5 Fungsi Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Contohnya

Pada artikel kali ini kita akan mengulas beberapa fungsi seni rupa 2 dimensi beserta contohnya. Ini merupakan bagian dari unsur seni rupa dimana telah kita pelajari pada artikel sebelumnya.

Umumnya, seni rupa 2 dimensi disebut sebagai seni rupa yang hanya dapat dilihat dari 2 sisi saja. Yaitu panjang dan lebar, seni rupa 2 dimensi hanya bisa dilihat dari satu arah saja. Dengan kata lain seni rupa 2 dimensi tak memiliki ruang, volume, atau ketebalan.

Bila dilihat dari pengertiannya ini, seharusnya Anda bisa menebak seperti apa rupa karya seni rupa 2 dimensi ini serta fungsi seni rupa 2 dimensi. Yang pasti, seni rupa 2 dimensi tak bisa dipakai dan digunakan, karena ia hanya bisa dilihat.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

  • Lukisan
  • Foto
  • Gambar
  • Kartun
  • Sketsa
  • Fotografi
  • Cetak timbul
  • Grafiti
  • Mural
  • Karikatur
  • Siluet

Dan masih banyak lagi. Dari semua contoh itu, mereka hanya bisa dilihat dari satu arah. Hanya memiliki panjang dan lebar saja.

Adapun menurut fungsinya, seni rupa 2 dimensi dapat bermanfaat untuk beberapa hal berikut.

Fungsi Seni Rupa 2 Dimensi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Fungsi seni rupa 2 dimensi lebih menonjolkan fungsi keindahan atau fungsi estetika. Tak seperti seni rupa 3 dimensi yang mengutamakan seni pakai.

Berikut ini adalah beberapa fungsi seni rupa 2 dimensi yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Sebagai Sarana Hiburan

Karya seni bisa memenuhi kebutuhan emosional seseorang. Orang yang melihat karya seni yang indah, bisa merasakan kesenangan, ataupun ekspresi-ekspresi lainnya. Karya seni rupa 2 dimensi bisa berperan sebagai hiburan untuk orang-orang yang melihatnya. Semakin indah karya seni, maka semakin terhibur orang-orang yang melihat. Mengingat sifat manusia sendiri yang memang menyukai melihat hal-hal yang indah.

  1. Sebagai Sarana Edukasi

Ada banyak lukisan yang mampu menyampaikan sebuah pengajaran kepada orang-orang yang melihat. Contohnya seperti lukisan orang yang merokok dengan bayang-bayang tengkorak/kematian di belakangnya. Itu berarti kita dilarang merokok karena berbahaya.

Atau gambar orang yang memberikan sebagian hartanya kepada pengemis, sisi edukasinya adalah sebagai manusia kita harus berbagai dengan orang yang hidupnya tak seberuntung kita dan saling menolong antar sesama manusia.

  1. Sebagai Sarana Komunikasi

Kata siapa kita cuma bisa berkomunikasi dengan ‘bicara’. Ada cara komunikasi lain, salah satunya dengan gambaran visual. Dengan memanfaatkan fungsi seni rupa 2 dimensi, Anda mampu menyampaikan pesan-pesan tersirat pada orang lain.

Komunikasi ini bisa diungkapkan sebagai bentuk perasaan dari pencipta karya. Contohnya seperti lukisan yang mengandung kesedihan, pencipta karya ingin memberitahukan bahwa dia sedang sedih saat itu.

  1. Sebagai Sarana Peribadatan

Karya seni juga bisa berhubungan dengan hal-hal religius. Contohnya adalah kaligrafi dari penggalan ayat-ayat Al Quran yang banyak kita pajang di dinding Masjid, Rumah dan tempat lainnya.

Atau kaligrafi Allah dan Muhammad atau hal-hal lainnya yang bisa meningkatkan keimanan seseorang. Seni ini hanya bisa dilihat, dinikmati, tapi juga bisa membuat kita ingat kepada sang pencipta.

  1. Memiliki Nilai Jual Tinggi

Karya seni bisa bernilai lebih dan lebih mahal jika dilukis oleh orang terkenal. Dengan membuat karya seni rupa 2 dimensi, Anda tak hanya memperoleh fungsi estetika saja, tapi ada juga fungsi komersial, dimana Anda bisa memperoleh pendapatan tinggi dari kegiatan menciptakan karya seni tersebut.
Pelukis, fotografer, animator, semuanya bisa memperoleh pendapatan.

Dengan mengetahui fungsi seni rupa 2 dimensi, kita bisa tahu bahwa yang cuma bisa dilihat pun juga dapat sangat berharga. Harganya pun bisa sangat mahal. Apalagi yang bisa dipakai dan dinikmati keindahannya? Tentu saja manfaatnya lebih banyak.

Tinggalkan komentar