Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional

Ukuran lapangan futsal – Futsal adalah salah satu cabang olahraga yang hampir mirip dengan sepak bola. Hanya saja futsal ini memiliki beberapa ketentuan dan peraturan yang sedikit berbeda dari sepak bola. Jika biasanya sepak bola beranggotakan 11 orang, maka futsal hanya memerlukan 5 sampai 6 orang dalam satu tim.

Futsal adalah sebutan lain untuk permainan sepak bola dalam skala kecil. Hal ini bisa dilihat dari ukuran lapangan yang digunakan. Ukuran lapangan futsal jauh lebih kecil dan sempit dibandingkan dengan lapangan sepak bola.

Selain itu, futsal ini biasanya dimainkan di dalam ruangan. Untuk sistem permainan masih sama, setiap tim harus memasukan bola ke gawang lawan agar bisa mendapatkan poin.

Pembagian Standar Ukuran Lapangan Futsal

Jika kamu pernah berkunjung ke sebuah tempat pertandingan futsal, kamu akan melihat berbagai ukuran yang berbeda di setiap tempatnya. Ada yang tampak luas, ada pula yang tampak sempit. Ukuran lapangan futsal ini bergantung pada skala yang digunakan, yaitu untuk skala nasional dan internasional.

Ukuran Lapangan Sesuai Standar Nasional

Ukuran Lapangan Sesuai Standar Nasional

Dalam standarisasi ukuran lapangan, ada dua standar, yaitu nasional dan internasional. Ukuran lapangan standar nasional ini digunakan untuk pertandingan-pertandingan futsal di dalam negeri, seperti liga maupun pertandingan persahabatan lain.

Lalu, berapa ukuran lapangan futsal yang sesuai dengan standar nasional di Indonesia? Untuk panjang lapangan futsal sendiri memiliki panjang 25 sampai 42 meter, sedangkan untuk lebarnya sekitar 15 sampai 25 meter.

Ukuran Lapangan Sesuai Standar Internasional

Ukuran Lapangan Sesuai Standar Internasional

Seperti namanya, standar ini adalah standar lapangan futsal untuk sebuah pertandingan internasional, baik laga persahabatan antar negara maupun untuk kejuaran futsal internasional, seperti AFC atau kejuaran futsal lainnya.

Untuk standar ukuran lapangan futsal internasional sedikit lebih luas daripada standar nasional, yaitu memiliki panjang sekitar 38 sampai 42 meter, dan memiliki lebar sekitar 18 sampai 25 meter.

Ukuran Garis Lapangan Futsal

Dalam pengukuran garis lapangan, tentu garis lapangan yang dimiliki oleh lapangan futsal berbeda dengan lapangan sepak bola. Apa saja ketentuan-ketentuan ukuran dalam lapangan futsal? Berikut adalah pembagiannya.

Touch Line dan Goal Line

Touch Line dan Goal Line

Dalam permainan futsal, kita akan mengenal dua macam garis pembatas. Garis pembatas adalah garis untuk membatasi area luar permainan dan area yang digunakan dalam permainan. Sedangkan dua macam garis tersebut adalah touch line dan goal line.

Dalam hal ukuran lapangan futsal, touch line adalah salah satu istilah lain dari garis samping yang ukurannya lebih panjang dari goal line.

Goal line adalah istilah untuk garis gawang di mana ukurannya lebih pendek daripada ukuran touch line. Untuk lebar dari kedua garis pembatas ini adalah sama, yaitu 8cm.

Garis Tengah

Garis Tengah

Dalam satu lapangan futsal, lapangan tersebut akan terbagi menjadi dua ukuran yang sama luasnya. Akan ada dua sisi dari lapangan yang akan menjadi area kawan dan area lawan. Kedua wilayah ini akan dipisahkan dengan satu garis yang dinamakan garis tengah.

Dalam menentukan ukuran lapangan futsal, bagian garis tengah akan diberi penanda, yaitu titik tengah. Titik tengah ini akan berfungsi sebagai tempat kick off ketika permainan bermulai. Titik tengah ini akan dikelilingi oleh satu lingkaran yang memiliki jari-jari sepanjang 3 meter.

Daerah dan Titik Penalti

Penalti adalah sebuah kondisi di mana tim dapat menendang bola mati dari jarak yang dekat dengan gawang sebagai hadiah atas perlakuan pelanggaran pemain lawan di daerah penalti. Dalam penentuan daerah penalti juga memiliki pengukuran tersendiri.

Masih ada kaitannya dengan ukuran lapangan futsal, daerah penalti ini ditandai atau dibatasi dengan dua garis seperempat lingkaran berjari-jari 6 meter yang memiliki titik pusat di setiap tiang gawang.

Satu ujung setiap garis seperempat lingkar akan tersambung di garis gawang. Satu ujung garis lainnya berhadapan dengan tiang gawang. Kedua ujung garis yang ada di depan gawang tersebut akan dihubungkan dengan garis lurus sepanjang 3,16 meter. Angka 3,16 meter ini diperoleh dari jumlah lebar gawang dan ketebalan dua tiang gawang (8cm).

Untuk titik penalti dalam ukuran lapangan futsal terdiri dari dua macam titik penalti, yaitu titik penalti yang berjarak 6 meter dan 10 meter dari titik tengah kedua tiang gawang.

Ukuran Daerah Tendangan Sudut

Dalam pertandingan futsal, kita akan mengenal salah satu jenis bola mati, yaitu tendangan sudut. Tendangan sudut ini diperoleh ketika pemain lawan membuang bola atau mengeluarkan bola melalui garis gawang. Dalam pengukurannya, setiap sudut diberi seperempat lingkaran dengan jari-jari sepanjang 25cm.

Ukuran Daerah Bebas

Untuk ukuran lapangan futsal bagian ini harus terbebas pandangan ke arah lapangan. Pada sisi luar daerah bebas terdapat meja wasit yang berjarak 2 meter dari tepi lapangan. Untuk ukuran standar dari daerah bebas ini adalah 5 meter pada sekeliling daerah garis tengah.

Ukuran Daerah Pergantian Pemain

Daerah ini nantinya akan digunakan sebagai persiapan para pemain cadangan dari kedua tim. Dalam pengukurannya. Daerah ini terletak pada jarak 5 meter setelah daerah bebas. Tandanya adalah dengan garis yang memotong garis samping. Lebar dan panjang garis ini adalah 8 x 80cm (40cm di dalam lapangan dan 40cm di luar).

Ukuran Gawang

Ukuran Gawang

Sedikit beralih dari ukuran lapangan futsal, gawang yang digunakan oleh setiap tim juga memiliki ukuran. Untuk penempatan gawang ini harus ditempatkan tepat di tengah garis gawang. Lebar gawang yang digunakan adalah sepanjang 3 meter dan memiliki tinggi 2 meter.

Jaring gawang yang digunakan untuk permainan futsal adalah jaring yang menggunakan bahan nilon. Untuk penggunaan jaring harus miliki kedalaman 100cm untuk bagian bawah dan kedalaman 80cm untuk bagian atas.

Bagian Permukaan Lapangan Futsal

Dalam ukuran lapangan futsal, dalam pengukuran bukan hanya berarti ketentuan setiap panjangnya lapangan, melainkan setiap bahan yang digunakan agar keamanan pertandingan bisa berjalan lancar. Salah satu hal yang mendukung adalah bahan yang digunakan untuk permukaan lapangan.

Untuk permukaan lapangan, permukaan harus rata, halus, dan tidak licin. Untuk penggunaan bahan yang dianjurkan menggunakan bahan parkit atau kayu, dan tidak dianjurkan untuk menggunakan bahan beton maupun paving stone. Pemilihan bahan ini berguna untuk menjamin atas keselamatan setiap pemain futsal pada saat berjalannya pertandingan.

Ketetapan dan Keputusan Pengukuran Lapangan Futsal

Dalam hal ukuran lapangan futsal, ada beberapa ketetapan dan keputusan dalam pengukuran lapangan pertandingan futsal. Berikut adalah beberapa ketetapan dan keputusan yang berlaku dalam pengukuran lapangan futsal.

Ketetapan 1

Dalam ketetapan 1 ini, jika garis gawang berjarak antara 15 sampai 16 meter, maka radius yang digunakan dalam seperempat lingkaran hanya diukur sepanjang 4 meter saja. Dalam hal ini titik penalti tidak perlu ditempatkan di dalam garis yang dibatasi di daerah penalti, tetapi berada di jarak 6 meter dari tengah gawang.

Ketetapan 2

Dalam ukuran lapangan futsal, ketetapan 2 ini garis dapat digambarkan di luar lapangan dengan 5 meter dari sudut lapangan dan pada sudut kiri dan kanan lapangan dari garis gawang untuk memastikan setiap jarak ini dapat dicermati jika tendangan sudut atau corner dilakukan. Garis ini memiliki lebar 8cm.

Ketetapan 3

Pada ketetapan 3 ini terdapat dua garis tambahan di setiap bagian kanan dan kiri dari kotak penalti sepanjang 5 meter untuk menggambarkan pengamatan pads saat penalti dilakukan pada titik kedua.

Ketetapan 4

Ketetapan ukuran lapangan futsal ini berkaitan dengan penempatan. Dalam penerapannya, tempat duduk pemain cadangan berada di bagian belakang dari garis pembatas lapangan tepat di samping daerah bebas yang berada tepat di depan wasit pencatat waktu atau sering disebut sebagai time keeper.

Jenis-Jenis Lapangan Futsal

Dalam pembuatan dan penerapan arena futsal, terdapat berbagai jenis lapangan futsal yang dilihat dari jenis bahan yang digunakan. Apa saja jenis-jenisnya? Berikut adalah beberapa jenis lapangan futsal beserta penjelasannya.

Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Jenis lapangan ini biasanya hanya untuk pertandingan santai, bukan untuk sebuah kompetisi.

Walaupun begitu, penggunaan rumput sintetis ini sangat digemari oleh para pemain futsal karena teksturnya yang lembut dan empuk sehingga apabila pemain terjatuh, ia tidak akan merasakan sakit. Untuk ukuran lapangan futsal, tidak ada ketentuan khusus.

Walaupun teksturnya lembut dan empuk, rumput sintetis juga memiliki kelemahan. Pertama, daya cengkeram sepatu kurang bagus sehingga memerlukan sepatu khusus untuk bermain di rumput sintetis, yaitu turf yang mempunyai pull pendek. Kedua, jika terjadi gesekan, ada kemungkinan akan menyebabkan luka maupun lecet.

Lapangan Futsal Vinyl

Lapangan Futsal Vinyl

Jenis ini tidak memiliki masalah dengan ukuran lapangan futsal, tetapi jenis ini termasuk salah satu jenis yang paling digemari oleh pemain futsal karena memiliki bahan yang empuk sehingga nyaman untuk melakukan diving maupun aksi penyelamatan lainnya.

Bahan vinyl ini memiliki kelebihan yang sangat baik. Memiliki tingkat kerataan yang baik membuat bola akan mudah dan lancar dalam meluncur.

Tetapi, jika kamu melakukan rush di atas bahan vinyl ini, ada kemungkinan akan menyebabkan luka pada paha atas dan pinggul. Selain itu, penggunaan waktu yang lama akan menyebabkan bagian vinyl terkelupas sehingga permukaan menjadi tidak rata.

Lapangan Futsal Polypropylene (PP)

Lapangan Futsal Vinyl

Untuk ukuran lapangan futsal juga tidak ada masalah. Bahkan bahan yang satu ini juga termasuk salah satu bahan yang disukai oleh para pemain futsal karena bahan ini memiliki sifat kesat dan tidak akan terasa sakit apabila pemain terjatuh. Bukan hanya itu, bahan ini juga dapat dibongkar-pasang sehingga sangat portable.

Lapangan Futsal Taraflex

Lapangan Futsal Taraflex

Jenis lapangan ini merupakan salah satu jenis yang sering dipakai di Indonesia. Terbuat dari bahan polyethylen atau biji plastik yang dipadatkan membuat lapangan menjadi keset dan enak digunakan. Lapangan ini tidak licin dan memiliki tingkat kerataan sangat baik sehingga bola bisa berjalan mulus dan lancar.

Tidak ada masalah dalam ukuran lapangan futsal, namun bahan ini hanya memiliki satu kekurangan. Karena lapisan ini terdiri dari beberapa lapisan, ada kemungkinan ada lapisan yang terkelupas. Lapisan yang terkelupas ini akan membuat tekstur lapangan menjadi tidak rata dan tidak nyaman digunakan.

Lapangan Futsal Karpet Plastik

Lapangan Futsal Karpet Plastik

Jenis lapangan ini merupakan salah satu jenis lapangan yang unik. Lapangan ini terdiri dari beberapa lembaran yang bisa dibongkar-pasang. Jadi, lapangan ini bisa dipindah ke tempat lain dengan sangat mudah. Selain itu, lapangan jenis ini mempunyai daya tahan yang cukup lama dibandingkan bahan lain.

Tidak ada masalah dalam hal ukuran lapangan futsal, namun lapangan jenis ini memiliki permukaan yang tidak terlalu rata karena terdiri dari beberapa lembaran yang bisa saja tidak melekat dengan baik dan erat sehingga sedikit terkelupas.

Lapangan Futsal Jenis Parquet

Lapangan Futsal Jenis Parquet

Parquette atau parket adalah salah satu bahan yang terdiri dari potongan-potongan kayu yang fisusun sedemikian rupa untuk menutupi lantai. Salah satunya adalah untuk dijadikan bahan alas atau permukaan lapangan futsal.

Kelebihan yang dimiliki oleh jenis ini memilili permukaan yang sangat rata. Hal ini menyebabkan bola bisa melaju dengan cepat dan lancar yang bisa digunakan untuk ukuran lapangan futsal yang luas maupun yang sempit.

Selain itu, bahan parket ini memiliki permukaan paling kesat diantara bahan lainnya sehingga tidak akan terasa licin ketika berlari.

Ada beberapa kelemahan dan kerugian dari bahan parket ini. Pertama, jika bahan ini rusak maka akan sangat berbahaya terhadap semua pemain. Karena terbuat dari kayu, bisa saja para pemain terluka ketika ada serat kayu yang mencuat ke atas.

Kedua, bahan ini memiliki tingkat kekerasan tinggi sehingga apabila pemain terjatuh akan menimbulkan sedikit rasa sakit.

Beberapa pembahasan di atas adalah beberapa ketentuan dan pengukuran dalam ukuran lapangan futsal. Untuk ukuran lapangan sendiri sebenarnya bisa di-custom sesuai dengan kebutuhan masing-masing, seperti untuk media pembelajaran maupun untik hal lainnya. Jadi, tentunya sangat fleksibel.

Demikianlah pembahasan mengenai ukuran lapangan futsal. Bagi kamu yang ingin membuka usaha atau bisnis perfutsalan, kamu wajib untuk mengetahui ukuran-ukuran ini agar kamu tidak salah langkah dalam menerapkan lapangan futsal dan bisa sesuai dengan standar yang berlaku. Semoga bermanfaat!