Tokopedia Server Error? Ini 6 Cara Mengatasi Paling Ampuh

Tokopedia Server Error

Apakah Anda pernah mengalami error ketika sedang menggunakan sebuah aplikasi tertentu? Bila pernah, maka Anda pasti merasa bingung dan panik tentang apa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi error ini.

Salah satu aplikasi yang belakangan ini mengalami error adalah Tokopedia. Apa saja cara mengatasi error di aplikasi Tokopedia? Simak penjelasan dan cara mengatasinya berikut ini

Cara Mengatasi Error Tokopedia

Beberapa pengguna Tokopedia belakangan ini mengeluhkan adanya error yang terjadi ketika mereka akan menggunakan aplikasi.

Banyak penyebab yang mungkin menjadi alasan dibalik error Tokopedia ini, tetapi Anda tidak perlu khawatir sebab Anda bisa mengatasi error aplikasi Tokopedia ini dengan beberapa cara. Ini dia beberapa cara yang dimaksud untuk mengatasi error di Tokopedia.

1. Restart Aplikasi

Error bisa disebabkan karena sistem yang digunakan dalam aplikasi sedang crash sehingga Anda harus melakukan restart aplikasi.

Cara melakukan restart aplikasi sangat mudah, Anda hanya perlu menutup aplikasi Tokopedia dan menunggu beberapa waktu sebelum membukanya kembali.

Anda juga dapat menggunakan opsi force stop untuk merestart aplikasi. Pertama, buka menu pengaturan lalu klik menu aplikasi. Pilih aplikasi Tokopedia dan klik tombol paksa berhenti atau force stop.

2. Restart Ponsel

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi error di Tokopedia adalah dengan merestart ponsel.

Terkadang, melakukan restart aplikasi tidaklah cukup. Crash dalam aplikasi Tokopedia bisa disebabkan karena sistem ponsel yang kurang baik.

Anda bisa merestart ponsel untuk mengembalikan sistem menjadi lebih baik seperti sedia kala.

3. Hapus Cache Aplikasi

Cara ketiga yang bisa Anda yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus cache aplikasi. Cache adalah file sampah yang selalu ada dalam semua aplikasi.

Cache yang menumpuk bisa menghambat kinerja aplikasi dan menimbulkan error ketika aplikasi digunakan.

Cara menghapus cache sangatlah mudah, pertama buka menu pengaturan lalu klik opsi aplikasi. Pilih aplikasi Tokopedia lalu klik tombol hapus cache.

Anda juga dapat menghapus data apabila dibutuhkan, tetapi hal ini tidak disarankan khususnya untuk Anda yang tidak ingin kehilangan data lokal di ponsel.

4. Update Aplikasi

Error bisa disebabkan karena bug aplikasi yang terdapat pada versi lama aplikasi, sehingga Anda dapat mengatasinya dengan melakukan update di aplikasi Tokopedia.

Anda dapat melakukan update dengan mengunjungi Google Play Store maupun App Store lalu klik tombol update.

5. Hubungi Call Center Tokopedia

Penyebab errornya aplikasi Tokopedia tidak selalu berasal dari dalam ponsel, tetapi juga bisa karena sistem Tokopedia yang sedang down.

Apabila Anda ingin mencari tahu apakah error berasal dari server aplikasi atau dari ponsel Anda, maka Anda bisa menghubungi call center Tokopedia.

Call Center akan membantu Anda dengan memberikan beberapa saran. Apabila semua saran yang diberikan sudah Anda lakukan dan tidak ada perubahan, maka Anda bisa menyimpulkan bahwa kesalahan error terjadi karena server Tokopedia sedang down.

Baca juga:

6. Coba Secara Berkala

Kesalahan error yang terjadi di Tokopedia dapat berasal dari server, dan bila hal ini terjadi maka Anda tidak bisa melakukan apapun untuk mengatasinya.

Solusi terbaik apabila Anda berada dalam situasi ini adalah dengan mencoba membuka aplikasi secara berkala.

Anda dapat mencoba setiap satu atau dua jam sekali untuk melihat apakah error yang ditimbulkan karena kendala server sudah berhasil diatasi atau belum.

Itu dia beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi error yang terjadi di Tokopedia. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.