7 Situs Berbagi File Gratis Selain KumpulBagi

Situs Berbagi File Gratis Selain KumpulBagi

Sebagai situs berbagi file gratis, Kumpulbagi.com (kbagi) menjadi salah satu yang sering digunakan. Sayangnya, sejak tahun 2017 silam situs tersebut diblokir oleh Menkominfo karena adanya pelanggaran. Meski begitu, masih ada banyak situs berbagi file gratis selain Kumpulbagi.

Berbagai file secara daring saat ini menjadi pilihan utama yang bisa dilakukan. Selain karena kecepatan internet yang sudah semakin berkembang, cara ini juga terbilang efektif dibanding menggunakan hardisk. Untuk itu, simak pembahasan tentang situs berbagi file gratis berikut ini:

Daftar Situs Berbagi File Gratis Selain Kumpulbagi

1. Dropbox

Dropbox

Situs berbagi file gratis yang pertama adalah Dropbox. Situs ini merupakan salah satu situs berbagi file yang sudah sangat terkenal di kalangan pengguna internet. Selain karena gratis, situs ini juga telah mendukung banyak platform, seperti Android, Windows, Linux, Mac OS, dll.

Berbagi file menggunakan Dropbox tidak saja mudah, tetapi juga aman karena telah menerapkan verifikasi 2 langkah dan menggunakan sistem kontrol admin yang sangat kuat. Dengan begitu, proses pemindahan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya akan berjalan dengan lancar dan aman.

Selain beberapa keunggulan di atas, Dropbox juga telah mendukung 15 bahasa yang ada di dunia, sehingga akan banyak negara yang bisa mengoperasikan situs ini dengan mudah. Agar bisa selalu terhubung dengan perangkat lain, Dropbox bisa Anda install di perangkat yang Anda gunakan.

2. Google Drive

Google Drive

Sebagai sebuah perusahaan teknologi terbesar saat ini, Google juga memiliki layanan berbagi file yang cukup sering digunakan. Layanan tersebut tidak lain adalah Google Drive yang sudah dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan hingga 15 GB secara cuma-cuma atau gratis.

Jika Anda ingin menambah kapasitas menjadi 1 TB, Anda bisa berlangganan paket eksklusif dengan membayar senilai seratus ribuan per bulan. Bagi Anda yang memiliki kebutuhan transfer file-file besar ke berbagai perangkat tentu akan sangat terbantu dengan paket tersebut.

Sama dengan Dropbox, Google Drive bisa diakses di berbagai platform dalam bentuk aplikasi. Dengan demikian, kapanpun Anda terhubung dengan internet, file yang berada di perangkat lain atau berada cloud storage bisa Anda akses dengan mengatur sinkronisasi atau mendownloadnya.

Baca juga: Cara Embed Video dari Google Drive

3. Mediafire

Mediafire

Situs berbagi file berikutnya yang sering digunakan oleh banyak blogger atau pengguna internet adalah Mediafire. Selain gratis, situs ini juga sangat mudah digunakan. Jika ingin menggunakan fitur-fitur tambahan, Anda bisa mengupgrade akun Anda ke akun profesional.

Proses login ke akun Mediafire juga cukup mudah, Anda bisa mendaftar secara mandiri atau menghubungkannya dengan akun Facebook dan Twitter. Anda bisa memanfaatkan situs berbagi file ini untuk upload dan download software, foto, video, atau jenis-jenis file lainnya.

Meski sudah ada sejak tahun 2006 silam, situs ini masih menjadi pilihan favorit hingga sekarang. Berbagai kemudahan akses dan fitur yang ditawarkan oleh situs ini membuatnya bisa bersaing dengan situs hosting file lainnya.

4. Rapidshare

Rapidshare

Selain Mediafire, salah satu situs file sharing yang juga sudah lama dibuat adalah Rapidshare. Pertama kali dikenalkan pada tahun 2002 dan menjadi situs berbagi file paling banyak digunakan tujuh tahun setelahnya, yaitu di tahun 2009.

Rapidshare sering digunakan untuk keperluan file sharing, seperti aplikasi, video, audio, dokumen, serta beberapa jenis file lainnya. Sampai saat ini, jumlah pengunjung Rapidshare setiap bulannya diperkirakan mencapai 3,2 juta pengunjung.

Sayangnya, Rapidshare mengalami berbagai tuntutan hukum terkait konten-konten ilegal yang ada di dalamnya. Meskipun pada dasarnya situs ini hanya menjadi penyedia jasa cloud storage, tetap saja mereka harus menerima konsekuensinya dan harus menghilangkan layanan gratisnya di tahun 2014.

5. Zippyshare

Zippyshare

Diluncurkan pada Mei 2006 silam, ZippyShare telah menjadi media berbagi file daring yang sangat populer dan digunakan hingga saat ini. Kecepatan pengiriman data di situs ini juga terhitung cukup tinggi dan Anda bisa menggunakannya secara gratis tentunya.

Untuk bisa menggunakannya, Anda tidak perlu melakukan proses registrasi yang rumit dan lama. Cukup dengan mengupload file yang ingin dibagikan, lalu share link tersebut ke siapapun yang Anda kehendaki. Meski begitu, Anda juga tetap bisa membuat akun dengan mengisi beberapa data saja.

Tampilan dari situs ini juga sangat sederhana dan mudah digunakan. Menariknya, ZippyShare tidak memberikan batasan kapasitas file yang ingin Anda simpan. Situs ini hanya membatasi kapasitas file dalam sekali upload sebesar 500 MB.

Bingung cara unduh file di Zippyshare? Begini cara download file di Zippyshare dengan mudah tanpa ribet.

6. Sfile.mobi

Sfile.mobi

Selanjutnya ada sfile.mobi yang bisa melakukan proses file sharing tanpa harus registrasi atau login. Jika Anda menggunakan situs ini. Anda hanya perlu mengisi beberapa informasi seperti username dan juga email untuk bisa berbagi file dengan orang lain.

Setelah pengisian informasi tersebut berhasil dilakukan, nantinya dari pihak sfile akan mengirimkan kode ke alamat email Anda sebagai bentuk verifikasi keamanan. Dengan begitu, proses perpindahan file akan berjalan dengan aman dan lancar.

7. Mega.nz

Mega.nz

Situs berbagi file yang terakhir adalah Mega.nz. Situs ini menawarkan kemudahan dalam berbagai file baik file dengan ukuran kecil maupun besar. Anda juga tidak perlu registrasi atau login hanya untuk mengupload atau mendownload file yang dibagikan.

Berbagai kemudahan di atas bisa Anda lakukan secara gratis dan tanpa melakukan pembayaran apapun. Nantinya, file yang ingin Anda bagikan akan memiliki link tersendiri yang bisa diakses oleh orang lain atau perangkat lain melalui jaringan internet.

Sayangnya, link tersebut hanya bisa digunakan dalam waktu 1 bulan saja. Lebih dari itu, link akan kadaluarsa dan orang lain tidak lagi bisa mengakses file yang Anda bagikan tadi.

Ada banyak alternatif situs berbagi file gratis selain KumpulBagi yang bisa digunakan membuat siapapun bisa mengakses file dengan mudah dari berbagai perangkat. Situs-situs di atas bisa Anda manfaatkan jika suatu saat membutuhkannya untuk keperluan tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *