6 Teknik Dasar Permainan Bola Futsal untuk Pemula

Teknik Dasar Permainan Bola Futsal

Ketahui, Inilah 6 Teknik Dasar Permainan Bola Futsal – Permainan futsal merupakan sebuah olahraga yang memiliki cara permainan yang mirip dengan olahraga sepak bola.

Hanya saja untuk hal itu terdapat beberapa perbedaan yang dimiliki oleh permainan futsal, seperti halnya luas lapangan, jumlah pemain dan juga lama waktu permainan.

Teknik Dasar Permainan Bola Futsal

Sama seperti halnya sepak bola, maka futsal ini juga memiliki teknik skill dasar yang harus selalu dimiliki oleh setiap pemainnya.

Karena dengan teknik skill futsal tersebut perlu di asah dan juga dikembangkan supaya mempunyai skill yang bagus pada saat permainan.

Teknik skill inilah yang nantinya akan membuat para pemain futsal itu memperoleh kemenangan.

Futsal merupakan salah satu dari jenis olahraga yang Anda selalu anggap sama seperti halnya permainan sepak bola.

Namun, benarkah kalau teknik futsal sama dengan teknik dasar dari permainan sepak bola?

Ya, memang ada banyak persamaan antara futsal dan juga sepak bola, untuk teknik-tekniknya pun memang tak jauh berbeda antara satu dan yang lainnya.

Kemampuan pengolahan bola merupakan salah satu yang sangat dibutuhkan pada seorang pemain futsal.

Meski sekilas tampak seperti sama, tetap ada cukup banyak perbedaan antara sepak bola dan futsal yang perlu untuk Anda ketahui supaya Anda tak salah dalam bermain futsal.

Strategi untuk permainan pun menjadi tak sama karena dilihat ukuran serta permukaan lapangan antara lapangan futsal dan sepak bola sangat berbeda.

Selain itu memang benar juga bahwa dalam futsal pun para pemain tak akan lepas dari pimpinan serta arahan dari seorang pelatih. Untuk kali ini akan dibahas mengenai 6 teknik dasar permainan bola futsal.

Teknik Dasar Permainan Bola Futsal untuk Pemula

Banyak pemula yang memang telah mempunyai kemampuan tinggi dalam bermain futsal namun skill ataupun kemampuan tersebut harus masih diasah supaya mampu menampilkan performa dalam sebuah pertandingan secara sempurna.

Teknik dasar bermain futsal harus dipahami dan juga dilatih dengan rutin oleh para pemain futsal. Pasalnya dengan kemampuan yang bagus tentu akan sangat menunjang para pemain untuk bisa bertanding dengan baik.

Baca juga: Ukuran Lapangan Futsal

Pada saat melakukan pertandingan futsal para pemain tentu harus bisa untuk mengoper, menendang dan juga menggiring bola dengan baik.

Beberapa teknik kemampuan dasar permainan futsal yang harus untuk Anda latih yaitu 6 teknik kemampuan dasar berikut ini :

1. Teknik Passing atau Mengumpan Bola

Dalam permainan futsal maka para pemain tentu harus bisa bekerja sama dengan timnya supaya tim Anda bisa memenangkan permainan.

Untuk teknik skill yang harus dikuasai oleh para pemain yang pertama yaitu teknik passing ataupun mengumpan bola.

Ketika menyerang teknik passing ini mempunyai peranan yang sangat vital. Pasalnya jika para pemain tidak mempunyai skill ini pastinya akan sangat sulit untuk membangun kerja sama dalam hal penyerangan.

Cara mengumpan bola bisa dengan menggunakan sisi kaki bagian dalam, luar atau juga dengan menggunakan tumit.

2. Teknik Menahan Bola atau Control

Teknik dasar permainan bola futsal selanjutnya Anda juga harus bisa menguasai teknik skill menahan bola atau biasa disebut dengan control.

Menahan bola ini bertujuan untuk bisa menguasai bola supaya bola bisa terkontrol dengan baik.

Teknik ini juga perlu untuk dikuasai oleh setiap pemain futsal supaya bisa menerima setiap umpan yang akan diberikan pada saat melakukan permainan.

Para pemain futsal bisa untuk melatih kekuatan kaki, dada dan paha untuk bisa menguasai teknik yang satu ini. Dengan penguasaan teknik menahan bola, maka Anda bisa meningkatkan skill untuk bermain futsal.

3. Teknik Bola Lambung

Ketika melakukan sebuah permainan futsal maka tidak selalu harus mengumpan bola dengan menggunakan teknik passing. Anda juga bisa dengan menggunakan teknik bola lambung.

Biasanya untuk teknik ini dilakukan dengan mengumpan bola pada jarak yang cukup jauh. Cara untuk melakukan teknik bola lambung ini yaitu dengan menggunakan kaki bagian atas pada bola bagian bawah.

Teknik ini juga bisa Anda gunakan untuk memasukkan bola kegawang lawan ketika telah berhadapan langsung dengan penjaga gawang.

4. Teknik Dribbling (Menggiring Bola)

Untuk 6 teknik dasar permainan bola futsal yang satu ini tidak kalah penting untuk bisa dikuasai oleh para pemain futsal.

Pasalnya untuk bisa menggiring bola tersebut Anda harus bisa untuk menguasai teknik skill futsal yang satu ini.

Dribbling merupakan sebuah teknik permainan futsal yang mana seorang pemain mempunyai kemampuan dalam hal menguasai bola untuk mengecoh lawannya.

Dalam mempertahankan bola supaya tidak direbut oleh pemain lawan bisa dengan cara berlari, berjalan, berputar ataupun dengan berbelok.

Dengan kemampuan teknik ini maka Anda akan bisa meningkatkan skill permainan futsal supaya Anda lebih mahir dan juga cerdas pada saat bertanding.

5. Teknik Shooting atau Menendang/Menembak Bola

Para pemain futsal juga harus mempunyai teknik skill futsal yang satu ini, terutama untuk para pemain yang berada di bagian depan.

Dengan teknik shooting yang baik, maka pemain akan lebih mudah untuk memasukkan bola ke dalam gawang dengan menggunakan tendangan keras.

Untuk melakukan shooting maka Anda bisa untuk menggunakan kaki bagian luar, bagian punggung ataupun bagian ujung kaki supaya mendapatkan tendangan yang keras.

6. Teknik Menyundul Bola Atau Heading

Meskipun teknik yang satu ini sebenarnya tidak terlalu vital, namun sewaktu-waktu Anda bisa juga menggunakan teknik menyundul bola untuk bisa mencetak gol.

Selain itu ketika ada bola yang telah melambung ke atas Anda bisa mengontrol bola dengan menggunakan teknik heading tersebut.

Oleh karena itu teknik skill futsal yang terakhir ini jangan sampai untuk Anda lewatkan. Anda perlu untuk menguasai teknik dasar ini supaya bisa meningkatkan skill dalam bermain futsal.

Baca juga: Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Inilah 6 teknik dasar permainan bola futsalyang diberikan untuk Anda ketahui. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda semua, dan bisa bermain futsal dengan baik dan bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *