10 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola (Ulasan Lengkap)

Perbedaan Futsal dan Sepak Bola – Futsal dan sepak bola merupakan dua jenis permainan bola dengan menggunakan kaki, yang memang terbilang cukup mirip. Belum banyak masyarakat awam yang mengetahui di mana letak perbedaan keduanya.

Popularitas futsal semakin lama semakin meningkat karena lebih memiliki fleksibilitas dari segi waktu. Teknik dari permainan bola futsal hampir sama dengan teknik dasar permainan sepak bola.

Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Jadi bisa dibilang futsal merupakan versi mini dari sepak bola, namun untuk lebih jelasnya terdapat beberapa perbedaan yang cukup banyak diantara keduanya, kami akan jelaskan dibawah ini.

Lalu apa sebenarnya perbedaan dari keduanya? Ketahui jawabannya dalam pembahasan 10 perbedaan futsal dan sepak bola berikut ini.

10 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

1. Aturan Waktu

Durasi pertandingan pada permainan bola futsal adalah 40 menit yang dibagi menjadi 2 sesi, 2×20 menit dengan waktu istirahat selama 10 menit.

Sedangkan sepak bola adalah 2×45 menit atau sepanjang 90 menit, dan ditambah dengan waktu istirahat selama 15 menit.

Pada permainan futsal terdapat 1 kali timeout untuk setiap sesinya, sementara untuk sepak bola tidak diperkenankan adanya timeout.

Untuk tambahan waktu apabila skor yang didapat adalah seri, futsal memberikan kesempatan waktu selama 2×5 menit, sedangkan dalam sepak bola diberikan waktu 2×15 menit.

2. Aturan Lapangan

Jika dibandingkan dengan lapangan sepak bola, lapangan futsal memiliki area yang lebih sempit. Poin kedua dari 10 perbedaan futsal dan sepak bola ini mungkin akan lebih mudah untuk diketahui.

Permainan bola futsal menggunakan lapangan yang berukuran panjang 25-42 meter dan lebar 15-25 meter. Sedangkan lapangan sepak bola berukuran 90-120 meter untuk panjang dan 45-90 meter untuk lebarnya.;

3. Ukuran Bola

Properti yang digunakan oleh kedua permainan bola besar ini sama yaitu bola dan gawang. Permainan bola futsal menggunakan bola dengan keliling 62 hingga 64 cm dan berat 400-440 gram.

Sementara sepak bola menggunakan bola dengan keliling 68 hingga 71 cm dan dengan berat 396-453 gram. Tekanan bola pada sepakbola membutuhkan sekitar 8 hingga 12 psi, sedangkan bola futsal memiliki tekanan 0,4 hingga 0,6 atmosfir.

Sama halnya dengan poin kedua dari perbedaan futsal dan sepak bola, perbedaan ini akan dengan sangat mudah untuk diketahui karena perbedaan secara fisiknya pun sangat terlihat.

4. Aturan Pemain

Seperti yang sudah diketahui, aturan dasar untuk pemain adalah 11 orang untuk formasi pemain sepak bola dan 5 orang untuk pemain futsal.

Untuk permainan futsal tidak ada batasan untuk pergantian pemain, sedangkan dalam permainan sepak bola hanya diperbolehkan maksimal 3 kali pergantian pemain.

Proses pergantian pemain dari keduanya pun berbeda. Dalam sepak bola, pergantian pemain hanya akan terjadi jika wasit mengizinkan pengganti untuk masuk. Sedangkan dalam permainan bola futsal dapat dilakukan dengan bebas.

5. Aturan Pelanggaran

Dari perbedaan futsal dan sepak bola, perbedaan yang ini satu jarang diketahui masyarakat awam.

Perlu diketahui, benturan fisik seperti menyenggol atau sleding tackle yang dianggap sebuah strategi dalam permainan sepak bola ternyata tidak diperbolehkan dalam permainan bola futsal.

Perbedaan aturan pelanggaran lainnya adalah batas melakukan pelanggaran. Dalam permainan bola futsal, maksimal melakukan pelanggaran adalah 5 kali. Sedangkan dalam permainan sepak bola tidak ada batasan untuk hal ini.

6. Aturan Kartu Merah

Dalam permainan sepak bola, pemain yang mendapat kartu merah harus keluar dari arena pertandingan. Hal ini mengharuskan satu tim untuk bermain dengan 10 orang saja.

Lain halnya dengan permainan bola futsal, pemain yang mendapat kartu merah dapat digantikan oleh pemain cadangan.

Pergantian pemain ini dilakukan 2 menit setelah pelanggaran dilakukan atau setelah pemain lawan mencetak gol.

7. Aturan Offside

Salah satu dari perbedaan futsal dan sepak bola adalah perbedaan aturan offside. Perlu diketahui, aturan offside hanya ada pada permainan sepak bola saja. Hal ini memungkinkan permainan bola futsal lebih mudah untuk mencetak gol dan skor akhir cenderung lebih tinggi dari sepak bola.

8. Aturan Bola Out

Dalam sepak bola, bola yang keluar dari lapangan harus dilemparkan oleh salah satu pemain dari tim lawan ke dalam lapangan.

Sedangkan dalam pertandingan futsal, bola harus ditendang terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam lapangan.

Perbedaan ini menyebabkan istilah yang digunakannya berbeda. Dalam permainan sepak bola dikenal dengan istilah lemparan ke dalam atau throw in, sedangkan dalam permainan bola futsal dikenal dengan sebutan tendangan ke dalam atau kick in.

9. Aturan Back Pass

Poin kesembilan dari perbedaan futsal dan sepak bola adalah perbedaan aturan back pass. Menurut aturan standar sepak bola yang berlaku, tidak ada batasan peraturan untuk kiper melakukan back pass.

Berbeda halnya dengan futsal yang memiliki kesempatan satu kali saja untuk kiper melakukan back pass.

Kesempatan waktu untuk melakukan tendangan gawang pun berbeda, sepak bola 6 detik sedangkan futsal 4 detik.

10. Ukuran Gawang

Perbedaan terakhir dari perbedaan futsal dan sepak bola ini dapat Anda buktikan sendiri. Anda akan menemukan perbedaan yang sangat signifikan dari ukuran gawang futsal dan sepak bola.

Ukuran gawang dalam permainan bola futsal lebih kecil jika dibandingkan dengan gawang sepak bola. Mengapa demikian?

Baca juga : Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran lapangan ternyata menentukan ukuran dari gawang bola. Untuk ukuran gawang futsal adalah 3 meter untuk panjang gawang, 1 meter lebar gawang dan 2 meter untuk tinggi gawang. Sedangkan untuk sepak bola, ukuran lebar gawangnya adalah 7,32 meter dan tingginya adalah 2,44 meter.

Yang paling menonjol dari perbedaan futsal dan sepak bola tentu adalah dalam hal ukuran lapangan, futsal memiliki ukuran lapangan yang lebih kecil dibandingkan dengan sepak bola.

Demikianlah pembahasan mengenai 10 perbedaan futsal dan sepak bola. Apakah Anda memahami perbedaan-perbedaan tersebut?

Tinggalkan komentar