ini.
  4. Pilih file .zip yang diunduh.
  5. Tunggu hingga pembaruan diinstal.

Metode Recovery:

  1. Ganti nama file .zip yang diunduh menjadi update.zip dan pindahkan ke direktori dasar penyimpanan internal ponsel Anda (jangan didalam folder).
  2. Reboot ponsel Anda ke Recovery Mode dengan cara mematikannya kemudian tekan tombol Power dan Volume Up secara bersama-sama.
  3. Gulir ke opsi “Instal update.zip” menggunakan tombol volume, dan pilih opsi menggunakan tombol power.
  4. Tunggu hingga pembaruan diinstal.
  5. Pilih opsi “Reboot” jika ponsel Anda tidak reboot dengan sendirinya setelah instalasi selesai.

Instalasi ROM Fastboot untuk Android 11 – MIUI 12

ROM Fastboot dilengkapi dengan ekstensi file .tgz dan membutuhkan komputer Windows untuk instalasi, dan kondisi telepon dengan bootloader yang tidak terkunci.

  1. Unduh MiFlash Tool di komputer Windows Anda. Versi terbaru bisa Anda unduh melalui link ini. Setelah diunduh, ekstrak alat dan instal. Hal ini juga dianjurkan untuk memiliki ADB dan Fastboot diinstal, hanya dalam kasus Anda membutuhkannya.
  2. Reboot ponsel Anda ke mode Download dengan cara tekan tombol Power dan Volume Down bersama-sama dalam ponsel keadaan mati.
  3. Sambungkan telepon ke komputer menggunakan kabel USB.
  4. Download fastboot ROM .tgz file dan ekstrak. Ingat lokasi ekstrak, karena Anda perlu menempelkan alamat ke MiFlash Tool.
  5. Jalankan MiFlash Tool pada Komputer Windows Anda dan di bilah alamat dalam alat, tempelkan lokasi ekstrak dari Langkah 4.
  6. Klik “Refresh” dalam MiFlash dan aplikasi harus secara otomatis mengenali perangkat Anda.
  7. Klik “Run” dalam MiFlash untuk flash file ROM ke perangkat.
  8. Bilah kemajuan dalam MiFlash akan berubah menjadi hijau, yang menunjukkan bahwa ROM berhasil diinstal. Perangkat Anda harus boot secara otomatis ke versi baru.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!