Kenapa Kartu XL Tidak Bisa Digunakan Padahal Sudah Registrasi?

Kenapa Kartu XL Tidak Bisa Digunakan Padahal Sudah Registrasi

Melakukan registrasi nomor adalah salah satu hal yang wajib dilakukan ketika Anda menggunakan nomor salah satu provider di Indonesia.

XL merupakan sebuah perusahaan provider yang juga mewajibkan penggunanya melakukan registrasi nomor. Registrasi nomor dapat dilakukan mandiri oleh pengguna, tetapi tidak jarang para pengguna mengalami kegagalan registrasi.

Apa penyebab kegagalan registrasi nomor XL dan bagaimana cara mengatasinya? Check this out.

Cara Registrasi Untuk Nomor XL Baru

Bila Anda memiliki nomor XL yang baru dan ingin melakukan registrasinya, caranya sangatlah mudah.

  1. Pertama, Anda perlu membuka aplikasi perpesanan di ponsel Anda.
  2. Setelah itu, buat pesan teks dengan format DAFTAR#NIK#NOMOR KK.
  3. Bila pesan sudah diketikkan, kirimkan SMS tersebut ke nomor 4444.
  4. Setelah pesan dikirimkan, Anda hanya perlu menunggu hingga pihak provider mengirimkan pemberitahuan tentang proses registrasi kartu prabayar.

Cara Registrasi Nomor XL Lama

Tidak hanya nomor baru saja, nomor XL yang sudah lama digunakan terkadang juga membutuhkan registrasi nomor.

Caranya hampir mirip dengan registrasi nomor baru, hanya saja bagian formatnya berbeda. Anda bisa menggunakan format ULANG#NIK#NOMOR KK.

Kirimkan juga pesan tersebut ke nomor 4444. Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa Anda sudah berhasil melakukan registrasi ulang untuk pelanggan lama.

Penyebab Kartu Gagal Registrasi

Apabila Anda sudah melakukan registrasi dengan cara yang disebutkan diatas tetapi Anda mendapatkan notifikasi bahwa registrasi kartu gagal, maka ada 3 penyebab yang diduga menyebabkan hal tersebut.

Penyebab pertama yang mungkin terjadi adalah kartu XL sudah hangus atau mati, kedua adalah kesalahan input NIK atau KK dan terakhir adalah format pesan tidak tepat.

Baca juga:

4 Cara Mengatasi Kartu XL Gagal Registrasi

Bila hal ini terjadi kepada Anda, Anda tidak perlu khawatir sebab Anda hanya perlu mengatasinya sesuai dengan penyebab gagalnya registrasi kartu.

Berikut ini adalah 4 cara mengatasi kartu XL yang gagal registrasi:

Membeli Kartu Baru

Salah satu penyebab registrasi kartu XL gagal dilakukan adalah karena kartu sudah mati atau hangus. Bila ini adalah penyebabnya, maka Anda harus membeli kartu baru dengan masa berlaku yang tidak mati. Biasanya, penyebab kartu mati atau hangus adalah karena sudah lama tidak diisi ulang atau tidak digunakan.

Meneliti Format Pesan

Nomor yang digunakan sebagai tempat mengirim pesan adalah sebuah server sehingga server provider tidak bisa memproses registrasi kartu Anda bila menggunakan format yang salah.

Jika Anda tidak kunjung mendapatkan balasan dari provider, maka Anda bisa meneliti kembali format yang Anda gunakan lalu kirimkan kembali pesannya ke nomor 4444.

Meneliti Nomor Identitas

Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga memang memiliki digit yang cukup banyak sehingga rawan salah ketik.

Untuk menghindari kesalahan ini, Anda bisa mengetik satu per satu lalu salin dan tempel di format bila sudah diketikkan.

Tanda bila Anda melakukan kesalahan dalam penulisan identitas adalah Anda tidak akan mendapatkan balasan registrasi sukses dari provider.

Berkunjung ke XL Center

Apabila semua cara yang diberikan sudah Anda coba tetapi Anda tidak kunjung menemukan hasil atau registrasi tetap gagal, maka Anda disarankan untuk berkunjung ke XL center terdekat di kota Anda.

Melalui customer service XL, Anda bisa meregistrasikan nomor secara langsung dan mengaktifkan kembali nomor yang sudah hangus atau mati sesuai dengan ketentuan berlaku.

Itu dia 4 cara mengatasi registrasi nomor XL yang gagal, baik untuk nomor baru ataupun nomor lama. Semoga berhasil.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.