10 Jawaban yang Tepat Saat Interview Bagi Pemula

Saat pertama kali akan diwawancara kerja pastinya kita akan merasa gugup, berikut pertanyaan dan jawaban yang tepat saat interview bagi pemula.

Interview kerja merupakan salah satu bentuk pengenalan diri dari seorang pelamar kerja, selain itu hal ini dilakukan agar pihak perusahaan tau sejauh mana Anda mengenal bidang yang akan dimasuki dan seberapa serius Anda akan berkarir didalamnya.

Banyak pelamar kerja pemula merasa gugup dan takut pada tahap awal ini, terutama bagi lulusan SMA dan sederajat, dengan pengetahuan yang minim mungkin sebagian dari kalian akan merasa takut tidak diterima.

Setiap orang pasti memiliki gaya menjawab sendiri-sendiri. Anda tak perlu terpaku dengan jawaban-jawaban berikut, sebagai gantinya Anda bisa mengambil contoh dan mempelajari kira-kira bagaimana memberikan jawaban yang tepat saat interview bagi pemula. Jika dirasa jawaban-jawaban berikut kurang tepat, berarti kita berbeda pemikiran.

Baca juga: Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Harap dimaklumi, setiap orang selalu memiliki pendapat masing-masing. Dan berikut adalah pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan ketika interview kerja bagi pemula:

Coba Deskripsikan Diri Anda dengan Singkat

pertanyaan wawancara psikologi dan jawabannya

Jelaskan secara singkat tentang diri Anda, ini adalah sesi pengenalan diri dan sebutkan juga pendidikan terakhir yang Anda miliki.

Jawaban:

“Nama Saya Lala berasal dari Banten. Saya adalah lulusan sarjana Ekonomi yang lulus tahun 2015 lalu, akan tetapi Saya memilih untuk menekuni dunia tulis menulis yang sangat Saya sukai ini.

Pada awalnya, Saya menulis untuk klien yang Saya dapat dari beberapa marketplace yang meyediakan lowongan pekerjaan sampingan. Sembari melayani para klien, Saya juga sudah pernah memiliki novel dan ebook yang bisa Anda unduh di PlayStore.

Setelah mendapatkan pengalaman yang cukup ini, Saya ingin bergabung dengan perusahaan Anda sehingga Saya bisa semakin mengekplorasi keterampilan menulis dan menghasilkan konten-konten yang lebih baik untuk kedepannya.”

Apa yang Diketahui Tentang Perusahaan Ini?

Ini adalah pertanyaan yang cukup penting mengingat seorang pelamar kerja wajib mengetahui tempat atau perusahaan yang akan dia tuju. Sehingga pertanyaan ini kemungkinan besar akan muncul untuk mengetahui seberapa paham calon karyawan terhadap visi dan misi perusahaan.

Jawaban:

“Meskipun tidak sepenuhnya saya tau tentang perusahaan ini, namun sebagian besar yang saya tau adalah perusahaan ini bergerak dibidang teknologi dan sudah 10 tahun lamanya. Memiliki keunggulan dan juga segudang prestasi beberap tahun terakhir”.

Kenapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?

Pihak perusahaan sudah mulai serius ingin tau apakah Anda serius atau tidak untuk bekerja di perusahaan mereka.

Jawaban:

“Saya ingin menjadi orang yang lebih produktif lagi setelah sekian lama hanya menjadi seorang freelancer.”

“Saya melihat ada kekurangan di perusahaan Bapak/Ibu ini, dan Saya merasa tertantang dan tertarik untuk menjadi bagian dari perusahaan profesional Bapak/Ibu.”

“Saya ingin ikut berkontribusi untuk kemajuan perusahaan Bapak/Ibu. Saya menyukai budaya kerja perusahaan ini, dan sekalian ikut menyongsong masa depan Saya menjadi lebih cerah lagi.”

Baca juga: Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Sebutkan semua kelebihan yang Anda miliki, tapi jangan mengada-ngada. Untuk kekurangan silahkan sebutkan satu saja.

