Ukuran Postcard Standar Berbagai Jenis Beserta Contohnya

Standar Ukuran Postcard! Postcard adalah sebuah istilah lain dari kartu pos. Apa itu kartu pos? Kartu pos adalah sebuah kartu yang digunakan sebagai penyampai pesan dari satu orang ke orang yang lain yang diantarkan ke tujuan dengan menggunakan jasa kurir pada layanan pos.

Ukuran Postcard
Ukuran Postcard

Di zaman yang serba modern ini, pengirim surat menggunakan postcard sudah jarang digunakan. Tetapi dengan jarangnya orang menggunakan postcard bukan berarti sudah tidak terpakai.

Masih ada beberapa orang yang tetap menggunakan postcard. Mereka tetap memilih menggunakan postcard karena dianggap masih memiliki nilai estetika dibanding pengiriman pesan secara digital.

Untuk penggunaan postcard, pengirim juga bisa melakukan custom pada postcard yang ingin digunakan, mulai dari ukuran sampai desain gambar. Walaupun ukuran bisa dipesan sesuai keinginan, biasanya nanti akan dikenakan biaya tambahan.

Jadi, lebih baik kamu menggunakan postcard ukuran standar. Berapa ukuran standarnya? Berikut adalah beberapa standar ukuran postcard.

Ukuran Standar Indonesia

Ukuran Standar Indonesia

Ukuran postcard standar yang pertama adalah ukuran standar postcard untuk Indonesia. Indonesia sendiri menetapkan ukuran standar sebesar 4 x 6 inchi. Postcard jenis inilah yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam berkirim pesan melalui kartu pos.

Ukuran Postcard Standar Internasional

Ukuran Postcard Standar Internasional

Standar ukuran postcard yang kedua adalah ukuran standar untuk skala internasional. Biasanya standar ini digunakan untuk berkirim pesan secara internasional dari satu negara ke negara lain. Berapa ukurannya? Ukurannya adalah sebesar A6 atau 5.8 x 4.1 inchi.

Ukuran kartu pos ini bisa digunakan untuk mengirim pesan ke negara lain, seperti Indonesia ke Malaysia, Indonesia ke Rusia, atau ke negara lain, termasuk Amerika dan Britania Raya.

Standar Ukuran Postcard Amerika

Standar Ukuran Postcard Amerika

Sesuai namanya, standar ukuran postcard yang satu ini digunakan di area sekitar Amerika Serikat dan negara-negara bagiannya, seperti Los Angeles, Texas, New York, dan negara bagian lainnya.

Untuk ukuran standar, postcard Amerika memiliki ukuran minimum dan maximum. Untuk ukuran minimum ditetapkan sebesar 5.0 x 3.5 inchi. Sedangkan untuk maksimum sebesar 6.0 x 4.25 inchi.

Karena memiliki nilai minimun dan maksimum, pengirim bisa membuat dan memesan kartu pos sesuai dengan keinginan selama masih berada di dalam standar.

Selama masih di dalam standar ini kamu tidak akan dikenakan biaya tambahan atas penambahan ukuran. Hanya biaya atas desain saja.

Standar Ukuran Postcard Old British

Standar Ukuran Postcard Old British

Standar ukuran postcard yang satu ini adalah standar yang digunakan pada zaman Old British atau Britania Lama. Untuk masalah ukuran, standar Old British ini memiliki 3 ukuran yang berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Pada tahun 1825, standar kartu pos yang digunakan adalah sebesar 5.875 x 4.125 inchi. Pada tahun 1889, standar kartu pos yang digunakan adalah 5.5 x 3.5 inchi. Pada tahun 1984 sampai 1899, ukuran kartu pos standar ditetapkan sebesar 4.75 x 3.5 inchi.

Contoh Berbagai Ukuran Postcard dengan Desain Unik

Ukuran Postcard
Ukuran Postcard
Ukuran Postcard
Ukuran Postcard
Ukuran Postcard

Beberapa ukuran postcard di atas adalah ukuran kartu pos yang ditetapkan untuk skala-skala tertentu. Kamu bisa menggunakan keempat standar di atas sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sebenarnya masih banyak lagi ukuran kartu pos yang biasa digunakan, seperti ukuran small, standar, large, dan extra large.

Itulah uraian singkat mengenai ukuran postcard. Jadi, apakah kamu masih menggunakan kartu pos atau sudah beralih menggunakan pesan digital? Tentunya semua itu kembali pada diri kamu sendiri, ya. Kamu bisa menggunakan cara manapun untuk berkirim pesan.