Jawaban:

“Saya memiliki sifat jujur, amanah, dapat dipercaya dan mampu bekerja di dalam tim. Kekurangan Saya adalah telat bangun pagi, akan tetapi Saya akan berusaha untuk tidak telat bangun pagi mulai dari sekarang.”

Apa Anda Mampu Bekerja Sama dengan Anggota yang Lain?

jawaban yang tepat saat interview bagi pemula lulusan sma

Perusahaan adalah tempat dimana ada banyak karyawan yang bekerja disana, tentu kita tidak akan bekerja sendirian melainkan dalam bentuk tim. Jadi pastikan Anda sudah belajar tentang kerjasama tim yang baik.

Jawaban:

“Siap bisa! Saya sudah terbiasa bekerja dengan orang lain, jadi bukan masalah besar bekerja sama dalam tim karena kehidupan Saya sudah sangat dipenuhi oleh kegiatan sosial antar sesama manusia.”

Mampukah Anda Bekerja di Bawah Tekanan?

Kebanyakan dari perusahaan memang menerapkan sistem kerja keras untuk mencapai target yang sudah mereka tentukan. Jadi mereka akan memilih karyawan yang benar-benar ingin memajukan perusahaan.

Jawab:

“Iya, mampu. Karena pekerjaan yang Saya emban sudah menjadi tanggung jawab Saya. Selagi pekerjaan itu tidak di luar dari kewajiban Saya, maka Saya mampu melakukannya.”

Bagaimana Sikap Anda Jika Menerima Kritikan?

Namanya juga manusia tentu akan menerima beberapa kritikan dari atasan atas pekerjaan yang mereka lakukan. Dari itulah kita harus terus memperbaiki diri agar lebih berkembang.

Jawab:

“Setiap kritikan memiliki tujuan yang membangun. Dengan senang hati Saya akan mendengar dan memperbaiki supaya Saya bisa maju dan tidak jalan di tempat dengan kesalahan-kesalahan yang pernah Saya buat.”

Bagaimana Sikap yang Anda Tunjukkan Jika Menghadapi Permasalahan Besar?

Pihak perusahaan tentu ingin tau bagaimana saat mereka mengalami permasalahan yang besar tentang apa yang akan Anda lakukan terhadap permasalahan tersebut.

Jawab:

“Pertama-tama Saya akan mencari akar permasalahannya, kemudian mencoba memperbaikinya. Entah bagaimana caranya, Saya tidak bisa menjelaskan secara rinci karena Saya tidak tahu jelas apa permasalahannya. Yang pasti, Saya tidak akan lepas dan pura-pura tidak melihat kesalahan tersebut. Saya berjanji akan tanggung jawab.”

Apa Rencana Anda untuk 5 Tahun ke Depan di Perusahaan Ini?

Mereka ingin tau sejauh mana Anda memikirkan masa depan perusahaan sekaligus jenjang karir Anda didalam perusahaan. Jawab dengan pintar dan usahakan untuk menjadikan kemajuan perusahaan sebagai yang utama.

Jawab:

“Saya ingin terus berkembang dan berkembang. Mencetak berbagai prestasi, memajukan perusahaan tempat Saya bekerja dan Saya ingin memegang jabatan tinggi dari posisi awal sekarang jika Anda bersedia menerima Saya bekerja di sini.”

Untuk Ukuran Pemula, Berapa Gaji yang Anda Inginkan?

Ditahap ini mereka ingin tau berapa bayaran atau gaji yang di inginkan. Untuk hal ini silahkan jawab sesuai dengan posisi yang akan Anda tempati.

Jawab:

“Saya berharap digaji dengan sesuai standart gaji dengan posisi Saya. Untuk nominal gaji, Saya ingin Rp 5 juta per bulan.”

Baca juga: Sudah Interview Tapi Belum Dipanggil Kerja?

Jawaban yang tepat saat interview bagi pemula ini bisa Anda sempurnakan lagi agar semakin bisa diterima oleh HRD. Silahkan manfaakan contoh jawaban diatas dan sesuaikan dengan perusahaan yang Anda lamar, Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar